Evangelical Lutheran Church in America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Evangelican Lutheran Church of America logo.gif

Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) dalah sebuah denominasi Protestan arus utama yang berpusat di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Gereja ini dibentuk pada 1988 melalui penggabungan tiga gereja dan saat ini mempunyai sekitar 4,9 juta anggota dan merupakan denominasi Lutheran di Amerika Serikat. Dua denominasi Lutheran terbesar berikutnya adalah Lutheran Church - Missouri Synod (Gereja Lutheran - Sinode Missouri), dengan anggota sekitar 2,6 juta orang dan Wisconsin Evangelical Lutheran Synod (Sinode Lutheran Injili Wisconsin), dengan anggota sekitar 410.000 orang. Masih ada banyak lagi gereja-gereja Lutheran yang lebih kecil di Amerika Serikat.

ELCA adalah salah satu denominasi Kristen terbesar di Amerika Serikat. ELCA mempunyai sejumlah gereja di wilayah Karibia (Bahamas, Bermuda, Puerto Riko dan Kepulauan Virgin AS). Sebelum 1986, beberapa gereja yang merupakan bagian dari Evangelical Lutheran Church in Canada menjadi bagian dari gereja-gereja yang kemudian membentuk ELCA. Dengan diterimanya dokumen Called to Common Mission (CCM - Terpanggil dalam Misi Bersama) pada 2000, ELCA merupakan satu-satunya denominasi Lutheran Amerika yang berkomuni penuh dengan Gereja Episkopal, yang merupakan anggota dari Komuni Anglikan.

Saat ini, ELCA adalah salah satu dari gereja-gereja Protestan di Amerika Serikat yang mengizinkan penahbisan perempuan sebagai pendeta. Dibandingkan dengan gereja-gereja Lutheran lain di Amerika Serikat, ELCA dianggap yang paling mirip dengan gereja-gereja Lutheran di Skandinavia dan Jerman.

Kantor pusat Gereja ini terletak di 8765 West Higgins Road, Chicago IL 60631.

Organisasi dan struktur[sunting | sunting sumber]

ELCA dipimpin oleh seorang Uskup kepala, yang dipilih oleh Sidang Raya seluruh gereja untuk masa jabatan selama enam tahun. Sidang Raya ini bertemu pada tahun ganjil dan terdiri dari kaum awam yang terpilih maupun para pendeta yang memiliki hak suara. Di antara masa-masa Sidang Raya, Dewan Gereja ELCA-lah yang mengatur seluruh Gereja. Uskup kepala sekarang adalah Pdt. Mark Hanson yang terpilih pada 2001. Sidang Raya paling mutakhir diadakan pada Agustus 2005 di Orlando, Florida.

Gereja ini tampil dalam tiga cara: 1) Gereja nasional 2) Sinode-sinode lokal 3) Jemaat-jemaat lokal

Gereja ini dibagi ke dalam 65 sinode, satu di antaranya adalah sinode non-geografis (Sinode Sion Slowakia) dan 64 sinode wilayah di Amerika Serikat dan Kepulauan Karibia, masing-masing dipimpin oleh seorang uskup sinodal dan dewan. ELCA menggunakan istilah sinode dalam pengertian yang berbeda dengan Lutheran Church - Missouri Synod atau Wisconsin Evangelical Lutheran Synod, yang merupakan denominasi berbeda.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]