The Hunger Games (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Hunger Games
HungerGamesPoster.jpg
Poster film
Sutradara Gary Ross
Produser
  • Nina Jacobson
  • Jon Kilik
Skenario
Berdasarkan The Hunger Games karangan Suzanne Collins
Pemeran
Musik James Newton Howard
Sinematografi Tom Stern
Penyunting
  • Stephen Mirrione
  • Juliette Welfling
Studio Lionsgate
Color Force
Distributor Lionsgate
Tanggal rilis
Durasi 142 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $78,000,000[1]
Pendapatan kotor $636,362,314 [1]


The Hunger Games adalah sebuah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Gary Ross, diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Suzanne Collins. Film ini diproduseri oleh Nina Jacobson dan Jon Kilik, dengan skenario ditulis oleh Ross, Collins, dan Billy Ray. Film ini dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, dan Donald Sutherland.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

The Hunger Games menceritakan tentang seorang gadis berusia 16 tahun bernama Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) yang tinggal di sebuah tempat bernama Distrik 12, di mana mayoritas penduduknya bekerja sebagai penambang. Distrik 12 adalah sebuah distrik terakhir, salah satu dari 12 distrik di negara yang disebut Panem. Panem sendiri merupakan sebuah negara dimana dulunya Amerika Utara pernah berada, yang setelah bencana besar di Bumi menjadi satu-satunya wilayah yang selamat. Karena pemberontakan gagal terhadap pemerintahan Panem 75 tahun sebelumnya, pemerintahan Panem lantas melakukan sebuah kompetisi maut yang diadakan di ibukota negara yang bernama Capitol.

Kompetisinya bernama The Hunger Games, yang diikuti oleh sepasang anak muda berusia antara 12-18 tahun dan dipilih dari 12 distrik yang ada di Panem. Kompetisi telah dilakukan selama 74 tahun berturut-turut. Tujuan diadakan kompetisi ini adalah untuk merekatkan hubungan antara distrik, sekaligus menyegarkan ingatan tentang mereka yang terbunuh akibat pemberontakan di distrik-distrik dan mengingatkan seluruh penduduk betapa berkuasanya pemerintahan Panem yang dipimpin oleh Presiden Snow (Donald Sutherland).

Dalam The Hunger Games, ke 24 anak terpilih ditempatkan di suatu arena di Capitol. Di arena yang dipenuhi dengan CCTV canggih itu, ke 24 kontestan diharuskan saling membunuh dan kompetisi tersebut disiarkan secara langsung oleh televisi dalam konsep reality show.

Layaknya reality show, para konstentan The Hunger Games juga memerlukan personaliti menarik agar mereka bisa mendapatkan sponsor. Sponsor ini berfungsi untuk menyelamatkan para kontestan dari beberapa kali kejadian maut. Perolehan sponsor ini bergantung pada kemampuan masing-masing kontestan untuk bertahan hidup.

Kini saatnya The Hunger Games membuka audisi di masing-masing distrik. Saat tiba di Distrik 12, tempat tinggal Katniss, setiap warga dikumpulkan di sebuah tanah lapang dan konstestan dipilih dari pengundian yang dilakukan oleh seorang wanita nyentrik perwakilan Capitol bernama Effie Trinket (Elizabeth Banks). Lalu terpilihlah Primrose Everdeen (Willow Shields), adik semata wayang Katniss, yang berumur 12 tahun dan Peeta Mellark (Josh Hutcherson). Sadar bahwa adiknya tidak sanggup untuk bertarung, Katniss menawarkan diri sebagai relawan menggantikan sang adik.

Katniss pun menitipkan adik serta ibunya kepada sahabat karib sekaligus rekannya berburu di hutan, Gale Hawthorne (Liam Hemsworth). Berbekal keahlian memanah dan jimat berupa pin berbentuk burung mockingjay, Katniss dan Peeta pun kemudian dibawa ke Capitol. Katniss dan Peeta lalu mendapat mentor, mantan pemenang The Hunger Games, Haymitch Abernathy (Woody Harrelson). Haymitch-lah yang kemudian mengajarkan mereka trik untuk bertahan hidup.

