Tablet grafis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tablet grafis (Inggris: Graphic Tablet) adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.

Sebuah tablet grafis terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.

Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai-helai rambut (crosshairs) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju. Sementara Pena digital (disebut juga stilus) mirip dengan pena, hanya saja memakai tidak memakai tinta melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.

Operasi[sunting | sunting sumber]

Tablet Pasif 
Tablet pasif, yang diperkenalkan oleh Wacom, menggunakan teknologi induksi elektromagnetik, dimana kabel horizontal dan vertikal dari tablet beroperasi sebagai pengirim dan penerima gulungan-gulungan (coils). Tablet membangkitkan sinyal elektromagnetik, yang diterima oleh LC circuit pada pena. Kabel di dalam tablet kemudian mengubah mode penerimaan dan membaca sinyal yang dimunculkan oleh pena. Sistem pengaturan modern juga menyediakan sensitivitas tekanan dan tombol (seperti tombol pada tetikus), dengan perangkat elektronik untuk menampilkan informasi pada pena itu sendiri, bukan pada tablet. Dengan menggunakan sinyal elektromagnetik, tablet dapat merasakan posisi stilus, tanpa stilus tersebut harus menyentuh permukaan tablet, dan memperkuat pena dengan sinyal ini berarti alat-alat yang digunakan berhubungan dengan tablet tidak memerlukan baterai.
Tablet Aktif 
Perbedaannya dengan tablet pasif terletak pada stilus. Kekuatan stilus pada tablet aktif bergantung pada baterai internal, bukan pada tablet. Pena ini menciptakan energi sendiri untuk kemudian membangkitkan sinyal pada tablet. Dengan menghilangkan kewajiban untuk memasok energi pada pena, berarti tablet akan dapat memperoleh sinyal pada pena secara konstan, karena ia tidak harus menggantikan sinyal dan mode penerima, sehingga pengirmian sinyal akan lebih efisien.


Pada kedua teknologi ini, tablet dapat menggunakan sinyal yang diterimanya untuk menentukan jarak dari pena ke permukaan tablet, angle atau posisi stylus, dan informasi lain yang berkaitan dengan posisi atau arah pena di atas permukaan untuk kemudian diterjemahkan menjadi gambar atau sketsa.

Jika dibandingkan dengan layar sentuh, tablet memiliki keakuratan yang lebih tinggi dan dapat menerima informasi yang lebih banyak pada stylus. Hanya saja memang memerlukan biaya yang lebih mahal.

Aksesoris[sunting | sunting sumber]

Aksesoris utama pada tablet ialah puck untuk kegunaan desain pada aplikasi CAD (Computer-Aided Design). Puck terbuat dari semacam area plastik bening yang berisi helaian menyerupai rambut (crosshairs) untuk menciptakan keakuratan saat menggambar atau tracing. Diikuti oleh stylus yang kini tersedia dalam berbagai variasi model dan aksesoris lain yang juga tersedia dalam berbagai variasi bentuk, warna, dan harga.

Stilus[sunting | sunting sumber]

Stilus memiliki tingkat sensitivitas terhadap tekanan terhadap tablet yang beragam. Pada tablet yang murah hanya mampu menerima 256 level tekanan, sementara tablet normal 512 level, dan tablet profesional mampu menangkap 1024 level tekanan. Kebanyakan stylus terdiri dari minimal satu buah tombol, dan umumnya dua, hampir sama halnya dengan fungsi tetikus.

Stylus eraser[sunting | sunting sumber]

Stylus modern sudah banyak yang memiliki yang dibentuk dan diletakkan paa pangkal pena, dan dilengkapi oleh sirkuit tambahan agar pena dapat digunakan bergantian dengan penghapusnya ini pada kutub yang bertolak belakang. Stylus eraser berfungsi untuk menghapus bagian-bagian dari gambar yang salah atau bahkan seluruh tampilan warna dari gambar. Selain itu juga mempunyai fungsi yang disesuaikan pada beberapa aplikasi desain.

