The Avengers (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Avengers (film 2012))
The Avengers
Berkas:The Avengers (2012 film) poster.jpg
Poster film The Avengers
SutradaraJoss Whedon
ProduserJoss Whedon
Berdasarkan
Avengers
oleh Stan Lee
Jack Kirby
Pemeran
Penata musikAlan Silvestri
SinematograferSeamus McGarvey
PenyuntingJeffrey Ford
Lisa Lassek
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 11 April 2013 (2013-04-11) (El Capitan Theatre, L.A.)
  • 4 Mei 2013 (2013-05-04) (Amerika Serikat & Indonesia)
Durasi143 menit[1]
Negara Amerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$220 juta[2]
Pendapatan
kotor
$1.519 miliar[3]

Marvel's The Avengers[4] (diklasifikasikan dengan nama Marvel Avengers Assemble di Britania Raya dan Irlandia)[1][5] atau hanya The Avengers, adalah film Amerika superhero (2013) yang diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures yang mengadaptasi pada Marvel Comics dengan nama tim superhero yang sama. Ini adalah film keenam di Marvel Cinematic Universe. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Joss Whedon dan dibintangi beberapa aktor dan aktris yang mencakup Robert Downey, Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Tom Hiddleston, Clark Gregg, Cobie Smulders, Stellan Skarsgård dan Samuel L. Jackson. Di film ini, Nick Fury, direktur S.H.I.E.L.D., organisasi penjaga perdamaian, merekrut Iron Man, Captain America, Hulk, dan Thor untuk membentuk sebuah tim yang harus menghentikan saudara Thor, Loki yang akan menaklukkan Bumi.

Produksi film dimulai ketika Marvel Studios menerima dana pinjaman dari Merrill Lynch pada bulan April 2006. Setelah sukses film Iron Man pada Mei 2009, Marvel mengumumkan bahwa The Avengers akan dirilis pada bulan Juli 2012. Dengan penandatanganan Johansson pada bulan Maret 2010, Perilisan itu ditunda kembali sampai 2013. Whedon, pada bulan April 2011 menulis ulang naskah aslinya ditulis oleh Zak Penn.

Produksi dimulai pada April 2012 di Albuquerque, New Mexico, setelh itu pindah ke Cleveland, Ohio, pada bulan Agustus dan New York City pada September. Film ini diubah ke 3D di pasca-produksi.The Avengers tayang perdana pada tanggal 11 April 2013, di El Capitan Theatre, Hollywood dan dirilis di Amerika Serikat pada 4 Mei 2013. Film ini mendapat review positif dari sebagian kritikus film dan mendapat banyak rekor box office, termasuk akhir pekan pembukaan terbesar di Amerika Utara untuk keuntungan kotor $ 1 Milyar. The Avengers meraup keuntungan $ 1,5 Milyar di seluruh dunia, dan menjadi film ketiga terlaris sepanjang masa. Film ini dirilis pada Blu-ray Disc dan DVD pada tanggal 25 September 2013. Avengers: Age of Ultron, sebuah sekuel yang ditulis dan disutradarai oleh Whedon telah dirilis pada tanggal 1 Mei 2016.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Loki (Tom Hiddleston) bertemu dengan Other, pemimpin pasukan luar angkasa yang dikenal sebagai Chitauri. Dalam pertukaran untuk mengambil Tesseract, sumber energi yang sangat kuat, Other menjanjikan Loki tentara Chitauri yang dapat ia pimpin untuk menundukkan Bumi. Nick Fury (Samuel L. Jackson), direktur badan pengawas S.H.I.E.L.D, dan letnan Agen Maria Hill (Cobie Smulders) tiba di sebuah fasilitas penelitian terpencil selama evakuasi, di mana fisikawan Dr. Erik Selvig (Stellan Skarsgård) memimpin sebuah tim peneliti untuk melakukan percobaan pada Tesseract. Agen Phil Coulson (Clark Gregg) menjelaskan bahwa Tesseract telah memancar bentuk energi yang tidak biasa. Tesseract tiba-tiba aktif dan membuka portal, memungkinkan Loki untuk mencapai Bumi. Loki mengambil Tesseract dan menggunakan tongkatnya untuk memperbudak Selvig dan beberapa agen, termasuk Clint Barton/Hawkeye (Jeremy Renner), untuk membantunya.

