Mixtape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sebuah mixtape di dalam Compact Cassette dengan label tulisan tangan: "Funky Stuff"

Mixtape adalah sebuah kompilasi musik, biasanya dari berbagai sumber, direkam ke suatu medium. Asal-usul mixtape berasal dari 1980an, istilah ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan kompilasi musik buatan rumah yang direkam ke pita kaset, CD, atau pada daftar lagu digital. Lagu-lagu dalam mixtape ditempatkan secara berurutan atau dibuat di dalam program berkelanjutan dengan beatmatching atau membuat transisi yang mulus di bagian awal dan akhir dengan menghilangkan volume secara perlahan atau dengan memberhentikan lagu secara mendadak.[1] Eseis Geoffrey O'Brien mendeskripsikan definisi mixtape ini sebagai "kemungkinan bentuk seni yang paling sering dipraktekkan orang Amerika".[2][3]

Pada budaya musik hip hop dan R&B, sebuah mixtape seringkali digambarkan sebagai album yang diproduseri sendiri atau dirilis secara independen yang diterbitkan secara gratis untuk mendapatkan perhatian publik atau menghindari pelanggaran hak cipta. Namun, istilah ini telah digunakan untuk beberapa rilisan yang diterbitkan dengan menghasilkan keuntungan pada tahun 2010an, sehingga perbedaan antara rilisan yang merupakan mixtape dan rilisan yang merupakan album studio atau album mini menjadi kabur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mixtape". Merriam Webster. Diakses tanggal 2012-04-04. 
  2. ^ Resnick, Michael (2006). "BurnLists: The Digital "Mix Tape" Comes of Age". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Desember 2006. Diakses tanggal 2007-01-15. 
  3. ^ Rosen, Jody (2004-04-29). "Unforgettable". The Nation. Diakses tanggal 2017-07-13.