Wikipedia:Nggak ada yang peduli dengan band garasimu

Halaman ini mengandung materi yang dianggap lucu. Halaman ini mungkin juga mengandung sebuah nasihat.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ini adalah Esai Humor di Wikipedia bahasa Indonesia
Esai ini berisi lelucon yang merupakan komentar atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor Wikipedia. Esai ini bukan merupakan kebijakan dan pedoman Wikipedia, meskipun esai ini mungkin saja mengandung nasihat.

Ada banyak sekali topik yang tidak dipedulikan oleh siapa pun di Wikipedia. Dalam hal band baru, perlu diingat bahwa jumlah halaman baru yang cukup tinggi adalah mengenai "band garasi" (ya, karena cuma main di dalam studio kecil sebesar garasi rumah orang tuamu) atau "Yet Another Myspace (atau Facebook atau YouTube) Band", singkatnya "YAMB".

Penulis, terutama pematroli halaman baru, mencoba mengenali halaman band garasi atau band Myspace/Facebook/YouTube; dan pembuat halaman tersebut dapat mengerti kenapa halaman mereka dihapus dengan cepat (biasanya karena kurangnya indikasi yang kredibel tentang kelayakannya atau promosi secara terang-terangan). Biasanya, band ini tidak pernah terikat kontrak, tidak pernah merilis album (atau hanya CD yang diproduksi sendiri), dan artikel tentang mereka ditulis oleh pihak mereka sendiri.

Ciri khas[sunting sumber]

Meskipun artikel Wikipedia tentang band yang tidak dikenal dibuat oleh penulis di seluruh dunia, artikel band garasi sering ditulis oleh anggota dari band itu sendiri. Artikel band garasi umumnya memiliki beberapa karakteristik:

Judul[sunting sumber]

Banyak band garasi yang cenderung memberi nama artikel mereka dengan judul yang sangat sesuai, seperti Band Gue (band) bukan hanya Band Gue, bahkan ketika tidak ada alasan untuk mengaburkan judul artikel. Jika artikel baru memiliki "(band)"—terutama gaya kapitalisasi yang salah "(Band)"—dalam judulnya, kemungkinan besar ini adalah artikel band garasi. Tata bahasa yang buruk juga dapat terlihat di isi artikel.

Format[sunting sumber]

  • Huruf kapital nggak sesuai EYD: Mereka yang menulis tentang band garasi umumnya lupa bahwa penggunaan huruf kapital pada kata benda adalah keterampilan penting saat menulis, termasuk:
    • Penulis lupa menggunakan huruf besar untuk nama band mereka di judul artikel (misalnya, "Pembawa Kegelapan" akan muncul sebagai "Pembawa kegelapan").
    • Terlalu Banyak Kapitalisasi: Nggak Perlu Menempatkan Huruf Kapital Pada Setiap Kata, Dan Sebuah Artikel Sudah Pasti Dihapus Selain Sulit Dibaca.
  • Formatnya nggak jelas: Karena 99,9% pembuat halaman band garasi nggak memiliki pengalaman sebelumnya dengan Wikipedia dan sistem pemformatannya, halaman band garasi sering kali nggak memiliki markah sesuai standar wiki. Beberapa ciri-ciri umumnya:
    • tidak ada pembagian bab atau bagian, kadang-kadang menempatkan semuanya dalam satu paragraf. Bahkan jika mereka mencoba membagi konten menjadi beberapa bagian, mereka nggak mau taat format, seperti== ANGGOTA = ;
    • tidak ada pranala internal, kotak info, kategori, oranala luar (kecuali ke halaman Myspace/Facebook/YouTube band itu), atau apa pun selain teks;
    • menggunakan tanda enter yang berlebihan dan serampangan (↵);
    • menggunakan spasi di depan paragraf, menyebabkan mekanisme pra-pemformatan secara tidak sengaja;
    • penggunaan tanda seru yang berlebihan; dan
    • penebalan teks berlebihan: Pembawa kegelapan akan mengguncang dunia!

