Zeffry Alkatiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Zeffry J. Alkatiri atau lebih dikenal dengan nama Zeffry Alkatiri (lahir di Jakarta, 30 Agustus 1959; umur 59 tahun) adalah seniman sekaligus akademikus berkebangsaan Indonesia. Namanya tercatat sebagai salah satu pengajar dan peneliti di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Zeffry Alkatiri merupakan salah satu penerima Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa melalui karyanya, Post Kolonial dan Wisata Sejarah dalam Sajak, untuk kategori puisi, tahun 2012. Penghargaan serupa, tahun itu, juga diberikan kepada Okky Madasari melalui karyanya, Maryam untuk kategori Prosa.[1][2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Zeffry Alkatiri lahir di Jakarta pada 30 Agustus 1959. Besar di Jakarta dalam keluarga campuran Arab-Betawi. Dia menyelesaikan pendidikan sarjananya pada Program Studi Rusia Fakultas Sastra Universitas Indonesia tahun 1986. Di kampus yang sama, kemudian dia melanjutkan Program Pascasarjana melalui konsentrasi bidang Kajian Wilayah Amerika, tahun 1996. Sedangkan gelar doktoralnya ditempuh pada bidang Ilmu Sejarah, juga di Universitas Indonesia, tahun 2006. Zeffry Alkatiri menulis buku fiksi dan nonfiksi. Salah-satu buku sajaknya berjudul Dari Batavia sampai Jakarta 1619-1999: Sejarah dan Kebudayaan Betawi-Jakarta dalam Sajak mengantarkan namanya memenangi hadiah pertama Buku Sajak Terbaik dari Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki tahun 2000. Pada 2002, buku itu kembali mendapatkan hadiah Buku Sastra Terbaik Pertama dari Yayasan Buku Utama IKAPI.

Aktivitas dan kiprah kesenian Zeffry Alkatiri lebih terkonsentrasi pada masalah sejarah sosial dan budaya sekitar Jakarta. Dia pernah menjadi redaksi di majalah budaya Kita Sama Kita (2003-2004) dan pernah menjadi kolumnis tetap pada majalah Moesson, het Indisch Maanblad Belanda (2004-2006) yang mengulas tentang perkembangan Kota Batavia sampai Jakarta. Di ranah akademik, Zeffry Alkatiri berprofesi sebagai pengajar dan peneliti di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Depok.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]