Wikipedia:Artikel tentang kamu belum tentu perlu ada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah sebuah esai di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.
Pingin menulis artikel tentang dirimu? Berhati-hatilah, karena "cerminan" akan menampilkan sepak terjang dan kehidupan pribadimu yang ingin kamu hadirkan.

Apa kamu berencana menulis artikel Wikipedia tentang dirimu? Apakah kamu berencana membayar seseorang untuk menulis artikel atas namamu? Sebelum kamu lanjut membaca tulisan ini, coba luangkan waktu untuk memahami secara menyeluruh prinsip dan kebijakan Wikipedia, terutama salah satu kebijakan terpentingnya, kebijakan sudut pandang netral (SPN).

Wikipedia itu menjunjung tinggi netralitas. Artikel tentang kamu yang ditulis oleh siapa pun harus netral secara editorial. Maksudnya, tidak akan memihak pada mana yang baik dan mana yang buruk tentangmu dari sumber tepercaya, terverifikasi, dan dapat diandalkan. Mereka tidak bermaksud untuk mempromosikanmu. Bukan berarti kebaikan mengungguli keburukanmu. Artikel itu berisi informasi faktual tentangmu dari sumber independen dan terpercaya.

Ini akan menghasilkan pendapat campuran.

Beberapa capaian atau peristiwa yang baik dan yang buruk akan memberikan indikasi kelayakanmu dalam artikel Wikipedia. Setelah kamu menjadi selebritas, kehidupan pribadimu akan selalu terungkap. Namun tiada yang sempurna, jadi kesalahanmu bahkan diberitakan, lalu berakhir di Wikipedia. Bahkan jika kamu telah terbebas dari drama dan skandal, dan artikelmu tak mengandung dosa-dosamu, pada suatu saat di masa depan dosa-dosamu akan masuk di Wikipedia. Lalu ketenaranmu akan menjadi dosa yang tersebar ke mana-mana. Ya, Wikipedia itu publikasi! Dicerminkan dan disalin di semua tempat. Banyak wartawan menggunakan Wikipedia sebagai referensi, sehingga informasi tentang kesalahan yang berakhir di Wikipedia dan terbitan lain yang dapat dipercaya dapat diumbar kembali.

Latar belakang[sunting sumber]

Pingin caper belum tentu jadi patokan.

Tak ada yang bisa dibanggakan dari artikelmu. Kebijakan sudut pandang netral akan memastikan bahwa kebaikan dan keburukanmu akan dipertanggungjawabkan, tidak boleh dikaburkan, dan pedoman konflik kepentingan (COI) membatasi kemampuanmu untuk menyunting sisi negatif dirimu. Ada konsekuensi untuk mengabaikan ini, dan "Hukum Konsekuensi Tak Terduga" berlaku di Wikipedia.[1] Jika kesalahanmu kecil dan kamu merasa tidak bersalah, kamu tak perlu takut, tetapi jangan berkeinginan memiliki artikel tentang "kamu", karena itu sama sekali bukan "milikmu". Setelah itu hadir Wikipedia, rekam jejakmu bakalan dilihat oleh masyarakat dunia dan tak bisa dibalikkan lagi.

Contohnya, Tiger Woods adalah pegolf paling berprestasi, tetapi kekalahannya disebutkan dalam artikelnya.[2] Michael Phelps meraih medali emas terbanyak dalam sejarah Olimpiade, tetapi penangkapan dalam kondisi mabuk pada tahun 2004 dan 2014 dan foto pipa bong yang diterbitkan pada tahun 2009 disebutkan Wikipedia, tidak melanggar pedoman biografi Wikipedia. Rolf Harris dianggap sebagai kebanggaan bangsa selama beberapa dekade, tetapi kasus pelecehan anak yang melibatkannya dilaporkan secara luas di media massa, dan bertentangan dengan kebijakan netralitas Wikipedia untuk tidak memasukkannya.