Gaya dan konten[sunting sumber]

Band ini tampil dengan baik di festival rakyat Polandia, tetapi mereka sendiri bahkan mendeskripsikan diri mereka sebagai "hardcore" ketika pemain klarinet utama mereka mencoba menulis artikel Wikipedia mereka.
  • Penggunaan kata "hardcore": Semua band garasi, yang bukan "hardcore" sekalipun tampaknya suka menggambarkan diri mereka seperti itu.
  • Penggunaan nama panggilan: Dalam band hardcore atau death metal, semua atau beberapa anggota band mungkin memiliki nama panggilan (John "Bones" Smith, Tim "Cutesy" Carnoy, dll.); dan, dalam beberapa kasus, hanya nama panggilan yang akan diberikan ("dan pada bass, Deth-Hölder").
  • Penyebutan alat musik: Bahkan mereka menyebut model dan nomor peralatan musik secara mendetail, sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa mereka memang di-endorse, atau di bawah keyakinan keliru bahwa kamu hanya ingin memberitahu teknik menciptakan karya yang seindah lembayung senja di dalam CD-mu yang belum dirilis. (Sebaliknya, jika artikel tersebut memiliki banyak kutipan ke sumber tepercaya dan merupakan artikel unggulan seperti Jimi Hendrix, kami mungkin meloloskanmu dengan sekelumit info tentang alat musikmu... jika artikel tersebut berkontribusi sebanyak Hendrix pada sejarah musik.)
  • Nggak punya album yang dirilis: Artikel tersebut menunjukkan bahwa band tersebut belum merilis album apa pun, atau masih rencananya; atau cuma sebatas mixtape.
  • Nggak patuh sudut pandang netral: Terlalu banyak opini, hiperbola, dan pujian tertentu.
  • Nyebutin perusahaan atau label palsu: Artikel tersebut mungkin menyertakan perusahaan rekaman, perusahaan produksi, atau label rekaman palsu biar kelihatan valid.
  • Terus mencoba untuk mendramatisir dan memuji: Banyak halaman band garasi akan menyertakan daftar anggota band yang diformat dengan buruk, bersama dengan daftar "pencapaian" mereka yang mungkin omong kosong. Kamu juga mungkin pantang menyerah untuk terus menyertakan kontak yang bisa jadi meragukan dan tidak disengaja dengan selebritas, band terkenal, atau tokoh industri rekaman. Padahal dalam sebuah artikel tentang band yang sudah layak memiliki artikel, nada ensiklopedis akan digunakan dan bebas dari pujian palsu serta drama.
  • Nyebutin pertunjukan lokal yang akan datang: Karena kamu meyakini, My-Wikipedia-Space adalah ruang beriklan yang gak perlu bayar.
  • Frasa tertentu:
    • "...punya mimpi. . ."
    • "... sedang naik daun ..." (atau, lebih buruk lagi, "yang akan datang . . ." )
    • "... mengguncang ... bagai badai. . ."
    • "... tetap semangat . . ."

Mereka peduli nggak sih dengan bandku?[sunting sumber]

Cukup dengan dua kata: Bodo amat. Fakta bahwa satu-satunya "sumber" tentang bandmu adalah halaman webmu, halaman Myspacemu, blog saudaramu, dan buletin pribadimu, hanya mengindikasikan "ketenaran" bandmu hanya sebatas di keluarga dan kerabatmu.

Namun kamu harus tahu, berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah artikel kamu layak di Wikipedia. Jika satu atau lebih dari yang berikut berlaku, maka sama sekali nggak ada yang peduli. (Definisi yang lebih formal dapat ditemukan di pedoman Wikipedia tentang kelayakan dalam musik, tetapi kamu tidak ingin menguras otakmu dengan membaca itu, bukan?)