Sebelum kompetisi dimulai, Peeta dan Katniss harus menjalani sebuah pelatihan dan rangkaian penampilan di depan publik Capitol, serta harus menjalani sesi wawancara demi mendapatkan sponsor dengan presenter tetap, Caesar Flickerman (Stanley Tucci). Mereka berdua pun diharuskan menjalani rangkaian "perawatan kecantikan", lewat seorang penata gaya modis bernama Cinna (Lenny Kravitz).

Katniss adalah tipikal pribadi yang memiliki daya tarik alami. Kenaturalannya merebut hati semua orang, termasuk salah seorang konstestan belia bernama Rue (Amandla Stenberg), yang lalu menjadi semacam penggemarnya. Tapi kompetisi adalah kompetisi. Saat ketua dewan juri, Seneca Crane (West Bentley), mengumumkan pertandingan maut dimulai, Katniss dan Peeta harus menghadapi kompetitor brutal dan rekayasa pemilik acara agar mereka bertahan hidup. Atau pilihan lainnya, dibunuh dengan sadis.

Katniss & Peeta berhasil bertahan beberapa hari dari kejamnya The Hunger Games ini, meski Katniss berbeda lokasi dengan Peeta. Peeta bergabung dengan aliansi yang dipimpin Cato Alexander Ludwig, seseorang yang sangat diandalkan dalam membunuh secara sadis dari Distrik 2. Kecerobohan Katniss terjadi ketika ia ingin menjatuhkan sarang lebah beracun ke arah kawanan Cato, namun justru berbalik mengenai dirinya. Katniss pingsan seharian dan diselamatkan oleh Rue. Saat ingin menghacurkan aliansi Cato, Rue tewas dibunuh oleh Marvel (Jack Quaid), walaupun Katniss akhirnya berhasil membunuh Marvel. Katniss lalu mengubur Rue di arena, dan orang-orang di Distrik 11 membuat semacam kerusuhan karena kesal atas kematian Rue.

Setelah berhasil menemukan Peeta, Katniss bergabung dan berhasil mengalahkan aliansi Cato, walaupun Cato masih hidup. Mendekati akhir pertandingan, Capitol melepas anjing mutan ke arena. Rekan Rue dari Distrik 11 tak kuasa menahan keganasannya dan tewas. Peserta yang bertahan hidup; Katniss, Peeta, dan Cato, sampai di sebuah tempat bernama Cornucopia. Di sana, mereka bertarung dengan Cato, dengan panah Katniss, Cato berhasil terbunuh, Capitol kemudian mengubah peraturan bahwa hanya ada 1 pemenang. Dalam kepasrahan, Katniss dan Peeta yang sedang jatuh cinta ingin memakan buah beri beracun. Di saat itulah Capitol berubah pikiran, mereka berdua dinobatkan sebagai pemenang Hunger Games.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Daftar pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemilihan pemeran[sunting | sunting sumber]

Lionsgate mengkonfirmasi pada bulan Maret 2011 bahwa sekitar 30 aktris diaudisi untuk peran Katniss Everdeen, termasuk Hailee Steinfeld, Abigail Breslin, Emma Roberts, Saoirse Ronan, Chloë Moretz, Jodelle Ferland, Lyndsy Fonseca, Emily Browning, Shailene Woodley dan Kaya Scodelario. Pada 16 Maret 2011 diumumkan bahwa aktris peraih nominasi Oscar, Jennifer Lawrence telah mendapatkan peran tersebut. [4]

Meskipun Lawrence berusia 20 tahun ketika film dibuat, yang artinya empat tahun lebih tua dari karakternya, Collins mengatakan bahwa karakter Katniss menuntut "kedewasaan dan kekuatan" dan mengatakan bahwa ia lebih suka aktris yang usianya lebih tua dibanding yang lebih muda untuk memerankan Katniss.[4]

