Media Create

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Media Create (株式会社メディアクリエイト, Kabushiki Gaisha Media Kurieito) adalah perusahaan Jepang yang mengumpulkan dan menganalisis data dari industri hiburan digital, khususnya berfokus pada pasar konsol permainan video di Jepang.[1] Operasi bisnis meliputi penerbitan, riset pasar, dan konsultasi. Ini adalah situs web populer bagi orang-orang yang tertarik mempelajari perangkat lunak video game terbaru dan angka penjualan perangkat keras dari Jepang. Perusahaan menerbitkan "Laporan Industri Game Tahunan" setiap tahun.

Angka penjualan mingguan[sunting | sunting sumber]

Pada hari Jumat (Waktu Standar Jepang), situs web resmi Jepang diperbarui dengan video game penjualan lima puluh teratas dari minggu sebelumnya, serta angka penjualan perangkat keras untuk Nintendo Switch, Nintendo DS , Nintendo DS Lite, Wii, PlayStation 5, PlayStation 4, PlayStation 3, PlayStation Portable, PlayStation 2, GameCube, Game Boy Advance, Game Boy Advance SP, Game Boy Micro, Xbox Series X/S, Xbox, dan Xbox 360. Angka penjualan hanya disediakan untuk dua puluh game teratas dalam daftar, tetapi ada angka untuk game lainnya dalam daftar dan seterusnya; mereka harus dibayar dan berlangganan. Situs web berbahasa Inggris hanya memposting peringkat penempatan game dan peringkat persentase perangkat keras.

Persaingan[sunting | sunting sumber]

Media Create bersaing dengan Enterbrain Famitsu dan MediaWorks' Dengeki PlayStation di pasar untuk menyediakan data penjualan game Jepang. Karena ada tiga perusahaan pelacakan yang berbeda, akan selalu ada tiga nomor penjualan yang berbeda untuk judul perangkat lunak dan perangkat keras apa pun. Perusahaan mana yang harus dipercaya adalah masalah perdebatan, karena tidak satu pun dari tiga pelacak utama yang 100% akurat dan siapa pun yang melacak jumlah penjualan tertinggi untuk judul tertentu berfluktuasi.

Nintendo mengutip data penjualan Media Create selama konferensi dan presentasinya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What's Media Create?". Media Create Co., Ltd. Diakses tanggal 6 February 2014. Media Create gathers and analysis [sic] data from the digital entertainment industry, specifically forcusing [sic] on the Japanese gaming market. Business operations include publishing, market research and consulting. 
  2. ^ Satoru Iwata (2008-10-02). "Nintendo Conference Fall 2008". Nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-01. Diakses tanggal 2008-10-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]