Penghargaan Tony

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tony Award)
Penghargaan Tony
Penghargaan terkini: Penghargaan Tony ke-71
DeskripsiKeunggulan dalam teater Broadway
NegaraAmerika Serikat
Dipersembahkan olehAmerican Theatre Wing dan The Broadway League
Diberikan perdana6 April 1947; 76 tahun lalu (1947-04-06)
Situs webtonyawards.com

Penghagraan Antoinette Perry untuk Keunggulan dalam Teater (Inggris: The Antoinette Perry Awards for Excellence in Theatre), atau yang lebih dikenal dengan Penghargaan Tony (Inggris: Tony Awards) adalah sebuah penghargaan teater Amerika Serikat dan diberikan oleh The American Theatre Wing and the League of American Theatres and Producers pada acara penghargaan tahunan di New York. Penghargaan yang diberikan adalah untuk karya-karya produksi dan penampilan Broadway, termasuk juga penghargaan yang diberikan tanpa kompetisi, seperti Special Tony Awards, The Regional Theatre Tony Award, dan The Tony Honors for Excellence in the Theatre.

Melalui penilaian dari sebuah panel yang beranggotakan sekitar 700 penilai yang berasal dari berbagai latar belakang baik dari dunia hiburan maupun dari kaum jurnalis, Tony Award umumnya dianggap sebagai Piala Oscar-nya dunia panggung teater Amerika. Penghargaan ini diciptakan oleh The American Theatre Wing pada tahun 1947 atas usulan dari sebuah komite produser teater yang saat itu diketuai oleh Brock Pemberton. Namun baru pada acar penghargaan ketiga pada tahun 1949 di mana medali Tony pertama dianugerahkan kepada para pemenang.

Penghargaan Tony Award dinamai berdasarkan nama Antoinette Perry, seorang aktris, sutradara, produser dan pemimpin The American Theatre Wing pada era Perang Dunia II yang saat itu baru saja meninggal dunia. Acara penghargaan Tony Award pertama berlangsung pada tanggal 6 April 1947 di Hotel Waldorf-Astoria di kota New York.

Kategori penghargaan[sunting | sunting sumber]

Saat ini terdapat 27 kategori penghargaan, ditambah dengan beberapa penghargaan khusus. Dimulai dengan 11 kategori pada tahun 1947, nama kategori dan jumlah penghargaan berubah dari tahun ke tahun. Daftar kategori penghargaan adalah sebagai berikut:

Kategori pergelaran

Kategori pertunjukan dan teknis

Penghargaan khusus

Pranala luar[sunting | sunting sumber]