Grand Theft Auto IV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Grand Theft Auto IV
GTAIV Logo.jpg
Sampul Grand Theft Auto 4 dengan beberapa gambar adegan permainan, termasuk pemeran protagonis Niko Bellic dan temannya Phil Bell & Little Jacob
Pengembang Rockstar North
Rockstar Toronto (PC)
Penerbit Rockstar Games
Perancang Simon Lashley
Keith McLeman
Seri Grand Theft Auto
Aplikasi dasar permainan RAGE
Euphoria
Genre Sandbox, third-person shooter, action-adventure
Mode Single-player, multiplayer

Grand Theft Auto IV (GTA IV) adalah permainan komputer/game 3D generasi keenam dari serial Grand Theft Auto. Game yang dikembangkan oleh Rockstar North ini telah diluncurkan untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 di Oseania, Eropa, dan Amerika Utara pada 29 April 2008, dan di Jepang pada 30 Oktober 2008. Versi untuk Windows dari game ini sudah diluncurkan di Amerika Utara pada 2 Desember 2008 dan di Eropa pada 3 Desember 2008.

Majalah TIME memberi penghargaan pada game ini sebagai "Game of the Year" pada tahun 2008.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Grand Theft Auto IV menceritakan kisah Niko Bellic, seorang veteran perang Bosnia, yang dihantui oleh pengkhianatan unit militernya. Sepuluh tahun kemudian ia bekerja sebagai penyeludup , Niko meninggalkan Eropa Timur, untuk menghindari kemarahan majikannya, Ray Bulgarin. Setelah enam bulan di angkatan laut pedagang ia mendapat kabar dari sepupunya Roman mengajak Niko datang ke Liberty City untuk mengejar "Impian Amerika" serta mencari pengkhianat unitnya. Setelah sampai di Liberty City Niko menyadari bahwa kisah Roman yang penuh kekayaan dan kemewahan bohong belaka, yang sebenarnya dipenuhi dengan hutang judi dan kekerasan.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]