  • Kamu cuma eksis di Facebook, Myspace, YouTube, Twitter, iTunes, Spotify, Bandcamp, dan/atau SoundCloud: Ya, kami memang sudah menyebutkannya di atas, tapi ada baiknya diulangi lagi. Karena semua orang dapat membuat konten di salah satu situs ini, menambah banyak referensi dari situs tersebut tidak akan menarik perhatian siapa pun. Jika kamu nggak disebutkan dalam sumber terpercaya seperti surat kabar nasional atau majalah yang beredar luas, kamu belum berhak memiliki artikel tersendiri di Wikipedia.
  • Kamu belum pernah mengeluarkan album "secara real": Mengeluarkan album asli berarti album tersebut dirilis oleh perusahaan rekaman, atau didistribusikan secara luas oleh label independen. Minimal albummu harus memiliki lisensi dari organisasi industri rekaman dan penulis lagu seperti RIAA atau ASCAP di Amerika Serikat, PRS for Music di Inggris, atau ASIRI di Indonesia; serta CD-mu harus berteknologi glass master. Hanya sebatas burning CD di komputer dan mencoba menjualnya, atau merilis musik Anda ke podcast, melalui iTunes, atau di halaman Myspace nggak akan dihitung sebagai "rilis".
  • Bandmu lagi nyariin anggota: Sebagian besar halaman Wikipedia tentang band garasi biasanya mengumumkan bahwa mereka "masih nyari gitaris", atau posisi lainnya. Jika band Anda masih mencari orang, maka bodo amatlah, kecuali pencarian ini telah menjadi subjek artikel seperti Rolling Stone.
  • Kamu belum gelar tur secara "nyata": Layaknya album, gelar tur nggak berarti tampil di acara perpisahan sekolah, taman kota, dan sebagainya. Kamu harus diundang untuk bermain di tempat khusus bermusik yang layak.
  • Kamu nggak dapet duit: Entah itu karena kamu hanya berdendang dengan teman-temanmu (alih-alih menjadi band profesional) ataupun karena nggak ada yang mau mbayarin kamu untuk ndengerin musikmu. Jika bandmu nggak menghasilkan duit, kami nggak akan memasukkannya di Wikipedia.
  • Kamu baru saja bikin band kemarin sore: Berhenti, duduk santai, tunggu sebentar, dan lihat apakah kamu benar-benar akan membuat band, karena kemungkinan besar kamu nggak akan bikin band sejati. Wikipedia diperuntukkan bagi band-band yang sejati, bukan untuk mereka yang berangan-angan akan menjadi band (dan tentu saja bukan untuk band-band yang kemungkinan besar tidak akan pernah menjadi band sejati).
  • Satu-satunya yang kamu banggakan adalah ikut lomba Pertarungan Antar Band: Pertarungan Antar Band adalah lomba lokalan yang dirancang untuk mencari bakat lokal, bukan memberimu kontrak rekaman musik. Bahkan jika kamu juara 1 pun, nggak akan ada yang jamin band kamu layak memiliki artikel, dan ada ribuan band yang lebih baik di luar sana.
  • Polisi sering datang selama sesi latihanmu dan menyuruh kamu untuk nggak ganggu aktivitas tetanggamu: Meskipun hal ini mungkin membuat tetanggamu peduli dengan band garasimu (dan memang demikian), itu tidak membuat kamu terkenal dengan cara yang benar.
  • Belum ada orang lain yang pernah menulis artikel Wikipedia tentangmu: Ini adalah salah satu indikasi paling jelas bahwa nggak ada orang yang peduli dengan bandmu. Contohnya adalah artikel Wikipedia tentang The Beatles tidak dirintis oleh Paul McCartney (anggotanya sendiri).
  • Kamu nggak tau apa nama bandnya: Ya, itu sering terjadi.

Di ruang nama pengguna[sunting sumber]

Artikel semacam ini seringkali berakhir di ruang nama pengguna, "karena penyunting sedang mencari referensi tambahan". Seringkali, artikel ini kemudian ditinggalkan begitu saja karena memang hanya ditulis untuk tujuan promosi, dan dapat segera dihapus di WP:UP-L atau per WP:KPC#U11 — {{db-promo}}— tentang upaya promosi terang-terangan.

Ya, kami kadang kurang sopan. Namun, penting untuk diingat bahwa Wikipedia bukanlah kumpulan sebarang informasi. Dan jika kita mengendurkan standarnya, kualitas keseluruhan ensiklopedia akan menurun. Kamu mungkin nganggep band garasimu penting, tetapi kami membutuhkan prestasi tingkat nasional dan internasional yang signifikan — terutama dari kritikus musik dan jurnalis musik yang diterbitkan dalam sumber yang dapat dipercaya —. Kalau memang demikian, mengapa ribuan band garasi yang sudah manggung di sana-sini tak kunjung layak juga? Anda juga harus menyadari bahwa artikel tentang kamu belum tentu perlu ada; jika Billboard suatu hari pernah menulis "Band ini tidak diragukan lagi memiliki suara terburuk yang pernah masuk ke telinga saya", maka itu bisa masuk dimasukkan ke artikel bandmu dengan mengutip Billboard sebagai sumbernya. Meskipun perhatian semacam ini mungkin berkontribusi pada klaim kalayakan bandmu, apakah itu yang kamu inginkan? Layak dan terkenal karena berita negatif dan sensasi belaka?