Bandar Udara Pattimura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bandara Pattimura)
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara International Pattimura
IATA: AMQICAO: WAPP
Ikhtisar
Jenis bandara Sipil
Lokasi Ambon, Maluku Selatan, Indonesia
Ketinggian 10 m (33 f)
Koordinat 3°42′36″LU 128°5′20″BT / 3,71°LS 128,08889°BT / -3.71000; 128.08889
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
04/22 8.202 2.500 aspal
Bandara Pattimura Ambon

Bandara Pattimura adalah bandara yang terletak di Ambon, Maluku Selatan. Bandara ini juga melayani kedatangan dalam negeri dengan luas landasan 2.500 m² dan luar negeri dengan luas landasan 400 m2. Bandara ini berjarak 38 kilometer dari kota Ambon. Pada bandara ini terdapat fasilitas imigrasi, karantina, bea cukai, gedung kargo, restoran, telepon umum dan kantor pos. Bandar Udara Pattimura Ambon yang terdapat pada salah satu pulau di kepulauan Maluku merupakan daerah yang sangat strategis. Kepulauan Maluku mempunyai banyak pulau yang terbagi dalam 2 (dua) Provinsi yaitu Maluku Utara dengan ibu kota Ternate dan Maluku dengan ibu kota Ambon.

Bandar Udara Pattimura Ambon berada di pulau Ambon Provinsi Maluku terletak pada posisi koordinat 03° 42’ 25’’ S dan 128° 05’ 23’’ T yang dikelilingi oleh lautan disebelah Utara laut Seram, Selatan laut Banda dan Timur laut Arafura. Bandar Udara Pattimura yang dahulu bernama Lapangan Terbang Laha Ambon dibangun pada tahun 1939 oleh Pemerintah Penjajah Belanda. Pada tahun 1942 Lapangan Terbang Laha dikuasai oleh pendudukan Jepang untuk melawan pasukan Sekutu dalam Perang Dunia II. setelah kemerdekaan RI tahun 1945 Lapangan Terbang Laha dikuasai oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Tahun 1975 berdasarkan surat keputusan bersama Menhankam/Pangab, Menteri Perhubungan dan Menteri Keuangan. Pelabuhan Udara Pattimura ditetapkan sebagai Lapangan terbang sipil dan sepenuhnya dikuasai oleh Departemen Perhubungan. Sejak tahun 1975 Pelabuhan Udara Pattimura telah didarati pesawat asing Air North dari Darwin sampai tahun 1998. Pada tanggal 11 Oktober 1995 Pengelolaan bandar udara Pattimura Ambon dialihkan sepenuhnya kepada PT. Angkasa Pura I (Persero) dan berstatus sebagai bandar Udara Kelas I. Pada tanggal 3 Maret 2004 Proyek Pengembangan Bandar Udara Pattimura diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Maskapai[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Garuda Indonesia Jakarta, Makassar, Surabaya
Garuda Indonesia Ternate, Langgur, Saumlaki (Dimulai 1 Desember 2014)
Batik Air Jakarta, Makassar, Surabaya
Lion Air Makassar, Surabaya, Jakarta
Wings Air Fak Fak, Kaimana, Langgur, Sorong, Nabire, Manokwari, Saumlaki
Aviastar Namlea, Namrole, Neira, Wahai, Kisar
Sriwijaya Air Makassar, Ternate
Trigana Air Service Langgur, Saumlaki, Dobo, Namrole
Express Air Saumlaki, Ternate
Deraya Air Bula
Travira Air Babo, Makassar, Jakarta

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]