Tetikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mengoperasikan tetikus mekanikal.
1. Bola akan berputar saat tetikus digerakkan.
2. Penggulung X dan Y mencengkeram bola tersebut dan memindahkan gerakan.
3. Cakram menerjemahkan gerakan menjadi kode optis lewat lubang cahaya.
4. LED inframerah memancar lewat cakram.
5. Sensor mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y.

Tetikus atau mouse adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain dengan papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.[1]

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart yang berbahan dasar kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan tiga tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama Indikator Posisi X-Y.

Bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua tombol utama, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Mouse modern umumnya dilengkapi dengan tombol gulir yang juga dapat ditekan sebagai tombol ketiga. Walaupun demikian, komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan Mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Ada berbagai jenis tikus yang bisa digunakan. Mulai dari mouse trackball, mouse optik, mouse serial, mouse PS2, mouse USB, hingga mouse wireless. Dari berbagai jenis mouse, mouse jenis wireless merupakan keluaran terbaru yang dapat dioperasikan tanpa menggunakan kabel.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Tetikus komputer diberi nama sedemikian rupa karena kemiripannya dengan hewan pengerat.

Penggunaan tertulis paling awal dari istilah mouse yang mengacu pada alat penunjuk komputer ialah dalam publikasi Bill English pada bulan Juli 1965, "Computer-Aided Display Control" kemungkinan besar berasal dari kemiripannya dengan bentuk dan ukuran tikus, seekor hewan pengerat, dengan kabel tetikus menyerupai ekor tikus.[2][3][4] Popularitas tetikus nirkabel (tanpa kabel) membuat kemiripannya kurang tampak.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Berkas:Mousepatent ball vbr.png
Paten bola tetikus pertama. Sebelah kiri adalah roda trek berlawanan oleh Englebart, dengan nomor paten 3541541 (Inggris) November 1970. Gambar tengah adalah bola dan roda oleh Rider, dengan nomor paten 3835464 (Inggris) September 1974. Kanan adalah bola dan dua penggelinding oleh Opocentsky, dengan nomor paten 3987685 (Inggris) Oktober 1976.
Berkas:Tetikus bola copot vbr.jpg
Bagian dalam tetikus mekanikal yang dibuka. Bagian bawah adalah tetikus, kiri atas adalah bola, dan kanan atas adalah pengait.
Berkas:LogiTech Optical Mouse Vibriel.jpg
Tetikus optis buatan Logitech bersensor laser dengan ketelitian mencapai 4.800 titik per inci, nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio.
Berkas:First Computer Mouse pic 2.jpg
Tetikus pertama di dunia.
Berkas:Optiknya Tetikus (Vibriel).jpg
Optik laser tetikus optis.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BBC: Tetikus kesebiliun diproduksi
  2. ^ Oxford English Dictionary, "mouse", sense 13
  3. ^ Bardini, Thierry (2000). Bootstrapping: Douglas Engelbart, Coevolution, and the Origins of Personal ComputingPerlu mendaftar (gratis). Stanford: Stanford University Press. hlm. 98. ISBN 978-0-80473871-2. 
  4. ^ English, William K.; Engelbart, Douglas C.; Huddart, Bonnie (July 1965). Computer-Aided Display Control (Final Report). Menlo Park: Stanford Research Institute. hlm. 6. Diakses tanggal 2017-01-03.