Polifoni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Polifoni (dari bahasa Yunani:πολύς /po΄lis/ banyak dan φωνή /fo΄ni/ suara) adalah salah satu jenis musik yang disusun berdasarkan suara banyak (poli=banyak, foni=suara), dibedakan dengan musik homofoni. Musik Polifoni lahir sejak tahun 1200 dan mencapai puncak kejayaannya pada Masa Borok (1600-1750) dengan tokoh musik Johan Sebastian Bach. Dewasa ini polifoni diistilahkan untuk ringtone HP.

Sejarah lahirnya Musik Polifoni[sunting | sunting sumber]

Notasi Gregorian tahun 590[sunting | sunting sumber]

Notasi musik lahir pada tahun 590 yang disebut Notasi Gregorian, yang ditemukan oleh Paus Gregorius Agung. Sebelumnya musik tidak memiliki peninggalan tertulis. Pada masa hidupnya Paus Gregorius telah menyalin ratusan lagu-lagu Gereja dalam notasi Gregorian tersebut. Notasi ini memakai 4 garis sebagai balok not, tetapi belum ada notasi iramanya (hitungan berdasarkan perasaan penyanyi). Di sini sifat lagu masih sebagai lagu tunggal atau monofoni.

Musik organum 1150-1400[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya orang menyanyi dengan nada yang sama, atau disebut dengan organum, nada atas dinyanyikan oleh wanita atau anak-anak, sedangkan nada rendah dinyanyikan oleh laki-laki. Di sini terjadi susunan lagu berjarak oktaf, suara tinggi (wanita/anak-anak) dan suara rendah (laki-laki).

Musik discant 1400-1600[sunting | sunting sumber]

Ternyata tidak semua dapat mengikuti suara tinggi atau suara rendah.Oleh sebab itu diputuskan untuk membuat suara yang kuart lebih rendah mengikuti melodi, kuart tinggi maunpun kuart rendah, dan musik yang demikian ini disebut musik diafoni (dia=dua, foni=suara).

Basso ostinato Tahun 1600[sunting | sunting sumber]

Orang-orang Italia pada tahun sekitar 1600 menemukan apa yang disebut Basso Ostinato atau Bass yang bergerak dengan pola yang sama, berupa rangkaian nada-nada yang bergerak selangkah demi selangkah ke bawah atau ke atas, kemudian diulang pada rangkaian nada lain secara sama.

Musik polifoni Era Barok 1600-1750[sunting | sunting sumber]

Ternyata suara yang mengikuti sama dengan melodi menjadi membosankan, maka mulailah suara tidak bergerak secara sejajar, tetapi dengan arah yang berlawanan. Komponis Giovani Perluigi da Palestrina (1515-1594) adalah perintis tentang hal ini, dan disusun teori mengenai musik melodi banyak (polifoni), sehingga setiap nada atau titik (punctus=point) bergerak secara mandiri atau berlawanan (counter), di sinilah lahir teori kontrapung. Palestrina menyusun buku yang pertama tentang teori kontrapung ini.

Johann Sebastian Bach (1685-1750) adalah salah satu empu musik polifoni dengan teknik kontrapung yang sangat tinggi, karema disusun seperti matematik. Hampir semua komponis Era Barok (1600-1750) menyusun dengan teknik kontrapung, misalnya George Frederic Handle (1685-1759) dari Inggris, Antonio Vivaldi (1678 - 1741) dari Italia, yang lain George Philipp Telemann, Arcangelo Corelli, Henry Purcell, Domenico Scarlatti, Jean-Philippe Rameau, dsb.

Sebagai contoh lagu rakyat dengan gaya polifoni adalah Bapak Yakub.

Pada awalnya orang menyusun dengan Kontrapung Terikat atau Strict Counterpoint, namun kemudian menadapat kebebasan berdasarkan teori Kontrapung Bebas atau Free Counterpoint.

Musik homofoni era klasik 1750-1825[sunting | sunting sumber]

Selanjutnya pada Era Klasik (1750-1825) ditemukan susunan akord yang berdasarkan tri-suara (triad), selanjutnya berkembang dengan empat suara atau lebih. Musik yang demikian ini disebut Musik Homofoni, sehingga kontrapung menjadi variasi melodi yang kontrapungtis.

Para komponis Era Klasik (1750-1825) adalah Carl Philipp Emmanuel Bach dan Johann Christian Bach (anak-anak JS Bach yang tidak mengikuti sang ayah yang polifoni), Johann Stamitz, Franz Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, Luigi Boccherini, Christoph von Gluck, Franz Schubert, dan Ludwig van Beethoven.

Musik Era Klasik didominasi dengan karya Konserto, Sonata, Symphony, Variasi, Lagu (Lied), dlsb.

Ciri Musik Polifoni[sunting | sunting sumber]

Ciri dari musik polifoni selalu disusun dengan suara banyak yang berdiri sendiri, di mana Lagu Dasar (Canto Fermus) merupakan pusat musik tersebut, sedangkan Kontrapun adalah sebagai suara/melodi yang berlawanan

Lagu Kanon Papa Yakob[sunting | sunting sumber]

Contoh yang baik adalah lagu rakyat Perancis yang lahir di Abad XI (Jack Freses). Di sini suara pertama mengalunkan Tema lebi dahulu: Papa Yakob, Papa Yakob), kemudian meneruskan dengan; Sedang Tidur, Sedang tidur); selanjut dengan kontrapun: dan diakhiri dengan kontrapun: ).

Canto Fermus atau Lagu Dasar (Tema)[sunting | sunting sumber]

Canto = Lagu, Fermus = Dasar, jadi Canto Fermus (CF) adalah lagu dasar yang menjadi pusat.

Tema, Jawab, Kontrapun[sunting | sunting sumber]

Tema adalah lagu dasar, dibedakan dengan Canto Fermus, kemudian dibuatkan Jawaban, selanjutnya disusun Kontrapun.

Musik Polifoni Era Barok (1600-1750)[sunting | sunting sumber]

Kanon[sunting | sunting sumber]

Kanon adalah bentuk sederhana dari musik polifoni, dengan struktur:

 Tema  Jawab   Kontrapun   Kontrapun
       Tema    Jawab       Kontrapun   Kontrapun
               Tema        Jawab       Kontrapun     Kontrapun
                           Tema        Jawab         Kontrapun   Kontrapun

Sebagai contoh adalah Kanon Bapa Yakob.

Fuga[sunting | sunting sumber]

Fuga mempunyai struktur sbb.:


Fuga Dua Suara adalah sebagai berikut:

 Tema    Kontrapun   
         Jawab       

Fuga Tiga Suara adalah sebagai berikut:

 Tema     Kontrapun     Kontrapun
          Jawab         Kontrapun   
                        Tema        
                          

Fuga Empat Suara adalah sebagai berikut:

 Tema     Kontrapun     Kontrapun    Kontrapun
          Jawab         Kontrapun    Kontrapun
                        Tema         Kontrapun
                                     Tema

Invention[sunting | sunting sumber]

Invention artinya saling mengisi, misalnya dalam invention untuk piano maka tangan kiri saling mengisi dengan tangan kanan.

Praeludium[sunting | sunting sumber]

Praeludium atau Prelude adalah satu ciptaan yang disusun tidak dengan tema dan kontrapun, namun disusun atas pola irama atau struktur irama. Misalnya PRELUDE in C Minor - J S Bach.