Avengers: Age of Ultron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Avengers: Age of Ultron
SutradaraJoss Whedon
ProduserKevin Feige
Ditulis olehJoss Whedon
Berdasarkan
Avengers
oleh
Pemeran
Penata musik
SinematograferBen Davis
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 22 April 2015 (2015-04-22) (Indonesia)
  • 01 Mei 2015 (2015-05-01) (Amerika Serikat)
Durasi141 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran
  • $444–495.2 juta (gross)[2][3]
  • $365 juta (net)[2]
Pendapatan
kotor
$1.403 miliar[4]

Avengers: Age of Ultron adalah orang Amerika tahun 2015 film pahlawan super berdasarkan Marvel Comics tim superhero Avengers. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, it is the sequel to The Avengers (2012) dan film ke-11 dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Ditulis dan disutradarai oleh Joss Whedon, film ini menampilkan sebuah kelompok pemeran termasuk Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Don Cheadle, Aaron Taylor-Johnson, Elizabeth Olsen, Paul Bettany, Cobie Smulders, Anthony Mackie, Hayley Atwell, Idris Elba, Linda Cardellini, Stellan Skarsgård, James Spader, dan Samuel L. Jackson. Dalam film tersebut, Avengers bertarung Ultron (Spader)—an kecerdasan buatan dibuat oleh Tony Stark (Downey) dan Bruce Banner (Ruffalo) yang berencana untuk membawa perdamaian dunia dengan menyebabkan kepunahan manusia.

Sekuelnya diumumkan pada Mei 2012 setelah rilis yang sukses The Avengers, dengan Whedon akan kembali sebagai penulis dan sutradara pada bulan Agustus. Whedon memperbarui asal Ultron agar film tersebut melibatkan tim Avengers MCU, dan memperkenalkan karakternya Pietro (Taylor-Johnson) dan Wanda Maximoff (Olsen) kepada siapa Marvel berbagi hak 20th Century Fox. Casting dimulai pada Juni 2013 dengan penandatanganan ulang Downey. Second unit syuting dimulai pada Februari 2014 di Afrika Selatan dengan pengambilan gambar utama berlangsung antara Maret dan Agustus, terutama di Shepperton Studios di dalam Surrey, Inggris. Rekaman tambahan difilmkan di Italia, Korea Selatan, Bangladesh, negara bagian New York, dan di sekitar Inggris. Dengan perkiraan anggaran produksi bersih sebesar $365 juta, film ini salah satu film termahal yang pernah dibuat.

Avengers: Age of Ultron ditayangkan perdana di Los Angeles pada 13 April 2015, dan dirilis di Amerika Serikat pada 1 Mei 2015, sebagai bagian dari Phase Two dari MCU. Film ini umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus dan meraup keuntungan kotor $1,4 miliar di seluruh dunia, menjadi film terlaris keempat tahun 2015 dan kelima-film terlaris sepanjang masa selama menjalankannya. Dua sekuel telah dirilis: Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Robert Downey, Jr., Jeremy Renner, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Cobie Smulders, Samuel L. Jackson, Chris Evans, Aaron Taylor-Johnson, Paul Bettany and James Spader speaking at the 2014 San Diego Comic Con International, for "Avengers: Age of Ultron", at the San Diego Convention Center in San Diego, California. Bantuan

Di negara Eropa Timur Sokovia, AvengersTony Stark, Thor, Bruce Banner, Steve Rogers, Natasha Romanoff, dan Clint Barton—raid a Hydra fasilitas yang diperintahkan oleh Baron Wolfgang von Strucker, yang telah bereksperimen pada manusia menggunakan tongkat yang sebelumnya dipegang oleh Loki. Mereka bertemu dengan dua subjek uji Strucker—saudara kembar Pietro (yang memiliki kecepatan super) dan Wanda Maximoff (yang memiliki kemampuan telepati dan telekinetik)—dan tangkap Strucker, sementara Stark mengambil tongkat Loki.

Stark dan Banner menemukan sebuah artificial intelligence dalam scepter's gem, dan diam-diam memutuskan untuk menggunakannya untuk menyelesaikan Stark's "Ultron" program pertahanan global. Ultron yang tiba-tiba hidup, percaya dia harus membasmi umat manusia untuk menyelamatkan Bumi, menghilangkan A.I. J.A.R.V.I.S. dan menyerang Avengers di their headquarters. Melarikan diri dengan tongkat kerajaan, Ultron menggunakan sumber daya di pangkalan Sokovia milik Strucker untuk meningkatkan tubuhnya yang belum sempurna dan membangun pasukan robot drone. Setelah membunuh Strucker, dia merekrut Maximoffs, yang menganggap Stark bertanggung jawab atas kematian orang tua mereka dengan senjata perusahaannya, dan pergi ke pangkalan pedagang senjata. Ulysses Klaue di dalam Johannesburg mendapatkan vibranium. Avengers menyerang Ultron dan Maximoffs, tetapi Wanda menaklukkan mereka dengan penglihatan yang menghantui, menyebabkan Banner berubah menjadi Hulk dan mengamuk sampai Stark menghentikannya dengan baju besi anti-Hulk miliknya.[a]

Serangan balasan di seluruh dunia atas kehancuran yang diakibatkannya, dan ketakutan yang ditimbulkan oleh halusinasi Wanda, membuat tim bersembunyi di rumah pertanian Barton. Thor berangkat untuk berkonsultasi dengan Dr. Erik Selvig di masa depan apokaliptik dia melihat dalam halusinasinya, sementara Nick Fury tiba dan mendorong tim untuk menyusun rencana menghentikan Ultron. Di Seoul, Ultron menggunakan tongkat Loki untuk memperbudak teman tim Helen Cho. Mereka menggunakan teknologi jaringan sintetiknya, vibranium, dan permata tongkatnya untuk membuat tubuh baru. Saat Ultron mengunggah dirinya ke dalam tubuh, Wanda mampu membaca pikirannya; menemukan rencananya untuk kepunahan manusia, Maximoff berbalik melawan Ultron. Rogers, Romanoff, dan Barton melawan Ultron dan mengambil tubuh sintetisnya, tetapi Ultron menangkap Romanoff. The Avengers bertarung di antara mereka sendiri saat Stark dan Banner diam-diam mengunggah J.A.R.V.I.S.—yang masih bekerja setelah bersembunyi dari Ultron di dalam Internet—ke dalam tubuh sintetis.

