Lions Gate Entertainment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lionsgate Entertainment Corporation
Industri/jasa Hiburan
Didirikan Vancouver, British Columbia, Canada (1995)
Kantor pusat Santa Monica, California,  Amerika Serikat
Tokoh penting Frank Giustra (Pendiri)
Jon Feltheimer (CEO)
Steve Beeks (Presiden Direktur)
Michael R. Burns (Wakil Presiden Direktur)
Produk Motion pictures, television programming, home video, family entertainment, video-on-demand, digital distribution
Pendapatan US$ 1.466 billion (2009) [1]
Laba usaha US$ 141.219 million (2009)
Laba bersih US$ 162.98 million (2009)
Situs web www.lionsgate.com

Lionsgate Entertainment Corporation adalah perusahaan hiburan Kanada yang telah ada dalam inkarnasi yang berbeda. Perusahaan ini dibentuk di Vancouver, British Columbia, tapi bermarkas di Santa Monica, California. Pada tahun 2007, sebagai film independen paling sukses secara komersial dan perusahaan distribusi televisi di Amerika Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lionsgate didirikan pada tahun 1995 oleh Frank Giustra, seorang investor bank di Vancouver yang berharap untuk memanfaatkan industri film yang berkembang di kota kelahirannya. Perusahaan membeli sejumlah fasilitas produksi kecil dan distributor, termasuk Montreal berbasis Cinepix Film Productions (CFP), Trimark Pictures dan, terutama Artisan Entertainment (yang sendiri dulunya LIVE Entertainment, dan sebelum itu adalah Vestron Pictures.

Mereka telah menjual hak distribusi mereka ke Kanada dan terbentuk Maple Pictures, didirikan dan juga dimiliki bersama oleh dua mantan eksekutif Lions Gate, Brad Pelman dan Laurie Mei.

Ini pertama kalinya menyumbangkan keberhasilan dalam film American Psycho pada tahun 2000, yang memulai trend memproduksi dan mendistribusikan film secara kontroversial untuk Studio Amerika. Film terkenal lainnya termasuk Affliction, Gods and Monsters, Dogma, Saw dan Michael Moore documentary Fahrenheit 9/11', yang menjadi Studio Film terlaris dan tertinggi.

Lionsgate memainkan peran penting dalam pembiayaan bersama dan bersama-sama dengan Relativity Media di sebagian besar studio film yang terakhir dirilis oleh mereka pada 2010's Kick-Ass, dengan divisi Relativity's Rogue Pictures dan Universal Pictures (perusahaan induk Rogue) sebagai mitra diam saja, dengan distribusi parsial yang diawasi oleh Universal.

Lionsgate, bersama dengan MGM dan Paramount Pictures / Viacom, juga merupakan pemilik bersama Epix, sebuah saluran film baru di televisi berbayar yang memulai debutnya pada tanggal 30 Oktober 2009 pada Verizon FiOS sistem IPTV, yang akan saingan dengan HBO dan Showtime, pada 20 April 2008.

Lionsgate telah memperkenalkan sebuah label film keluarga baru, Lions Gate Family Entertainment. Film pertama yang akan dirilis di bawah label ini akan menjadi Alpha and Omega. Lions Gate Family Entertainment akan dikombinasikan dengan aksi langsung dan film animasi.

Pada tahun 2009, Lionsgate, bersama dengan Sony Pictures Entertainment, Warner Bros, Paramount, dan Metro-Goldwyn-Mayer, membuat saham untuk Hulu (dimiliki oleh News Corporation, NBC Universal/General Electric, dan The Walt Disney Company) untuk film dan acara TV. Lionsgate juga menyatakan mereka akan mulai bekerja di bidang pembuatan album musik, nantinya pada tahun 2011.

Distribusi film terbaru dipilih (non-in-house) untuk membayar per-view dan dalam permintaannya berada di bawah pengawasan NBC Universal Television Distribution pada Universal Pictures (Universal secara resmi diadakan sebagai hak video rumah dan televisi untuk banyak film-film awal dari Lionsgate), sementara yang lainnya akan didistribusikan baik untuk televisi kabel dan siaran televisi melalui Debmar-Mercury, divisi sindikasi Lionsgate's.