Kathryn Bigelow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kathryn Bigelow
Bigelow berbicara di Festival Film Internasional Seattle 2009
Lahir Kathryn Ann Bigelow
27 November 1951 (umur 63)
San Carlos, California, Amerika Serikat
Pekerjaan Sutradara film
Tahun aktif 1978–sekarang
Pasangan James Cameron (1989–1991)

Kathryn Ann Bigelow (lahir di San Carlos, California, 27 November 1951; umur 63 tahun) adalah sutradara film Amerika Serikat. Ia dikenal dengan film horor Near Dark (1987), film aksi Point Break (1991), dan film drama perang The Hurt Locker (2008) yang memenangi Academy Award.

Film The Hurt Locker menjadikan Bigelow sebagai wanita pertama yang memenangi Penghargaan Directors Guild of America untuk Penyutradaraan Terbaik, BAFTA Award untuk Penyutradaraan Terbaik, dan Academy Award untuk Sutradara Terbaik

Film ini juga memenangi Academy Award 2010 untuk Film Terbaik dan BAFTA Award untuk Film Terbaik, serta masuk nominasi Golden Globe Award untuk Drama Terbaik.

Masa kecil dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Bigelow dilahirkan di San Carlos, California, Amerika Serikat sebagai anak tungggal manajer pabrik cat dan ibu seorang pustakawan. Ia masuk ke dunia film setelah sebelumnya berkarier di bidang seni, sebagai fellow di Whitney Museum of American Art, New York City.[1]

Bigelow masuk program magister film di Universitas Columbia, tempatnya belajar teori dan kritik dan lulus dengan gelar magister. Di antara dosen yang mengajarnya terdapat tokoh-tokoh ternama seperti Vito Acconci and Susan Sontag.[2] Ia sempat pula bergabung dengan Art & Language dan bekerja sama untuk artis konseptualis Lawrence Weiner.[3] Ia juga bekerja sebagai pengajar di California Institute of the Arts.[4]

Karier sutradara[sunting | sunting sumber]

Film pendek pertama karya Bigelow adalah The Set-Up (1978), sebuah film dekonstruksi kekerasan dengan masa putar 20 menit. Film tersebut mengetengahkan "dua lelaki (termasuk Gary Busey) saling berkelahi satu sama lainnya sementara Sylvère Lotringer dan Marshall Blonsky melakukan dekonstruksi adegan dalam narasi."[2] Film cerita panjang pertama yang dibuatnya adalah film pengendara sepeda motor The Loveless (1982) yang disutradarainya bersama Monty Montgomery. Dalam film tersebut, Willem Dafoe dipakainya sebagai bintang utama. Film berikutnya adalah Near Dark (1987), skenario ditulisnya bersama Eric Red. Masih pada tahun yang sama, ia menyutradarai video musik untuk lagu New Order, "Touched by the Hand of God" yang dibuatnya sebagai olok-olok bagi citra musik heavy metal.

Eric Red kembali menjadi mitranya sebagai penulis untuk film Bigelow tahun 1990, Blue Steel. Film Blue Steel dibintangi Jamie Lee Curtis sebagai polisi muda yang dikuntit oleh pembunuh psikopat (diperankan oleh Ron Silver). Film berikutnya adalah Point Break (1991) yang dibintangi Keanu Reeves sebagai agen FBI yang menyamar sebagai peselancar. Reeves bergabung dengan kelompok peselancar sekaligus perampok bersenjata "Ex-Presidents" pimpinan Patrick Swayze. Sewaktu merampok bank, mereka mengenakan topeng mantan presiden Amerika Serikat, Reagan, Nixon, LBJ, dan Jimmy Carter. Pada tahun 1993, ia menyutradarai episode serial televisi Wild Palms.

Saya telah menghabiskan cukup banyak waktu untuk berpikir apa sebenarnya yang menjadi bakat saya, dan betul-betul percaya bakat saya adalah dalam mengeksplorasi dan memaksimalkan medianya. Ini bukan soal mematahkan peran gender atau tradisi gender.

—Kathryn Bigelow, tahun 2009[1]

Film Bigelow pada tahun 1995, Strange Days ditulis dan diproduseri oleh mantan suaminya, James Cameron. Pada tahun 1997 dan 1998, ia menyutradarai beberapa episode film seri Homicide: Life on the Street.

Bigelow pada tahun 2000 menyutradarai film The Weight of Water yang diangkat dari novel berjudul sama. Film mengisahkan dua orang wanita yang menjadi korban pembunuhan sadis.

Pada tahun 2002, ia menyutradarai K-19: The Widowmaker dengan bintang Harrison Ford. Film ini mengisahkan pengorbanan awak kapal selam nuklir Uni Soviet untuk mencegah bencana nuklir akibat reaktor nuklir kapal yang rusak.