Pejabat yang dipilih dalam Pemilu (seperti kepala negara atau kepala pemerintahan bergantung pada negara), artis dengan kesuksesan komersial, penulis materi yang diterbitkan, dan atlet profesional dapat menyertakan detail kehidupan pribadi mereka untuk menerima liputan.

Meski adanya artikel Wikipedia dapat membuat kamu bisa sok-sokan jadi selebritas, siapkan untuk mengungkap kehidupan pribadi Anda. Jika kamu ditilang di jalan, dan itu dilaporkan di media massa, bahkan itu dapat berakhir nampang di Wikipedia. Jika rumahmu disita KPK dan dilaporkan di banyak media massa, lalu kasus itu bakal nampang juga di artikel Wikipedia. Dan jika kamu berdebat di hadapan publik, seseorang dapat melaporkannya melalui sumber tepercaya, dan kami pun merasa adil untuk menghadirkannya di Wikipedia.

Jadi, apakah artikel Wikipedia tentang dirimu layak sebagai resume atau CV? Pasti tidak. Pada resume atau CV, kamu berkeinginan menulis rekam jejak terbaik darimu. Tapi jika artikel semakin bagus, artikel itu mungkin mengatakan sesuatu yang sangat berbeda di hari berikutnya. Wiki memang seperti itu, informasi dapat berubah. Jadi berhati-hatilah — atasanmu, pacarmu, atau siapa pun yang bikin kamu terkesan padanya memikirkan hal baik tentangmu pada suatu hari, tetapi kemudian bisa hilang begitu saja rasa hormat itu pada hari berikutnya. Semua karena informasi yang diverifikasi dengan baik di artikelmu.

Semoga jika kamu siap hadir untuk muncul di artikel Wikipedia yang akan memenuhi semua pedoman penyertaan yang ada, kamu sudah tahu seperti apa rasanya jadi orang terkenal, serta memahami risiko dari apapun yang mereka katakan tentangmu, dan apa yang kamu harapkan.

Hal penting yang harus diperhatikan[sunting sumber]

Tugu peringatan telah didirikan. Mungkin diabaikan oleh sebagian besar orang yang lewat, tetapi pasti akan diperhatikan oleh seseorang.

Ada beberapa hal lain yang harus kamu ketahui agar siap untuk menjadi artikel tentangmu. Bisa jadi baik atau buruk, tergantung pada harapanmu.