Dalam menanggapi serangan itu, Fury mengaktifkan kembali Avengers Initiative. Agen Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) dikirim ke Calcutta untuk merekrut Dr. Bruce Banner (Mark Ruffalo) untuk melacak Tesseract melalui emisi radiasi gammanya. Coulson mengunjungi Tony Stark (Robert Downey, Jr.) untuk meninjau penelitian Selvig, dan Fury mendekati Steve Rogers/Captain America (Chris Evans) dengan tugas untuk mengambil Tesseract. Sementara Barton mencuri iridium yang diperlukan untuk menstabilkan daya Tesseract ini, Loki membuat kekacauan di Stuttgart yang mengarah ke konfrontasi dengan Rogers, Stark, dan Romanoff yang berakhir dengan penyerahan Loki. Sementara Loki sedang diantar ke S.H.I.E.L.D, Thor (Chris Hemsworth), saudara angkatnya, datang dan membebaskan dirinya berharap untuk meyakinkan dia untuk meninggalkan rencananya dan kembali ke Asgard. Setelah konfrontasi dengan Stark dan Rogers, Thor setuju untuk mengambil Loki ke kapal induk terbang S.H.I.E.L.D., Helicarrier. Ada Loki dipenjarakan sementara Banner dan Stark mencari Tesseract tersebut.

The Avengers terpecah, di satu sisi mereka ingin mencari tahu rencana Loki dan disisi lain mereka ingin tahu rencana S.H.I.E.L.D. terhadap Tesseract yang kemudian diungkapkan Fury untuk mengembangkan senjata pemusnah massal sebagai pencegahan terhadap makhluk luar angkasa. Dilain pihak, Barton dan agen lainnya yang dimiliki Loki menyerang Helicarrier, meledakkan turbin penerbangan dan menyebabkan Banner berubah menjadi Hulk. Stark dan Rogers mencoba untuk me-restart turbin yang rusak, dan Thor mencoba untuk menghentikan amukan Hulk. Romanoff berkelahi Barton, dan dengan membenturkan kepala Barton, Barton pun sadar. Loki lolos setelah membunuh Coulson dan Thor mendepak dari pesawat, sementara Hulk jatuh ke tanah setelah menyerang sebuah jet tempur S.H.I.E.L.D. . Fury menggunakan kematian Coulson untuk memotivasi Avengers untuk bekerja sebagai tim. Stark dan Rogers menyadari bahwa hanya mengalahkan mereka tidak akan cukup untuk Loki, ia harus mengalahkan mereka di depan umum untuk memvalidasi dirinya sebagai penguasa Bumi. Loki menggunakan Tesseract, dalam hubungannya dengan perangkat Selvig dibangun, untuk membuka lubang cacing di atas Menara Stark ke armada Chitauri di ruang angkasa, meluncurkan invasi.

The Avengers siap dalam membela New York City, lokasi lubang cacing itu, tapi dengan cepat menyadari bahwa mereka akan kewalahan sebagai gelombang demi gelombang Chitauri turun atas Bumi. Banner berubah menjadi Hulk, dan bersama-sama dengan Rogers, Stark, Thor, Barton dan Romanoff, mereka pertempuran Chitauri saat mengevakuasi warga sipil. Hulk pergi setelah Loki dan mengalahkan dia ke pengiriman. Romanoff membuat perjalanan ke lubang cacing, di mana Selvig, dibebaskan dari kontrol Loki, mengungkapkan bahwa tongkat Loki dapat digunakan untuk menutup lubang cacing. Sementara itu, atasan Fury mencoba untuk mengakhiri invasi dengan meluncurkan rudal nuklir di Manhattan. Stark menyadap rudal dan membawanya melalui lubang cacing terhadap armada Chitauri. Meledakan rudal, menghancurkan kapal induk Chitauri dan meninggalkan pasukan mereka di Bumi. Setelan Stark kehabisan daya dan ia jatuh kembali melalui lubang cacing, tetapi Hulk menyelamatkan dia dari jatuh ke tanah. Romanoff menonaktifkan lubang cacing untuk mencegah invasi lebih lanjut. Setelah kejadian itu, Thor dan Loki menggunakan Tesseract untuk kembali ke Asgard. Fury mengungkapkan keyakinan bahwa Avengers akan kembali jika mereka dibutuhkan.