Film berikut Bigelow adalah The Hurt Locker yang pertama kali diputar di Festival Film Venesia pada September 2008, dan diedarkan di Amerika Serikat pada Juni 2009. Film ini berhak mengikuti perebutan Piala Oscar 2010 karena belum diputar di Los Angeles hingga pertengahan 2009. Film ini berlatar belakang perang di Irak, dan menurut Metacritic memperoleh "sambutan universal",[5] serta rating 97% "fresh" dari "Top Critics" Rotten Tomatoes.[6] Film The Hurt Locker dibintangi oleh Jeremy Renner, Brian Geraghty dan Anthony Mackie, serta cameo oleh Guy Pearce, David Morse dan Ralph Fiennes. Berkat film ini, Bigelow memenangi penghargaan Directors Guild of America untuk Sutradara Film Cerita Terbaik, sekaligus wanita pertama yang memenangi penghargaan tersebut. Gelar Film Terbaik dan Sutradara Terbaik juga diperolehnya dalam Penghargaan Film British Academy ke-63 pada tahun 2010.[7] Ia juga menjadi wanita pertama yang menerima Piala Oscar untuk Sutradara Terbaik untuk film The Hurt Locker.[8]

Karya di bidang lain[sunting | sunting sumber]

Bigelow pernah menjadi model untuk iklan busana Gap, dan berakting sebagai redaktur surat kabar dalam film Born in Flames (1983) karya sutradara Lizzie Borden.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dari 1989 hingga 1991, Bigelow menikah dengan rekan sesama sutradara James Cameron. Pada Academy Awards ke-82, 7 Maret 2010, keduanya dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik, namun dimenangi oleh Bigelow.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Kreditasi sebagai[9] Keterangan
Sutradara film Produser film Penulis skenario Pemeran
1982 The Loveless Ya Ya
1983 Born in Flames Ya Redaktur surat kabar
1987 Near Dark Ya Ya
1990 Blue Steel Ya Ya
1991 Point Break Ya
1995 Strange Days Ya
2000 The Weight of Water Ya
2002 K-19: The Widowmaker Ya Ya
2008 The Hurt Locker Ya Ya Academy Award untuk Sutradara Terbaik

Academy Award untuk Film Terbaik

Festival Film AFI Dallas: Dallas Star Award

Alliance of Women Film Journalists Award untuk Sutradara Terbaik

Alliance of Women Film Journalists Award untuk Sutradara Wanita Terbaik

Austin Film Critics Association Award untuk Sutradara Terbaik

Boston Society of Film Critics Award untuk Sutradara Terbaik

British Academy of Film and Television Arts BAFTA Award untuk Film Terbaik

British Academy of Film and Television Arts BAFTA Award untuk Penyutradaraan Terbaik

Broadcast Film Critics Association Award untuk Film Terbaik

Broadcast Film Critics Association Award untuk Film Terbaik

Chicago Film Critics Association Award untuk Film Terbaik

Universitas Columbia: Penghargaan "Andrew Sarris"

Penghargaan Denver Film Critics Society untuk Film Terbaik

Penghargaan Directors Guild of America untuk Pencapaian Penyutradaraan Terbaik dalam Film Layar Lebar

Hollywood Film Festival: Sutradara Terbaik

Penghargaan Houston Film Critics Society untuk Sutradara Terbaik

Kansas City Film Critics Circle Award untuk Sutradara Terbaik

Las Vegas Film Critics Society Award untuk Sutradara Terbaik

Los Angeles Film Critics Association Award untuk Sutradara Terbaik

London Film Critics Circle Award untuk Sutradara Terbaik

National Society of Film Critics Award untuk Sutradara Terbaik

New York Film Critics Circle Award untuk Sutradara Terbaik

Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kathryn Bigelow: Road Warrior" - wawancara yang diterbitkan Juni 2009 di majalah Newsweek
  2. ^ a b Manohla Dargis, "Action!", New York Times, June 18, 2009. Diakses pada 27 Juni 2009.
  3. ^ Nicolas Rapold, "Interview: Kathryn Bigelow Goes Where the Action Is", Village Voice, June 23, 2009. Diakses pada 27 Juni 2009.
  4. ^ Kathryn Bigelow – Filmmaking at the Dark Edge of Exhilaration", Harvard Film Archive, July 1, 2009. Diakses pada 17 Desember 2009.
  5. ^ (Inggris) The Hurt Locker di Metacritic
  6. ^ "The Hurt Locker (2009) "Top Critics"". Rotten Tomatoes. 2009-12-15. Diakses 2009-07-08. 
  7. ^ "Prince William becomes President at 2010 BAFTA awards; Kathryn Bigelow wins best director". New York Daily News. 2010-02-22. Diakses 2010-02-23. 
  8. ^ "Kathryn Bigelow makes history as first woman to win best director Oscar". The Guardian. 2010-03-08. Diakses 2010-03-08. 
  9. ^ "Kathryn Bigelow > Filmography". Allmovie. Diakses July 3, 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]