Gale Hawthorne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gale Hawthorne
Tokoh di trilogi The Hunger Games
Pta.JPG
Liam Hemsworth memerankan Gale dalam film The Hunger Games
Penampilan pertama The Hunger Games
Penampilan terakhir Mockingjay
Pencipta Suzanne Collins
Pemeran Liam Hemsworth
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki
Keluarga Hazelle Hawthorne (ibu)
Ayah;meninggal (nama tidak diketahui)
Rory Hawthorne (adik)
Vick Hawthorne (adik)
Posy Hawthorne (adik)

Gale Hawthorne adalah salah satu karakter fiksi protagonis dalam novel trilogi The Hunger Games karangan Suzanne Collins.

Gale adalah seorang remaja berumur 18 tahun, dan merupakan teman berburu sekaligus teman terdekat Katniss Everdeen. Ayahnya tewas dalam ledakan tambang, sehingga ia terpaksa menjadi tulang punggung keluarga bagi ibu dan adik-adiknya.

Dalam film The Hunger Games yang disutradarai oleh Gary Ross, karakter Gale diperankan oleh aktor Liam Hemsworth.[1]

Deskripsi tokoh[sunting | sunting sumber]

Gale adalah seorang remaja laki-laki berusia 18 tahun yang tinggal di Distrik 12. Dia adalah sahabat sekaligus rekan berburu Katniss. Mereka berdua bertemu ketika Katniss sedang berburu (sekitar 6 bulan setelah ayahnya tewas dalam kecelakaan di tambang) dan dia melihat perangkap yang dibuat Gale, Gale menuduhnya mencuri dari perangkapnya. Beberapa kali setelah itu, mereka berteman karena terikat atas fakta bahwa mereka mempunyai banyak kesamaan, ayah mereka berdua tewas dalam kecelakaan yang sama dan sebagai saudara tertua, mereka berdua sama-sama bertanggung jawab untuk memberi makan keluarga mereka.[2]

Dalam buku ke-2, Catching Fire. Katniss kembali ke Distrik 12, namun hubungan mereka tidak seperti dulu lagi, terutama sejak Katniss dan Peeta harus memainkan sandiwara Capitol sebagai dua kekasih yang saling mencintai selama tur kemenangan mereka. Gale mengaku kalau dia mencintai Katniss di hutan di Distrik 12 setelah Katniss memintanya untuk kabur bersamanya, tetapi setelah itu ia dicambuk di depan orang banyak karena berburu di tanah Capitol. Dia dan Katniss sudah siap untuk melawan karena jelas bahwa pemberontakan terhadap penindasan Capitol akan dimulai, namun Katniss (bersama Peeta) sekali lagi terpilih menjadi peserta dalam Hunger Games ke-75 dan harus meninggalkan Distrik 12 untuk kembali ke arena. Sekali lagi, Gale terpaksa mengucapkan selamat tinggal dan melihat sahabatnya berjuang melawan rintangan untuk tetap bertahan hidup secara langsung di televisi.

Dalam Mockingjay, Gale berpartisipasi dalam pemberontakan untuk menggulingkan Capitol, meskipun dia dan Katniss selamat, rumah mereka di Distrik 12 dihancurkan oleh Capitol. Menjelang akhir buku ini, hubungannya dengan Katniss memburuk karena ia merasa bertanggung jawab atas tewasnya adik Katnis, Prim. Meskipun pada akhirnya Katniss memaafkannya, Gale memutuskan untuk tetap di Distrik 2. Disebutkan bahwa selanjutnya Gale mendapat "pekerjaan yang hebat" di Distrik 2.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cast and crew for The Hunger Games". Diakses 2 Mei 2012. 
  2. ^ "Who Will You Support?". Scholastic. Diakses 3 Mei 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]