  • Karena informasi harus dapat diverifikasi, ini dapat mempersulit atau tidak mungkin mempertahankan informasi negatif yang ditambahkan ke artikel tentangmu. Jika informasi ditambahkan menurut pedoman, kamu tak bisa memberi tahu "sudut pandangmu" dari cerita tersebut atau memberikan tanggapan selain dari yang telah dilaporkan dalam sumber yang dapat dipercaya.
  • Mayoritas istilah, saat kamu masukkan ke dalam pencarian Google, akan mengungkapkan 1–2 artikel Wikipedia dengan judul yang cocok dalam 10 besar, dan kebanyakan 2 hits pertama. Jika ada artikel tentangmu, dan namamu di-google, apalagi jika jarang, kemungkinan artikel tersebut muncul sebagai hits pertama.
  • Wikipedia memiliki banyak sekali situs cerminan. Jika namamu sebelumnya tidak pernah ditemukan melalui pencarian Google, dan tiba-tiba ada artikel tentangmu, itu mungkin menghasilkan puluhan hit Google yang semuanya merupakan variasi dari artikel versi sekarang atau versi sebelumnya.
    Kadang versi lawas artikel berisi pernyataan menghina yang tidak akurat serta tidak tunduk pada koreksi editorial tanpa proses yang panjang, sulit dan dalam beberapa kasus hampir tidak mungkin untuk menemukan, menghubungi, dan membujuk orang yang mengendalikan halaman web yang menyinggung untuk melakukan koreksi yang kamu inginkan. Litigasi mungkin diperlukan, tetapi menghamburkan pengeluaran di muka dan mungkin tidak akan berhasil.
  • Ada situs web bernama Deletionpedia yang menyimpan salinan artikel Wikipedia yang dihapus. Bahkan jika kamu atau orang lain berhasil menghapus artikel tentangmu, artikel itu mungkin muncul di sana.
  • Halaman sembarang dapat muncul dengan mengeklik tab "Halaman sembarang" di sebelah kiri. Meski tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti seberapa sering artikel acak dicari, setiap kali jumlah ini terjadi melebihi jumlah artikel Wikipedia, ada kemungkinan besar (sekitar 63,2%) bahwa artikel tentangmu akan ditampakkan kepada seseorang. Kecuali jika kamu sangat terkenal, orang itu mungkin tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentangmu, dan tidak mungkin terlalu peduli dengan satu atau lain cara siapa kamu atau apa yang telah kamu lakukan. Namun, orang tersebut dapat memeriksa kelayakan artikel tersebut, atau mencari masalah lain.
  • Bahkan jika tidak ada hal buruk dibicarakan di artikelmu, vandalisme di Wikipedia cukup umum, dan sering dirusak pada suatu waktu. Termasuk di antaranya, berbagai penambahan, penghapusan, dan perubahan lainnya, ujaran kebencian, kata-kata tidak senonoh, gambar yang tidak pantas, pranala luar, atau hanya tulisan ngawur. Vandalisme dapat dibalikkan, tetapi kecuali jika diawasi, akan tampil secara permanen dalam riwayat suntingan. Sebagian besar riwayat penyuntingan kemungkinan diabaikan kecuali jika memiliki arti penting. (Versi lama yang tetap ada untuk beberapa waktu sering dikloning menggunakan robot.)
  • Jika kamu berbagi namamu dengan orang lain, kemungkinan artikel itu dapat orang lain temukan halaman disambiguasi atau catatan atas yang mungkin tertarik membaca artikelmu karena penasaran. Misalnya, artikel penyanyi pop Michael Jackson. Mungkin ada catatan atas yang bertuliskan Untuk kegunaan lain, lihat Michael Jackson (disambiguasi) . Halaman itu mencantumkan lusinan orang yang tak seterkenal orang ini. Artikel tentang James Joyce (sang novelis) berisi hatnote yang berbunyi Artikel ini membahas penulis abad ke-20 dengan pranala yang mengarah ke artikel tentang orang lain bernama James Joyce, misalnya wasit bisbol dan politisi abad ke-19 . Kamu mungkin tak berharap bahwa pembaca yang mencari informasi tentang orang tertentu akan membaca tentang orang yang berbeda di bidang yang tidak terkait hanya karena orang yang berbeda itu berbagi nama yang mirip-mirip (misalnya kamu mungkin tak menginginkan seseorang mencoba mencari tahu tentang penulis bernama James Joyce untuk membaca tentang anggota kongres bernama James Joyce hanya karena nama yang sama), tetapi ada banyak orang yang penasaran
  • Jika kamu tidak memaksakan diri agar artikelmu mejeng di Wikipedia, tetapi artikel tersebut dibuat tanpa keterlibatanmu, kamu mungkin perlu memulai sesuatu. Liputan negatif tentang kamu mungkin sudah diketahui seseorang. Tetapi karena Wikipedia memadukan banyak sumber informasi tentang kamu bersama-sama, sesuatu yang tidak diketahui oleh pembaca dari satu sumber luar mungkin tiba-tiba diketahui hanya karena pembaca Wikipedia diberikan akses cepat ke berbagai sumber. Selain diringkas di dalam artikel, catatan kaki sering kali berupa pranala luar, dan pembaca dapat mengekliknya dan membaca secara lengkap sesuatu yang tidak mereka ketahui. Jadi, jika Sumber X hanya mengatakan hal-hal baik tentang kamu, dan Sumber Y menyertakan beberapa hal yang kurang baik, seseorang yang mengandalkan Sumber A (yang memikirkan hal-hal baik tentang kamu) dan kemudian memutuskan juga untuk membaca Wikipedia mungkin tiba-tiba belajar tentang apa yang ada di Sumber B.

