Yohanes 20:18

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yohanes 20:18
Sebuah patung ukiran kayu Santa Maria Magdalena membawa buli pualam, diambil dari makam yang ditemukan kosong (c. 1480-1530, akhir Gothik-Renaisans Utara)
KitabGospel of John
Bagian Alkitab KristenPerjanjian Baru
20:17
20:19

Yohanes 20:18 adalah ayat kedelapan belas dari Injil Yohanes dalam Perjanjian Baru. Ayat tersebut mengisahkan kebangkitan dan kemunculan Yesus di hadapan Maria Magdalena. Dalam ayat sebelumnya, Yesus memberikan pesan kepada Maria untuk disampaikan kepada para murid, dan ayat ini menyebut bagaimana ia menyampaikannya.

Isi[sunting | sunting sumber]

Menurut Textus Receptus, dalam teks bahasa Yunani Koine aslinya adalah:[1]

ἔρχεται Μαρία ἡ Μαγδαληνὴ ἀπαγγέλλουσα τοῖς μαθηταῖς ὅτι ἑώρακεν τὸν κύριον καὶ ταῦτα εἶπεν αὐτῇ

Terjemahan:

Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

Analisis[sunting | sunting sumber]

Catatan yang diberikan dalam Injil Yohanes berbeda dari catatan dalam Injil-injil Matius, Markus, dan Lukas, meskipun seluruh empat injil tersebut mengisahkan pertemuan antara Maria dan para murid, dan menyebut kemunculan lainnya dari Yesus. Dalam Markus 16:7 dan Matius 28:7, (para) malaikat memberikan tugas kepada wanita tersebut untuk memberitahukan bahwa Yesus akan muncul di Galilea kepada para murid. Sementara dalam Lukas 24:33, dua murid dari Emaus kembali ke Yerusalem untuk memberitahukan sebelas murid. Namun dalam Yohanes, Maria Magdalena adalah orang yang mengabarkan pertemuannya dengan Yesus dan pesan-Nya.[2]

Yohanes tak menyebut bagaimana para murid menanggapi pesan Maria, namun tanggapan yang diperkirakan adalah tak lebih baik ketimbang saat mereka mendengar laporan makam kosong dari wanita tersebut (Lukas 24:9–11).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Greek Text Analysis: John 20:18. Biblehub
  2. ^ Kieffer 2007, hlm. 997.
  3. ^ Carson, D. A. (1991). The Gospel According to John. Pillar New Testament commentary (edisi ke-reprint). Wm. B. Eerdmans Publishing. hlm. 646. ISBN 9780851117492. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
Yohanes 20:17
Injil Yohanes
Pasal 20
Dilanjutkan oleh
Yohanes 20:19