Di bagian pertama pasca kredit, Other bertemu dengan "master"nya1, membahas penyerangan ke bumi; di bagian kedua pasca kredit, para Avengers makan di restoran shawarma.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Jenius, miliarder, playboy, dan filantropis yang digambarkan sendiri dengan baju besi elektromekanis dari penemuannya sendiri. Downey dilemparkan sebagai bagian dari kesepakatan empat gambarnya dengan Marvel Studios, yang mencakup Iron Man 2 dan The Avengers.[6]
Seorang veteran Perang Dunia II yang disempurnakan ke puncak fisik manusia oleh serum percobaan dan dibekukan dalam animasi yang tersuspensi sebelum terbangun di dunia modern. Evans dilemparkan sebagai bagian dari kesepakatan untuk membintangi tiga film Marvel, selain The Avengers.[7]
Seorang ilmuwan jenius yang, karena terpapar radiasi gamma, berubah menjadi monster saat marah atau gelisah. Ruffalo, yang dianggap memainkan Banner di The Incredible Hulk sebelum Edward Norton mengambil alih peran tersebut,[8] dilemparkan setelah negosiasi antara Marvel dan Norton mogok.[9] Untuk menciptakan suara Hulk, suara Ruffalo dicampur dengan suara Lou Ferrigno dan lainnya;[10] namun, garis bicara Hulk saja ("dewa Puny") diberikan semata-mata oleh Ruffalo.[11]
Putra mahkota Asgard, berdasarkan keilahian mitologi Norse dengan nama yang sama. Hemsworth dilemparkan sebagai bagian dari kesepakatan beberapa film.[12] Sebelumnya dia pernah bekerja dengan Joss Whedon di The Cabin in the Woods.[13] Hemsworth mengatakan bahwa ia mampu mempertahankan kekuatan yang ia bangun untuk Thor dengan meningkatkan asupan makanannya, terdiri dari dada ayam, ikan, steak, dan telur setiap hari.
Mata-mata yang sangat terlatih bekerja untuk S.H.I.E.L.D.[14] Tentang karakter dan hubungannya dengan Hawkeye, Johansson berkata, "Karakter kita memiliki sejarah panjang, mereka telah lama bertengkar dalam banyak pertempuran di berbagai negara. Kami adalah dua anggota kelompok pembalasan ini yang adalah prajurit yang terampil – kita tidak memiliki negara adidaya Black Widow pastinya adalah salah satu tim. Dia bukan pemeran hanya untuk menjadi foil romantis atau permen mata. Dia ada di sana untuk bertarung, jadi saya tidak pernah merasa seperti saya adalah satu-satunya cewek. Kita semua memiliki berbagai keterampilan dan rasanya sama".[15]
Seorang pemanah master yang bekerja sebagai agen untuk S.H.I.E.L.D.[16][17] Renner mengatakan bahwa ini adalah peran yang sangat fisik dan dia melatih panahan secara fisik dan berlatih sebanyak mungkin dalam persiapan.[18]
Saudara angkat Thor, berdasarkan keilahian mitologi Norse dengan nama yang sama.[12]
Seorang agen dengan S.H.I.E.L.D. yang mengawasi banyak operasi divisi lapangan.[19] Gregg dilemparkan sebagai bagian dari kesepakatan multi-gambar dengan Marvel.[20]
Seorang agen berpangkat tinggi dengan S.H.I.E.L.D. yang bekerja sama dengan Nick Fury.[21] Smulders, yang pernah dianggap oleh Joss Whedon untuk film Wonder Woman live-action yang tidak diproduksi, dipilih dari daftar pendek aktris potensial termasuk Morena Baccarin. Kesepakatan Smulders akan mengintegrasikannya ke dalam sembilan film.[22][23]
Seorang astrofisikawan dan seorang teman Thor di bawah kendali Loki, yang mempelajari kekuatan Tesseract.[24][25]
Direktur S.H.I.E.L.D., yang terungkap dalam film-film sebelumnya untuk mengkoordinasikan "Avengers Initiative". Jackson dibawa ke proyek tersebut dengan sebuah kesepakatan yang berisi opsi untuk memainkan karakter tersebut di sembilan film Marvel.[26]