Bagaimana pedoman Konflik Kepentingan berlaku[sunting sumber]

Tidak ada kepemilikan artikel[sunting sumber]

Kamu tidak memiliki artikel dan tidak pernah bisa mengontrol apa yang ada di dalamnya. Baca pedoman konflik kepentingan (COI). Hal ini berlaku untukmu dan membatasi kemampuanmu untuk mengedit materi negatif apa pun dari "artikelmu". Ada konsekuensi serius jika kamu mengabaikan pedoman ini karena Hukum Konsekuensi yang Tidak Diinginkan selalu berlaku:

Jika kamu menulis di Wikipedia tentang dirimu, kelompokmu, perusahaanmu, atau hewan peliharaanmu, setelah artikel dibuat, kamu tidak berhak mengontrol kontennya, dan tidak berhak menghapusnya kecuali menggunakan saluran normal kami. Isi tidak dihapus hanya karena seseorang tidak menyukainya. Setiap pengguna dapat menambahkan atau menghapus materi dari artikel sesuai ketentuan kebijakan konten kami. Jika ada sesuatu yang tersedia untuk umum tentang topik yang tidak ingin kamu sertakan dalam sebuah artikel, kemungkinan akan menemukan jalannya di sana pada akhirnya. Lebih dari satu pengguna telah membuat artikel hanya untuk mempertunjukkan jatidirinya ditampilkan dalam jangka panjang yang buruk oleh editor lain. Jika kamu terlibat dalam perang suntingan dalam upaya untuk mendapatkan versi yang kamu sukai, akses penyuntinganmu mungkin akan diblok, mungkin secara permanen.
Tambahannya, jika artikelmu ditemukan tidak layak, artikel tersebut akan dihapus, sesuai dengan kebijakan penghapusan kami. Oleh karena itu, jangan membuat artikel promosi atau lainnya secara enteng, terutama terkait topik yang kamu minati.

Dilarang menulis autobiografi[sunting sumber]

Kebijakan mendasar berkaitan dengan artikel kelayakan sebagaimana yang terdapat dalam sumber pihak ketiga. Di sini banyak biografi tokoh yang mulanya tidak begitu terkenal, tetapi dengan memeras bermacam-macam publisitas, maka terciptalah sebuah biografi pada akhirnya. Mereka berpikir itu sesuatu yang bagus, tetapi banyak yang akhirnya menyesal. Ingat, banyak orang penting berharap mereka tidak memiliki biografi di sini. Bahkan ada yang mengancam akan menuntut Wikipedia untuk menghapusnya, tetapi hanya sedikit yang berhasil, sedangkan lainnya tidak.

Biografi haruslah ditulis oleh orang lain yang bisa menunjukkan kelayakan seseorang karena mereka cukup dikenal, bukan karena teman atau anggota keluarga menganggap mereka cukup dikenal daripada yang sebenarnya. Kami melarang otobiografi di sini, sehingga jika kamu memulai artikel dan berpikir kamu dapat mempromosikan dirimu dengan artikel hagiografi, kamu akan segera menemukan bahwa kamu tidak dapat memiliki segalanya. Mengapa? Karena "otobiografimu" akan segera berubah menjadi biografi. Menurut kebijakan kami, bila artikel "dipublikasikan", sudah terlambat bagi penulis untuk melakukan banyak hal untuk membuatnya tetap positif, terutama karena berkat SPN, detail yang mungkin tidak mengenakkan dapat ditambahkan, sebagaimana mestinya. Upaya semacam itu bisa dianggap mengganggu dan dianggap melanggar kaidah SPN. Jika penulis telah menyesal bahwa rincian tersebut telah ditambahkan dan me(nyalah)gunakan fitur "usulan penghapusan" (UP) untuk memohon agar artikel tersebut dihapus, pembelaan tersebut dianggap melanggar kaidah SPN. Mereka harus tahu tentang peringatan konflik kepentingan di atas, tetapi mereka egois dan mengabaikannya. Sayang. Banyak orang menyebut ini imbalan yang adil dari upaya menyalahgunakan Wikipedia untuk promosi atau advokasi. Kami tidak menulis hagiografi atau brosur penjualan di sini, dan kami tidak membolehkanpengapuran.

