Yohanes 20:15

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yohanes 20:15
Yesus Muncul di Hadapan Magdalena karya Fra Angelico. Yesus ditampilkan memegang kapak, melambangkan pikiran Maria bahwa ia adalah tukang kebun.
KitabInjil Yohanes
Bagian Alkitab KristenPerjanjian Baru
20:14
20:16

Yohanes 20:15 adalah ayat ke-15 dari pasal kedua puluh dari Injil Yohanes dalam Perjanjian Baru dari Alkitab Kristen. Ayat tersebut mengisahkan saat Maria Magdalena kembali ke makam Yesus dan mendapatinya kosong. Ia tak mengetahui bahwa Yesus telah kembali dan mereka mulai berbincang tanpa menyadari identitas-Nya.

Isi[sunting | sunting sumber]

Kata Yesus kepadanya: "Ibu,
mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?"
Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman,
lalu berkata kepada-Nya:
"Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia,
katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia,
supaya aku dapat mengambil-Nya."

Analisis[sunting | sunting sumber]

Menurut Yohanes, "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" adalah hal pertama yang Yesus katakan setelah kebangkitan. Bagian pertama "mengapa engkau menangis?" mengulang pernyataan yang dibuat oleh para malaikat dalam Yohanes 20:13. Yesus menambahkan "Siapakah yang engkau cari?"

Ini adalah satu-satunya ayat dalam Alkitab dimana kata tukang kebun, kepourous, disebutkan. Kata tersebut sering muncul dalam karya-karya sekuler dari masa itu. Kata tersebut diyakini berhubungan dengan Yohanes 19:41, yang menyebutkan bahwa Yesus dimakamkan di sebuah taman. Yohanes adalah satu-satunya Injil yang menyebutkannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
Yohanes 20:14
Injil Yohanes
Pasal 20
Dilanjutkan oleh
Yohanes 20:16