Isabelle Fuhrman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Isabelle Fuhrman
Lahir Isabelle Fuhrman
25 Februari 1997 (umur 17)
Bendera Amerika Serikat Washington DC
Pekerjaan Aktris
Tahun aktif 2006-sekarang

Isabelle Fuhrman (lahir di Washington DC, Amerika Serikat, 25 Februari 1997; umur 17 tahun) adalah aktris asal Amerika Serikat. Isabelle Fuhrman berperan sebagai Esther Coleman dalam film Orphan (2009). Ia juga berperan sebagai Grasshopper dalam film Handdog (2007).

Karier[sunting | sunting sumber]

Fuhrman lahir di Washington, DC pada tanggal 25 Februari 1997, dan dibesarkan di Atlanta. Ibunya, Elina Fuhrman (Kozmits née), adalah seorang jurnalis yang berimigrasi dari Soviet Rusia dan telah bekerja untuk CNN. Ayahnya, Nick Fuhrman, adalah mantan kandidat politik dan konsultan bisnis. Dia memiliki kakak, Madeline Fuhrman, yang merupakan penyanyi dan penulis lagu.

Fuhrman karier akting dimulai pada usia tujuh tahun, ketika seorang direktur casting dari Cartoon Network melihat dia menunggu kakaknya dan melemparkan dia untuk salah satu acara, Cartoon Friday. Fuhrman membuat debut layar besar nya hanya beberapa tahun kemudian dalam drama Hounddog 2007. Pada tahun yang sama, Fuhrman dipilih untuk membintangi film Orphan bersama Vera Farmiga dan Peter Sarsgaard. Fuhrman dilemparkan melalui pencarian nasional lengkap dari aktris muda untuk menggambarkan utama dalam kolaborasi antara Warner Bros Leonardo DiCaprio Appian Way dan Hiburan Dark Castle Joel Silver.

Kredit lainnya Fuhrman meliputi peran sebagai Gretchen Dennis (Ghost Gadis alias) berlawanan Jennifer Love Hewitt pada hit TV Whisperer acara Ghost, Grace O'Neil dalam episode pilot seri 2006 televisi Keadilan, dan sejumlah iklan nasional seperti Pizza Hut dan K-Mart. Penampilannya sebagai Gretchen Dennis di Ghost Whisperer meraih gelar nominasi Young Artist Award. Fuhrman juga muncul dalam sandiwara komedi di Tonight Show dengan Jay Leno, dan dia diketahui telah memberikan suara karakter Cartoon Network "Cartoon Fridays".

Pada tahun 2011, Isabelle Fuhrman berperan sebagai Angie Vanderveer dalam komedi gelap Salvation Boulevard (Novel oleh Larry Beinhart), yang perdana di Festival Film Sundance. Fuhrman merupakan bagian dari ensemble cast yang mencakup Pierce Brosnan, Marisa Tomei, Greg Kinnear, Jennifer Connelly, dan Ed Harris.

Pada tahun 2012, Isabelle Fuhrman berperan sebagai Clove, penghargaan karier, dalam film The Hunger Games, berdasarkan novel dengan nama yang sama. Awalnya, ia mengikuti audisi untuk bermain Katniss Everdeen tapi terlalu muda untuk berperan sebagai dia. Dia berumur 14 tahun pada saat itu, ia kemudian dipanggil kembali untuk audisi untuk Clove, dan berhasil mendapatkan peran itu.

Berikutnya, Isabelle Fuhrman akan berakting dengan Will Smith dan Jaden Smith dalam film, After Earth. Pada tanggal 15 Mei 2012 diumumkan bahwa Fuhrman akan membintangi remake mendatang klasik horor tahun 1977, Suspiria

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Status
2006 Justice Grace O'Neil TV
2007 Hounddog Grasshopper
2008 Ghost Whisperer Gretchen Dennis TV
2009 Orphan Esther
Children of the Corn (suara)
The Cleveland Show Girl (suara)
2010 Around the World in 50 Years Hatchling Shelly (suara) post-production
2011 Pleading Guilty Carrie TV
Salvation Boulevard Angie Film
2012 The Hunger Games Clove Film
The Healer Michelle Film
2013 After Earth Rayna Filming
Suspiria Suzy Pre-production

Pranala luar[sunting | sunting sumber]