Sedangkan calon untuk pemeran Peeta selain Josh Hutcherson antara lain Alexander Ludwig (yang kemudian memerankan Cato), Hunter Parrish, Lucas Till, Evan Peters, David Gale Henrie, Drew Roy, dan Robbie Amell.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No. Judul Penyanyi Durasi
1. "Abraham's Daughter"   Arcade Fire 3:22
2. "Tomorrow Will Be Kinder"   The Secret Sisters 3:25
3. "Nothing to Remember"   Neko Case 2:58
4. "Safe & Sound"   Taylor Swift featuring The Civil Wars 4:00
5. "The Ruler and the Killer"   Kid Cudi 4:33
6. "Dark Days" (Not included in the film) Punch Brothers 3:53
7. "One Engine"   The Decemberists 3:01
8. "Daughter's Lament"   Carolina Chocolate Drops 2:46
9. "Kingdom Come"   The Civil Wars 3:42
10. "Take the Heartland"   Glen Hansard 2:45
11. "Come Away to the Water"   Maroon 5 featuring Rozzi Crane 5:13
12. "Run Daddy Run"   Miranda Lambert featuring Pistol Annies 2:45
13. "Rules" (Not included in the film) Jayme Dee 3:27
14. "Eyes Open"   Taylor Swift 4:04
15. "Lover Is Childlike"   The Low Anthem 4:15
16. "Just a Game"   Birdy 4:01
Durasi total:
60:18

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Kategori Penerima Hasil Sumber
CinemaCon Awards 2012 Breakthrough Performer of the Year Josh Hutcherson Menang [5]
NewNowNext Awards 2012 Next Mega Star [6]
MTV Movie Awards 2012 Best Male Performance [7]
Best Cast Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Elizabeth Banks, Woody Harrelson & Lenny Kravitz Nominasi
Best Kiss Jennifer Lawrence & Josh Hutcherson
Breakthrough Performance Liam Hemsworth
Best Hero Jennifer Lawrence
Best Female Performance Menang
Best Fight Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson vs. Alexander Ludwig
Best On-Screen Transformation Elizabeth Banks
Movie of the Year The Hunger Games Nominasi
Kerrang! Awards 2012 Best Film Menang [8]
Teen Choice Awards 2012 Choice Movie: Sci-Fi/Fantasy Menang [9]
Choice Movie Actor: Sci-Fi/Fantasy Josh Hutcherson
Choice Movie Actress: Sci-Fi/Fantasy Jennifer Lawrence

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Agustus 2011, saat masih syuting film, Lionsgate mengumumkan bahwa film kedua dalam trilogi The Hunger Games, Catching Fire, dijadwalkan akan dirilis pada 22 November 2013. Pada bulan November 2011, Lionsgate mengumumkan bahwa penulis skenario Slumdog Millionaire dan 127 Hours, Simon Beaufoy akan berpartisipasi dalam film kedua.[10]

Woody Harrelson mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa ia telah menandatangani kontrak untuk empat film, dan katanya, akan ada salah satu buku yang mungkin akan dipecah menjadi dua film. Pada bulan Februari 2012 The Hollywood Reporter mengabarkan bahwa Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson dan Liam Hemsworth telah menandatangani kontrak untuk keseluruhan film.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Hunger Games (2012)". Box Office Mojo. Diakses May 20, 2012. 
  2. ^ Lions Gate Entertainment (March 3, 2012). The Hunger Games. Siaran pers. Diakses pada March 3, 2012.
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r "Full cast and crew for The Hunger Games on IMDB". Diakses 5 Mei 2012. 
  4. ^ a b "fxpodcast: The Hunger Games". Diakses 16 Mei 2012. 
  5. ^ "Josh Hutcherson To Receive "Cinemacon Breakthrough Performer of the Year Award"". CinemaCon Awards. March 27, 2012. Diakses April 1, 2012. 
  6. ^ "2012 NewNowNext Awards". NewNowNext Awards. Diakses March 19, 2012. 
  7. ^ "2012 MTV Movie Awards Nominees: The Full Lift". MTV. Diakses May 1, 2012. 
  8. ^ "And the nominees are...". Kerrang! (Bauer Media Group). May 2, 2012. Diakses May 2, 2012. 
  9. ^ "Teen Choice Award Nominees 2012". The Huffington Post. May 18, 2012. Diakses May 19, 2012. 
  10. ^ Weinstein, Joshua L (August 8, 2011). "The Hunger Games Sequel Set for 2013 Release". The Wrap. Diakses August 15, 2011. 
  11. ^ David Robert (November 18, 2011). "Woody Harrelson Talks 'Hunger Games'". MTV. Diakses December 30, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]