Thor kembali untuk membantu mengaktifkan tubuh, berdasarkan penglihatannya bahwa permata di dahinya adalah Batu Pikiran, salah satu dari enam Batu Keabadian, objek paling kuat yang pernah ada. Ini "Vision" mendapatkan kepercayaan mereka dengan layak mengangkat palu Thor, Mjölnir. Vision dan Maximoffs pergi bersama Avengers ke Sokovia, di mana Ultron telah menggunakan vibranium yang tersisa untuk membuat mesin untuk mengangkat sebagian besar ibu kota ke angkasa, berniat untuk menabraknya ke tanah untuk menyebabkan kepunahan global. Banner menyelamatkan Romanoff, yang membangunkan Hulk untuk pertempuran. Avengers melawan pasukan Ultron sementara Fury tiba di Helicarrier dengan Maria Hill, James Rhodes, dan S.H.I.E.L.D. agen untuk mengevakuasi warga sipil.

Pietro meninggal saat dia melindungi Barton dari tembakan, dan Wanda yang pendendam meninggalkan posnya untuk menghancurkan tubuh utama Ultron, yang memungkinkan salah satu drone miliknya mengaktifkan mesin. Kota merosot, tetapi Stark dan Thor membebani mesin dan menghancurkan daratan. Akibatnya, Hulk, yang tidak mau membahayakan Romanoff dengan bersamanya, pergi ke Quinjet, sementara Vision menghadapi dan menghancurkan tubuh terakhir Ultron yang tersisa. Kemudian, dengan Avengers didirikan a new base dijalankan oleh Fury, Hill, Cho, dan Selvig, Thor kembali ke Asgard untuk mempelajari lebih lanjut tentang kekuatan yang dia curigai telah memanipulasi peristiwa baru-baru ini. Saat Stark pergi dan Barton pensiun, Rogers dan Romanoff bersiap untuk melatih Avengers baru: Rhodes, Penglihatan,, Sam Wilson, dan Wanda.

Di sebuah mid-credits scene, Thanos melakukan tantangan[b] dan bersumpah untuk mengambil Batu Keabadian itu sendiri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

No.JudulMusikDurasi
1."Avengers: Age of Ultron Title"Brian Tyler0:43
2."Heroes" (not featured in the film)Danny Elfman2:07
3."Rise Together"Brian Tyler2:23
4."Breaking and Entering"Brian Tyler3:04
5."It Begins"Danny Elfman2:42
6."Birth of Ultron"Brian Tyler3:05
7."Ultron-Twins"Danny Elfman4:13
8."Hulkbuster"Brian Tyler4:32
9."Can You Stop This Thing?"Danny Elfman1:03
10."Sacrifice"Brian Tyler2:42
11."Farmhouse"Danny Elfman4:02
12."The Vault"Brian Tyler2:58
13."The Mission"Brian Tyler2:48
14."Seoul Searching"Brian Tyler2:48
15."Inevitability-One Good Eye" (not featured in film)Danny Elfman5:07
16."Ultron Wakes"Danny Elfman1:43
17."Vision"Brian Tyler3:47
18."The Battle"Brian Tyler4:24
19."Wish You Were Here"Brian Tyler1:36
20."The Farm"Danny Elfman1:14
21."Darkest of Intentions"Brian Tyler2:26
22."Fighting Back"Brian Tyler2:33
23."Avengers Unite"Danny Elfman1:08
24."Keys to the Past"Brian Tyler1:48
25."Uprising"Brian Tyler2:32
26."Outlook"Brian Tyler2:38
27."The Last One"Brian Tyler2:14
28."Nothing Lasts Forever"Danny Elfman1:57
29."New Avengers - Avengers: Age of Ultron"Danny Elfman3:09
Durasi total:1:17:26

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sedangkan nama armor anti-Hulk, biasanya disebut sebagai the "Hulkbuster" dalam buku komik, tidak diucapkan dalam film, sistem penyebaran dan sel penahanannya diberi nama kode "Veronica".[5][6] Sutradara Joss Whedon mengatakan bahwa nama tersebut mengacu pada karakter tersebut Veronica Lodge dari Archie Comics: "Saya baru saja memutuskan untuk menyebutnya Veronica karena [Bruce Banner] pernah jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Betty dan Veronica kebalikan dari itu," membuat koneksi ke Archie minat cinta, Betty Cooper.[6]
  2. ^ Infinity Gauntlet yang terlihat di akhir film tidak sama dengan yang terlihat di film Odin's lemari besi di Asgard di dalam Thor (2011).[7] Gauntlet Asgard diturunkan menjadi palsu Thor: Ragnarok (2017).[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BBFCRuntime
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama FilmLA
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama InfinityWarFinancialMuscle
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BOM
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama HulkbusterOfficial
  6. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Veronica
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Gauntlet
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama FakeGauntlet

Pranala luar[sunting | sunting sumber]