Mark Ruffalo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mark Ruffalo (2007)

Mark Alan Ruffalo (lahir pada tanggal 22 November 1967 di Kenosha, Wisconsin) adalah seorang aktor Amerika yang telah menerima berbagai penghargaan atas hasil kerjanya.

Keluarga dan Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Mark Ruffalo adalah keturunan Italia-Amerika. Ayahnya, Frank Ruffalo (penggambar konstruksi bangunan) telah berpisah dari ibunya, Maria (penata rambut). Ketiga saudaranya, Scott, Tania dan Nicole, semuanya adalah penata rambut. Mark menghabiskan masa remajanya di Virginia Beach, Virginia, dimana ia lulus dari First Colonial High School. Kemudian ia dan keluarganya pindah ke San Diego, kemudian ke Los Angeles.

Ia bertemu dengan Sunrise Coigney pada tahun 1996. Pada tahun 1997 Mark melamarnya, tapi Sunrise menolak. 2 tahun kemudian Mark kembali melamarnya, yang kali ini diterima. Dan mereka menikah pada bulan Juni 2000. Anak mereka, Keen, lahir pada bulan Juni 2001, dan Bella, lahir pada bulan Mei 2005. Kini mereka tinggal di sebuah ranch di California.

Karier[sunting | sunting sumber]

Di LA, Mark mengambil kursus akting di Stella Adler Conservatory, dan ikut mendirikan Orpheus Theatre Company, di mana ia menulis, menyutradari dan turut memerankan beberapa pertunjukan. Namun secara keseluruhan, karier aktingnya tidak terlalu mujur. Untuk menopang kehidupannya, selama 9 tahun ia bekerja sebagai bartender. Mark mendapatkan beberapa peran kecil di film, seperti film horor The Dentist (1996), film komedi Safe Men (1998) dan salah satu karya terbaik Ang Lee tentang dunia barat di masa perang saudara, Ride With the Devil (1999).

Pertemuannya dengan sorang penulis, Kenneth Lonergan, mengubah segalanya. Mark berkolaborasi dengan Lonergan dan muncul di beberapa pementasannya, yang kemudian mengantarkan Mark untuk berperan sebagai adik Laura Linney yang bermasalah, dalam sebuah film nominasi Academy Award tahun 2000, You Can Count On Me. Ia mendapatkan pujian atas penampilannya dalam film ini, bahkan dianggap sebagai Marlon Brando mua dan memenangkan penghargaan dari Los Angeles Film Critics Association dan Montreal World Film Festival.

Keberhasilan ini mengantarkan Mark untuk kembali membintangi film-film berkelas seperti XX/XY (2002), My Life Without Me (2003), Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004), dan We Don't Live Here Anymore (2004). Perannya sebagai seorang polisi mengundang kontroversi setelah menampilkan adegan seks bersama Meg Ryan dalam film thriller garapan Jane Campion, In the Cut (2003). Dalam Collateral ([[2004]) ia tampil bersama Tom Cruise dan Jamie Foxx dan kembali berperan sebagai detektif. Mark juga tampil dalam film-film komedi romantis (atau sering juga disebut “chick flick” seperti View From the Top (2002), 13 Going on 30 (2004), Just Like Heaven (2005) and Rumor Has It (2005).

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Mark seharusnya tampil dalam Signs (2002) tapi batal karena ia didiagnosa mengidap tumor otak. Perannya jatuh ke Joaquin Phoenix. Mark menjalani operasi dan sempat mengalami kelumpuhan. Tapi akhirnya dia dapat sembuh total dan kembali untuk meraih kesuksesan di bidang akting.
  • Dalam sebuah wawancara dengan majalah Moviemaker, ia mengaku telah mengikuti 800 audisi semasa hidupnya sebelum akhirnya meraih sukses.


Filmografi[sunting | sunting sumber]