Ingat ini ensiklopedia serius, bukan layanan hos web gratis tempat artikelmu dapat ditulis dan ditampilkan di "papan reklame" terbesar di dunia. Bila kamu menyalahgunakan Wikipedia untuk menulis hagiografi, lalu menyalahgunakan proses UP untuk membatalkan konsekuensi yang tidak diinginkan tidak akan berhasil dan dianggap melanggar kebijakan. Kamu mungkin bahagia bila artikel yang melanggar kebijakan "lolos verifikasi", tetapi kamu akan menyesal begitu kami menyuntingnya demi kebijakan SPN. UP menyasar tepat di jantung kebijakan sakral kami, SPN. Pasti tanggapan untuk UP semacam itu adalah menjaga artikel dengan konten negatifnya dan membuatnya lebih baik.

Apa amanat dari semua ini? Mencari ketenaran memerlukan pengorbanan, dan pengorbanan itu mungkin sebuah artikel di sini! "Makin tinggi didaki, makin keras jatuhnya." Promosi diri bukanlah hal yang baik, karena "sombong pangkal kejatuhan".

Artikel tentang perusahaan dan organisasi[sunting sumber]

Seperti artikel tentangmu dan orang terdekatmu, artikel tentang perusahaan dapat menghadapi masalah yang sama. Menarik jika perusahaan yang kamu mulai, lalu kamu perlu ada artikel Wikipedia, tetapi ingat, artikel tidak boleh dibuat untuk menjual barang atau jasa, atau untuk mempranalakan ke situs yang melakukannya (walaupun situs perusahaan itu sendiri mungkin terkait). Artikel di sini bukanlah brosur penjualan.

Bukan di sini untuk mempromosikan perusahaan dan organisasinya; melainkan untuk menceritakan topik tersebut dari sudut pandang netral, menggunakan informasi yang dipublikasikan tentangnya di sumber yang dapat dipercaya. Termasuk mencakup kritik terhadap perusahaan.

Kami memiliki koleksi artikel perusahaan dan organisasi yang memuat kritik terhadapnya. Kami tidak bermaksud merusak reputasi perusahaan atau organisasi. Pikiran negatif tentang entitas ini mungkin telah diketahui oleh sebagian masyarakat, dan opininya dapat dirumuskan dengan baik dalam berbagai cara dan sudah dikenal di kalangan masyarakat jauh sebelum artikel semacam itu ditulis, tetapi begitu artikel itu ditulis, lebih banyak orang akan tahu.

Bahkan skandal bersumber tunggal yang melibatkan perusahaan yang sedang berkembang, atau bahkan sudah lama berdiri, dapat berakhir di Wikipedia. Misalnya, Peanut Corporation of America akhirnya muncul di Wikipedia sebagai akibat dari skandal keamanan pangan. Skandal itu jelas bukan disebabkan artikel Wikipedia yang menjadi penyebab kehancurannya, melainkan perusahaan tersebut tidak menyebutkannya di Wikipedia sampai skandal itu menjadi berita, dan artikel tersebut tentu tidak membantu perusahaan.