Gwyneth Paltrow dan Maximiliano Hernández memerankan peran mereka dari film sebelumnya seperti Pepper Potts dan Jasper Sitwell. Paul Bettany kembali ke suara J.A.R.V.I.S. Beberapa kolaborator Whedon Alexis Denisof menggambarkan Other, dan Damion Poitier menggambarkan tuannya, Thanos (yang tidak disebutkan namanya dalam film ini), dalam sebuah adegan pasca-kredit.[27] Powers Boothe dan Jenny Agutter tampil sebagai anggota Dewan Keamanan Dunia.[28][29] Wakil pencipta Avengers Stan Lee memiliki penampilan cameo dalam sebuah laporan berita. Harry Dean Stanton berperan sebagai satpam, dan sutradara film Polandia Jerzy Skolimowski tampil sebagai Georgi Luchkov, interogator Romanoff.[30] Enver Gjokaj, yang kemudian kemudian bermain Agen Daniel Sousa di seri Agent Carter, muncul sebagai petugas polisi.[31]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Avengers: Age of Ultron[sunting | sunting sumber]

Sekuel yang berjudul Avengers: Age of Ultron,[32] ditulis dan disutradarai oleh Whedon,[33] dirilis pada tanggal 1 Mei 2015.[34] Sebagian besar pemerannya kembali, dengan tambahan Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch, Aaron Taylor-Johnson sebagai Quicksilver, Paul Bettany sebagai Vision, dan James Spader sebagai Ultron.[35]

Avengers: Infinity War dan sekuelnya[sunting | sunting sumber]

Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame akan diarahkan oleh Anthony dan Joe Russo, dari naskah oleh Christopher Markus & Stephen McFeely.[36][37][38] Infinity War dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 4 Mei 2018, dengan sekuel yang dijadwalkan pada tanggal 3 Mei 2019.[39]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Feige mengkonfirmasi dalam sebuah majalah Empire podcast bahwa "master" dalam adegan pasca-kredit adalah Thanos.[40]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Marvel Avengers Assemble". British Board of Film Classification. Archived from the original on April 20, 2013. Retrieved April 20, 2013.
  2. ^ Breznican, Anthony (September 30, 2012). "'The Avengers': Your First Look at the Dream Team!". Entertainment Weekly (1175): 37. Archived from the original on May 2, 2013. "At risk is not only the movie's estimated $220 million budget, but also one of the most promising tent pole franchises in Hollywood."
  3. ^ "The Avengers (2013)". Box Office Mojo. Archived from the original on April 20, 2013. Retrieved 19 Mei 2013.
  4. ^ Lovece, Frank (8 Mei 2013). "Whedon Talks Avengers". FilmFestivalTraveler.com. Archived from the original on May 8, 2013.
  5. ^ "Marvel Avengers Assemble". Irish Film Classification Office. Archived from the original on May 1, 2013. Retrieved May 1, 2013.
  6. ^ "Downey Jr., Favreau & Cheadle Suit Up for The Avengers" (Siaran pers). Marvel.com via Superhero Hype. 28 Oktober 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 25, 2011. Diakses tanggal 14 April 2010.  "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-24. Diakses tanggal 2017-05-31. 
  7. ^ Graser, Marc (22 Maret 2010). "Chris Evans to play 'Captain America'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-25. Diakses tanggal 14 April 2010. 
  8. ^ de Semlyen, Phil (8 Maret 2013). "Leterrier: Mark Ruffalo Nearly My Hulk". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-12. Diakses tanggal 2017-05-31. 
  9. ^ Finke, Nikki (23 Juli 2010). "Toldja! Marvel & Ruffalo Ink Hulk Deal". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-25. Diakses tanggal 23 Juli 2010. 
  10. ^ Supervising Sound Editor, Sound Designer, and Re-recording Mixer Christopher Boyes at 3:22 of video interview, "The Sound of the Avengers". SoundWorks Collection (Colemanfilm Media Group). 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-05. Diakses tanggal 5 Juni 2012. Finally I thought, 'I just have to work with human voices.' ... I just started playing combinations and I would give them 10 to 15 variations of roars. And Joss listened to them and came back and said, 'I like this one,' and I went back and I looked at the ingredients of what was in that one. Turned out to be Mark Ruffalo, some Lou Ferrigno and a little bit of me and two people from New Zealand. So I led with that and I started using those combinations but changing it up. But the great thing was that Mark Ruffalo had done an incredible [unintelligible] of variety so I was always blending him in. ... Lou Ferrigno seemed to have a real knack for just who this character was. ... They were always a component of it. 
  11. ^ Alexander, Bryan (May 10, 2012). "Assembling all the answers for 'Avengers' fans". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-26. Diakses tanggal 26 Mei 2012. 
  12. ^ a b Bellington, Alex (7 Juni 2009). "Profile on Marvel Studios with Big Updates from Kevin Feige". First Showing. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-04. Diakses tanggal 14 April 2010. 
  13. ^ Brian Warmoth (26 Juli 2010). "Comic-Con: Chris Hemsworth Shares Joss Whedon's Fascination With Avengers Drama". MTV News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 26 Juli 2010. 
  14. ^ Finke, Nikki (11 Maret 2009). "Another 'Iron Man 2' Deal: Scarlett Johansson to Replace Emily Blunt as Black Widow for Lousy Lowball Money". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-25. Diakses tanggal 14 April 2010. 
  15. ^ Adamek, Pauline (January–February 2012). "Avengers Assemble!". Filmink. FKP International Exports: 70–75. 
  16. ^ Kit, Borys; Kit, Zorianna (4 Juni 2010). "Jeremy Jeremy Renner near deal to join Marvel's 'Avengers'". Reuters. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-27. Diakses tanggal 27 Juli 2011. 
  17. ^ Corinne Heller (23 Juli 2010). "Joss Whedon talks 'The Avengers': Jeremy Renner also confirmed as 'Hawkeye' (Exclusive)". OnTheRedCarpet.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 24 Juli 2010. 
  18. ^ Farley, Christopher John (17 September 2010). "Jeremy Renner on 'The Town,' 'The Avengers' and the New 'Mission: Impossible'". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 18 September 2010. 
