Vlastimir Đorđević

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Vlastimir Đorđević (lahir pada 1948 di Koznica, Serbia) adalah seorang kolonel jenderal Serbia. Ia belajar di Fakultas Hukum di Universitas Bograd. Đorđević pernah menjabat sebagai Asisten Menteri pada Departemen Dalam Negeri Serbia, dan Kepala Departemen Keamanan Masyarakat di Departemen Dalam Negeri. Pada 1997 Đorđević dinaikkan pangkatnya dari letnan jenderal menjadi kolonel jenderal melalui dekret presiden. Ia tetap menjabat sebagai Asisten Menteri dan Kepala Departemen Keamanan Masyarakat hingga Januari 2001. Hingga 17 Juni 2007, ia diyakini bersembunyi di Rusia. Pada pagi hari 17 Juni 2007, Đorđević ditangkap di Montenegro, dekat kota Budva.

Vlastimir Đorđević
Dordevic Tahun 2014
Lahir17 November 1948 (umur 75)
Koznica, Republik Sosialis Serbia, Yugoslavia
Pengabdian Yugoslavia
 FR Yugoslavia
Dinas/cabangPolisi Serbia
PangkatLetnan Jenderal
Perang/pertempuranPemberontakan di Kosovo (1995–1998)
Perang Kosovo

Saat dalam pelarian Kolonel Jenderal Vlastimir Đorđević dituduh melakukan kejahatan perang di Kosovo. Ia dituduh ikut ambil bagian dalam penindasan yang dilakukan Serbia atas warga Albania di Kosovo pada 1999. Sebagai Kepala Departemen Keamanan Masyarakat, ia bertanggungjawab dalam memastikan bahwa semua satuan Departemen itu di Serbia dan Kosovo melaksanakan perintah-perintah yang mereka terima.

Đorđević ditangkap di Montenegro pada 17 Juni 2007. Dari Montenegro, Đorđević dipindahkan ke Den Haag (Belanda). Ia diyakini melarikan diri ke Rusia pada 2001 segera setelah penemuan sejumlah makam massal yang berisi ratusan mayat warga Kosovo di seluruh Serbia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]