Beberapa pemikiran yang menghibur[sunting sumber]

Percaya tak percaya, Wikipedia biasanya akan memperlakukanmu lebih adil daripada orang lain di dunia. Meski tujuan utama Wikipedia adalah untuk mendokumentasikan semua pengetahuan, fakta, peristiwa, orang, sejarah, opini yang signifikan, dll., Wikipedia memiliki beberapa peraturan yang berfungsi untuk memastikan keakuratan, dan mencegah gibah dan pemfitnahan dalam biografimu. Kamu yakin bahwa The National Enquirer, situs web dan blog pribadi, radio dan TV, dan bahkan beberapa surat kabar, tak akan memperlakukanmu dengan adil seperti yang dilakukan Wikipedia. Meskipun kamu dapat memiliki konflik kepentingan yang signifikan yang membatasi hakmu untuk mengedit biografimu, kamu masih berhak menggunakan halaman pembicaraan untuk memberikan saran dan meminta koreksi atas informasi yang tidak akurat.

Kebijakan dan pedoman yang melayani tujuan ini adalah:

  • Sudut pandang netral memastikan cakupan dari semua sudut pandang yang ada, bukan hanya yang negatif, kecuali subjeknya adalah percabangan konten yang "sah". (Contoh: Kontroversi vaksin) Cabang seperti itu berfungsi untuk menjaga artikel utamamu agar tidak berat sebelah dan merupakan pemahaman kebijakan yang disebutkan di bawah. Ingat bahwa artikel utama akan selalu tetap seimbang karena mencakup semua sisi masalah.
  • Bobot yang tidak semestinya memastikan bahwa informasi ditempatkan dalam perspektif yang tepat dan keseimbangan itu dipertahankan.
  • Biografi orang hidup (BLP) memastikan bahwa informasi negatif harus bersumber dengan sangat baik. Blog-blog musuhmu dan buletin surel massal kemungkinan besar tidak akan diizinkan sebagai sumber tepercaya. Kebijakan biografi aslinya berlaku untuk setiap orang yang hidup, bukan hanya subjek artikel di sini. Tujuannya untuk melindungimu, para penulis, dan masih banyak lagi. Perlindungan ini maksudnya sangat baik! Pengembalian pelanggaran BLP bahkan dikecualikan dari aturan tiga pengembalian.
  • Kebijakan pemfitnahan melindungimu dari fitnah dan pencemaran nama baik. Jika kamu merasa difitnah, ikuti sarannya.
  • Sumber yang dapat diverifikasi dan dapat diandalkan memastikan kontrol kualitas.
  • Bukan medan perang akan menjaga Wikipedia dan artikelmu tidak digunakan sebagai medan pertempuran bagi musuh-musuhmu di dunia nyata yang ingin menggunakan Wikipedia, artikel, atau halaman pembicaraannya, untuk menyerangmu.
  • Bukan penyebar skandal atau gosip membuat artikelmu tidak menjadi artikel sasaran jurnalisme kuning .

Oleh karena itu, bahkan jika kamu memiliki artikel di sini yang berisi informasi negatif, selalu tenangkan dirimu dengan pemikiran bahwa segala sesuatunya dapat menjadi buruk, bahkan di luar Wikipedia sekali pun. Di dunia nyata akan sulit membela diri, sementara di sini ada kebijakan yang dapat kamu gunakan untuk melakukannya. Tambahannya, artikelmu di sini mungkin akan menjadi peringkat tertinggi oleh mesin pencari dengan lebih cepat.

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ Contohnya, penulis Robert Clark Young sekarang lebih dikenal karena usahanya untuk menambahkan tulisannya sendiri ke artikel Wikipedia tentangnya daripada dikenal karena buku-bukunya. Banyak orang terkenal lainnya yang malu saat ketahuan menyunting artikelnya sendiri – lihat Konflik kepentingan di Wikipedia
  2. ^ Holloway, Maureen (November 30, 2009). "Tiger Tiger Burning Bright". Moremo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 7, 2009. 

Lihat pula[sunting sumber]