  19. ^ "Marvel-ous Star Wattage: Actors Assemble For Comic-Con Panel Including 'The Avengers', 'Captain America', & 'Thor'". Deadline.com. 24 Juli 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 25 Juli 2010. 
  20. ^ Ching, Albert (3 Mei 2012). "Clark Gregg Takes Agent Coulson to AVENGERS and Beyond". Newsarama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-09. Diakses tanggal 9 Mei 2012. 
  21. ^ O'Connell, Mikey (March 25, 2011). "'Avengers' star Cobie Smulders on spending her hiatus in a catsuit". Zap2It.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 25 Maret 2011. 
  22. ^ Kit, Borys (3 Februari 2011). "'V' Star Morena Baccarin Among Actresses on 'Avengers' Shortlist (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-03. Diakses tanggal 3 Februari 2011. 
  23. ^ Graser, Marc (7 Februari 2011). "Cobie Smulders joins 'Avengers' cast". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-25. Diakses tanggal 7 Februari 2011. 
  24. ^ "Stellan Skarsgård klar för ny superhjältefilm". Expressen (dalam bahasa Swedish). 3 Maret 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 3 Maret 2011. The Avengers is the dream team of superheroes, a group consisting of among others Iron Man, the Hulk, Captain America and Thor. The film is planned to premier in 3D in May of next year. Stellan Skarsgård confirms to TT Spektra that he will play the same role as in the upcoming Thor: Doctor Selvig. Not much is yet known about the character apart from that Selvig is a scientist in New Mexico. 
  25. ^ Philbrick, Jami (31 Agustus 2011). "IAR Exclusive Interview: Stellan Skarsgard talks 'The Avengers,' 'The Girl With the Dragon Tattoo,' and 'Melancholia'". I am Rogue. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-02. Diakses tanggal 2 Juni 2012. 
  26. ^ Fleming, Michael (February 25, 2009). "Samuel Jackson joins 'Iron' cast". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-25. Diakses tanggal 14 April 2010. 
  27. ^ Schwartz, Terri (2 Mei 2012). ""The Avengers" has two post-credit scenes, mystery actor revealed". IFC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-08. Diakses tanggal 6 Mei 2012. 
  28. ^ Abrams, Natalie (25 Oktober 2015). "Agents of S.H.I.E.L.D. adds Powers Boothe in 'incredibly menacing' role". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-15. Diakses tanggal 15 Oktober 2015. 
  29. ^ Brown, Todd (31 Mei 2013). "Meet Robert Redford's S.H.I.E.L.D. Team from 'Captain America: The Winter Soldier'". Twitch Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-24. Diakses tanggal 31 Mei 2013. 
  30. ^ Stratton, David (26 April 2012). "Earth's mightiest heroes succeed in The Avengers". The Australian. Diakses tanggal August 22, 2012. 
  31. ^ Sampson, Mike (5 April 2016). "Here's Who Alfre Woodard Plays in 'Captain America: Civil War'". Screen Crush. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-06. Diakses tanggal 6 April 2016. 
  32. ^ "SDCC 2013: Joss Whedon Reveals Avengers: Age of Ultron". Marvel. 20 Juli 2013. Diakses tanggal 21 Juli 2013. 
  33. ^ Braser, Marc (7 Agustus 2012). "Joss Whedon will return for 'The Avengers 2'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-07. Diakses tanggal 7 Agustus 2012. 
  34. ^ Kit, Borys (16 Agustus 2012). "Disney Sets Release Date for 'Avengers 2'". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-16. Diakses tanggal 16 Agustus 2012. 
  35. ^ "Marvel's 'Avengers: Age of Ultron' Official Synopsis Spells Big Trouble for Tony Stark". Stitch Kingdom. 15 September 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-15. Diakses tanggal 15 September 2014. 
  36. ^ Kit, Borys; Siegemund-Broka, Austin (23 Maret 2015). "Russo Brothers to Direct 'Avengers: Infinity War' Parts 1 and 2". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-23. Diakses tanggal 23 Maret 2015. 
  37. ^ Faraci, Devin (9 April 2015). "Markus & McFeely Will Write INFINITY WAR". Badass Digest. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-10. Diakses tanggal 9 April 2015. 
  38. ^ Lincoln, Ross A. (29 Juli 2016). "Marvel's 'Avengers 3' Gets Official Title With Temp Name Hung On 'Avengers 4'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Juli 2016. Diakses tanggal 30 Juli 2016. 
  39. ^ Strom, Marc (October 28, 2014). "Marvel's The Avengers Head Into an Infinity War". Marvel.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-29. Diakses tanggal 28 Oktober 2014. 
  40. ^ Plumb, All (April 30, 2012). "Kevin Feige Avengers Spoiler Podcast" (audio at 02:09). Empire. Archived from the original on November 2, 2012. Retrieved May 2, 2012. "All you need is one person in the back of the theater to go, 'Oh, it's Thanos!' for people to start going, 'Who's...? Oh, that must mean something, who's that?' and they start to learn and they start to dig deeper."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) The Avengers di Marvel Comics Database