Perang Yugoslavia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perang Yugoslavia
Tanggal 1991-2001
Lokasi Yugoslavia: Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Makedonia, Montenegro, Serbia, Slovenia
Hasil Kemerdekaan negara-negara baru

Perang Yugoslavia adalah berbagai konflik dan kekerasan yang terjadi di Yugoslavia selama tahun 1990-an hingga 2001. Peperangan ini berciri konflik etnis antara warga Yugoslavia, kebanyakan antara bangsa Serbia melawan Kroasia, Bosnia dan Albania; di Bosnia dan Herzegovina perang terjadi antara Bosnia dan Kroasia, sementara di Makedonia antara bangsa Makedonia dan Albania. Perang ini berakhir dengan kekacauan ekonomi Yugoslavia.

Sering disebut sebagai perang paling mematikan di Eropa setelah terjadinya Perang Dunia, perang ini berciri terjadinya kejahatan perang dan pembersihan etnis besar-besaran.[1] Perang ini adalah perang pertama setelah terjadinya Perang Dunia II yang dianggap sebagai genosidal dan banyak tokoh kunci perang ini yang dituduh melakukan kejahatan perang.[2] International Criminal Tribunal for the former Yugoslavia (ICTY) didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengusut kejahatan perang selama perang ini.

Ketegangan di Yugoslavia meningkat sejak awal tahun 1980-an. Di tengah kesulitan ekonomi, Yugoslavia menghadapi bangkitnya nasionalisme di antara grup etnis.

Perang ini terbagi menjadi dua bagian:

  • Perang selama pecahnya Yugoslavia
1. Perang di Slovenia (1991)
2. Perang Kemerdekaan Kroasia (1991-1995)
3. Perang Bosnia (1992-1995)
  • Perang di wilayah yang dihuni bangsa Albania:
1. Perang Kosovo (1998[3]-1999)
2. Konflik Serbia Selatan (2000-2001)
3. Konflik Makedonia (2001)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]