Bandar Udara Gewayantana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandara Gewayantana
GEWAYANTANA AIRPORT.jpg
IATA: LKAICAO: WATL
Ikhtisar
Jenis bandara Sipil
Lokasi Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Ketinggian 9 m (30 f)
Koordinat 08°16′28.36″LS,123°00′08.38″BT
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
10/28 7.448 2270 Beton

Bandar Udara Gewayantana adalah bandar udara yang terletak di Desa Tiwatobi, Kecamatan Ile Mandiri, Larantuka Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Tahun depan landasan pacu di bandar udara ini akan di perpanjang menjadi 2.199 kali 45 ms (7,215 × 148 kaki) maskapai Citilink, Aviastar, tujuan (Tembilahan, Labuhan Bajo, Bima, Batam & Natuna) Batik Air tujuan (Jakarta, Banjarmasin, Rengat, Natuna, Cikarang, Kediri, Ternate, Sampang & Gunung Sitoli), Jhonlin Air Transport, kal star aviation, Minangkabau Betawi Airlines (rencana), MASwings, Gatari Air Service, Japan Airlines, Indonesia AirAsia, AirAsia X dan Air Niugini. Jarak bandara ini dari pusat kota Larantuka sekitar 10 km. Akses untuk mencapai kota ada Angkutan Kabupaten Flores Timur dan BUS Shantika dan BUS Harapan Jaya pilihan yang ada juga mobil travel atau ojek.

Sejak Agustus 2014, Bandara ini diserahkan pengelolaannya kepada sebuah BUMN yang membidangi pengelolaan beberapa bandara di wilayah timur Indonesia, yaitu PT. Angkasa Pura 2 (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Flores Timur.

Bandara Gewayantana merupakan bandara perintis yang kecil dengan fasilitas sederhana. Gedung terminalnya sangat kecil, dengan ruangan besar dan Rumah adat NTT. Terminal kedatangan kira-kira hanya berukuran 25 x 20 meter. Tak ada troli, tak ada conveyor belt. Jadi, bagasi akan dibagikan langsung oleh petugas bandara kepada para penumpang sesuai nomor masing-masing. Namun, di balik fasilitasnya yang sederhana, Bandara Gewayantana mempunyai keistimewaan tersendiri. Tak lain adalah suasana bandara yang bersih dan asri serta panorama di sekitarnya yang menakjubkan. Begitu turun dari pesawat, penumpang akan disambut taman kecil dengan bunga-bunga cantik aneka warna dan di kejauhan, tampak pemandangan Gunung Ile Mandiri yang menjulang setinggi 1.700 meter sebagai latar belakangnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]