Harold Elliot Varmus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Harold Varmus
HEVarmus.jpg
Lahir 18 Desember 1939 (umur 75)
Oceanside, New York, U.S.
Bidang Cell biology
Alma mater Amherst College
Harvard University
Columbia University
Dikenal karena Retroviral oncogenes
Penghargaan 1989 Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran

Harold Elliot Varmus (lahir 18 Desember 1939 di Long Island) adalah salah satu penerima (bersama dengan John Michael Bishop) Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1989 atas penemuan asal sel dari onkogen retrovirus.

Pada 1957, Varmus masuk Amherst College, mempelajari Sastra Inggris. Ini kemudian disusul dengan studi pascasarjana di Harvard University yang selesai pada tahun 1962, juga dalam bidang Sastra Inggris. Pada tahun itu juga, ia pindah ke Columbia College of Physicians and Surgeons. Antara 1966-1968, ia bekerja sebagai perwira medis di Columbia-Presbyterian Hospital lalu bergabung di laboratorium Ira Pastan di National Institutes of Health sebagai kolega klinik. Pada 1970, ia menjadi mahasiswa pascadoktoral di UC San Francisco. Dari 1972, Varmus menjadi anggota reguler fakultas di Jurusan Mikrobiologi dan Imunologi, naik sebagai profesor pada 1979.

Antara 1993-2000, ia menjabat sebagai direktur di Lembaga Kesehatan Nasional. Sejak Januari 2000, ia telah menjabat sebagai pimpinan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York City. Ia adalah salah satu pendiri dan ketua dewan direktur Public Library of Science, sebuah penerbit akses terbuka nirlaba.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Kelompok kehormatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]