Tetikus[sunting | sunting sumber]

Dapat digunakan dengan dua mode. Pertama mode absolut, dimana posisi mouse pada layar langsung berhubungan dengan lokasi fisik tetikus pada tablet. Kedua mode relatif, dimana berfungsi mirip tetikus biasa, biasanya digunakan untuk penunjuk berkecepatan tinggi (high-speed pointing). Mouse ini biasanya terdiri dari beberapa tombol dan juga memiliki sensitivitas tekanan seperti stylus.

Puck[sunting | sunting sumber]

Puck berbeda dengan tetikus karena memiliki crosshairs untuk menghasilkan coretan yang lebih akurat dalam menggambar atau tracing. Selain itu juga memiliki banyak tombol dan fitur-fitur yang ditujukan untuk pemakaian aplikasi CAD. Biasanya hanya terdapat di beberapa tablet.

Airbrush[sunting | sunting sumber]

Banyak tablet yang dilengkapi dengan stilus yang fungsinya menyerupai kuas (Inggris : Airbrush) untuk menggambar, seringkali dilengkapi dengan perangkat tambahan seperti finger-operated wheels untuk menelusuri coretan yang dibuat agar sesuai dengan maksud si pemakai. Namun airbrush ini sangat langka dan mahal.

Art pens[sunting | sunting sumber]

Salah satu fitur tambahan pada stylus yang memberi kemampuan pada tablet dalam mengenali rotasi pada pena dengan posisi-posisi dan tekanan yang tidak lazim, juga membolehkan aplikasi tersebut untuk memutar pena, membentuk ulang pena, atau bahkan digunakan untuk informasi tambahan yang seringkali dipakai untuk menghasilkan goresan pena (brush strokes) yang terlihat lebih realistis.

Screen[sunting | sunting sumber]

Graphic tablet /screen hybrid (atau tablet/LCD hybrid) adalah tablet grafis yang merupakan gabungan antara LCD dengan tablet itu sendiri, yang membolehkan penggunakanya untuk menggambar langsung pada permukaan display, artinya hasil gambar akan tampak langsung di area menggambar.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan Umum[sunting | sunting sumber]

Dengan fungsinya yang dapat mendeteksi gerakan dan langsung menerjemahkannya pada layer monitor komputer, tablet sangat membantu dalam pekerjaan komputer grafis, khususnya desain dua dimensi. Namun beberapa paket aplikasi desain seperti The GIMP, Corel Painter, Inkscape, Photoshop, Pixel image editor, Studio Artist, the Crosfield imaging system, Quantel Paintbox, dan lainnya, biasanya mendukung penggunaan pada tablet untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan grafis dengan memodifikasi tools-nya.

Di Asia Timur, tablet biasa dipakai untuk pengerjaan input method editor software (IMEs) untuk menulis huruf atau abjad Cina, Jepang, dan Korea (CJK). Teknologi ini menawarkan cara berinteraksi yang lebih natural dibandingkan jika menggunakan keyboard. Tablet juga populer digunakan untuk menggambar dalam bidang teknik dan CAD. Tablet grafis tersedia dalam ukuran dan harga yang bervariasi; ukuran A6 yang relatif murah dan A3 yang jauh lebih mahal. Tablet modern biasanya tersambung dengan komputer lewat USB interface.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi Online[sunting | sunting sumber]

Referensi Gambar[sunting | sunting sumber]

Referensi Tertulis[sunting | sunting sumber]

  • Mirabito, M.A.M. & Morgenstern, B.L, New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact, 5th Edition, UK: Focal Press, 2004
  • Gogirl Magazine, Techno Babe Issue, edisi 20 September 2006. hal.65
  • Materi kuliah Perkembangan Teknologi dan Komunikasi "Komputer dan Internet" oleh Dosen S1-Reguler Departemen Komunikasi FISIP UI - Irwansyah, MA
  • ZR - 0905010948

Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Perusahaan yang memproduksi Tablet :

  • Wacom
  • KYE Corp atau dikenal dengan GENIUS
  • Kanvus
  • Hanvon
  • XP-Pen
  • I-ball (graphic tablet)
  • Vistablet