Wikipedia:Keberadaan ≠ Kelayakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah sebuah esai di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.
Semua orang tahu bahwa titik ini ada. Benda ini tidak menjadi layak hanya karena benda tersebut benar-benar ada. Ini menjadi layak karena banyak sumber tepercaya yang telah memberikan pendapat tentang benda tersebut. Mohon ikuti pedoman kelayakan dan pastikan hal tersebut dapat dipastikan.

"[Topik] ini bukan informasi bohong. Ada banyak bukti bahwa [topik] ini benar-benar ada. Gambar tentang [topik] ini bahkan muncul pada tiga situs web lokal. Oleh karena itu, kita [Wikipedia] harus memiliki sebuah artikel tentang [topik] ini."

Tidak.

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang Wikipedia adalah bahwa Wikipedia memuat tentang segala sesuatu yang ada di dunia. Jika dilihat dari misi Wikipedia yang sebenarnya, hal tersebut pada dasarnya tidak benar. Wikipedia—secara ketat—hanya mengizinkan sebuah topik yang memenuhi kriteria kelayakan Wikipedia. Apa pun dan siapa pun yang tidak dapat memenuhi kriteria tersebut, tidak berhak untuk memiliki sebuah artikel.

Wikipedia memiliki banyak editor yang sama seperti Anda, jadi apabila ada suatu hal yang umum, dan artikel atau konten lain tentang hal tersebut tidak ada di Wikipedia, besar kemungkinan bahwa belum ada yang berpikir untuk membuat artikel tentang hal tersebut sebelumnya. Sebagai tambahan, mungkin saja ada alasan yang masuk akal perihal mengapa artikel tentang hal tersebut belum ada. Jadi sebelum Anda membuatnya, berpikirlah terlebih dahulu.

Wikipedia memiliki persyaratan inklusi untuk setiap artikel baru yang diterbitkan. Pada umumnya, artikel baru tersebut harus memenuhi kriteria kelayakan umum, yang berarti artikel tersebut membutuhkan beberapa sumber tepercaya yang independen dari subjek serta menyediakan informasi yang lebih banyak, alih-alih hanya sekadar disebutkan secara sekilas/sambil lalu. Ini adalah syarat yang utama, meskipun ada beberapa pedoman inklusi lainnya.

Apa yang tidak boleh dibuat[sunting sumber]

Jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki beberapa ide bagus yang tidak ada di Wikipedia, Anda mungkin merasa terburu-buru untuk membuat dan menyimpan halaman sesegera mungkin, tanpa melakukan pemikiran tentang apakah topik tersebut sudah memiliki artikel, atau apakah artikel tersebut layak untuk ada. Ada berbagai jenis artikel, bagaimanapun, yang mungkin dianggap seseorang layak untuk dibuat, tetapi sebenarnya tidak harus. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Jangan membuat artikel tentang diri Anda![sunting sumber]

Dan juga, jangan membuat artikel tentang anggota keluarga, teman dekat, atau bahkan kenalan yang tidak Anda kenal. Jangan membuat artikel tentang sebuah perusahaan atau organisasi yang entah bagaimana memiliki hubungan dengan Anda. Ya, menulis artikel tentang orang-orang, perusahaan, dan organisasi tertentu memang diizinkan, dan minat Anda kepada subjek semacam itu juga membantu. Tetapi kemampuan Anda untuk menulis sebuah artikel yang sesuai dengan pedoman Wikipedia tentang diri Anda—orang, perusahaan, atau organisasi yang memiliki hubungan dengan Anda atau orang yang Anda kenal, bisa sangat mengganggu ketika Anda mungkin tahu banyak informasi tentang mereka, tetapi informasi yang Anda ketahui tersebut justru tidak dipublikasikan atau diterbitkan oleh sumber mana pun.

Jangan membuat artikel baru tentang topik yang dapat dijelaskan secara singkat dalam artikel lain[sunting sumber]

Ada banyak hal menarik yang eksis, dan juga memiliki sumber tepercaya yang meliputnya. Namun, tidak banyak informasi yang dapat ditulis tentang hal tersebut, dan juga berhubungan langsung dengan topik yang dibahas pada artikel lain. Akan lebih baik apabila informasi tersebut ditambahkan ke artikel yang cocok tersebut, alih-alih dibuat menjadi artikel sendiri. Ketika informasi tersebut ditambahkan ke artikel lain, artikel asalnya dapat dialihkan ke bagian dari artikel tujuan dengan menggunakan format "#ALIH [[Artikel#Bagian]]." Lihat WP:TARGET untuk informasi lebih lanjut tentang ini.

Jika artikel semacam itu benar-benar ada, biasanya disarankan untuk digabungkan.

Beberapa alasan yang masuk akal untuk menciptakan artikel yang berdiri sendiri secara terpisah adalah:

  1. Informasi yang akan ditambahkan dapat menyebabkan artikel tersebut melebihi batasan panjang artikel.
  2. Informasi tidak akan terlalu relevan untuk setiap artikel tempat informasi tersebut muncul.
  3. Informasi bisa saja relevan dengan beberapa artikel, dan sulit untuk menentukan di artikel yang mana informasi tersebut paling cocok untuk dimuat.
  4. Dalam sekumpulan subjek tunggal di sebuah kategori, jumlah informasi bisa bervariasi dalam setiap subjek, tetapi subjek yang kekurangan informasi tidak dapat dicampurkan dengan subjek yang memiliki informasi lebih banyak.

Beberapa alasan yang masuk akal untuk tidak menciptakan artikel yang berdiri sendiri secara terpisah adalah:

  1. Satu-satunya informasi tentang subjek berasal dari sumbernya sendiri.
  2. Satu-satunya informasi tentang subjek hanya berasal dari satu sumber.
  3. Hanya sedikit informasi yang dapat ditulis, dan kemungkinan besar tidak akan pernah ada lagi (lihat WP:PERMASTUB).

Jangan membuat artikel tentang kata-kata umum atau frase[sunting sumber]

Ada banyak kata-kata dan frase yang merupakan bagian umum dari kosakata sehari-hari. Tetapi Wikipedia bukanlah sebuah kamus. Hanya karena kata dan frase tersebut benar-benar ada dan sering digunakan, tidak secara otomatis menjamin sebuah artikel di Wikipedia. Jika kata dan frase tersebut dapat menggambarkan sesuatu di luar definisi yang sangat dasar, maka dapat digunakan untuk judul sebuah artikel di Wikipedia.

Banyak dari kata-kata dan frasa yang umum ini, mungkin saja memiliki satu atau beberapa makna yang lebih jelas. Ketika hal seperti ini terjadi, merupakan sebuah solusi yang baik untuk menjadikannya sebagai pengalihan ke artikel yang lain, atau sebagai halaman disambiguasi yang memuat daftar artikel yang menggunakan judul tersebut.

Jangan membuat sebuah artikel tentang berita yang hanya dimuat dalam 109 surat kabar[sunting sumber]

Banyak berita yang dilaporkan dalam surat kabar hanya sekali dalam satu hari, atau selama beberapa hari, dan kemudian dilupakan. Berita-berita tersebut mungkin saja diliput di sebuah koran di setiap kota dan di seluruh negara, atau bahkan di seluruh dunia. Tapi surat kabar hanya melakukannya untuk jangka waktu yang singkat.

Kebanyakan surat kabar merupakan sumber tepercaya. Tetapi Wikipedia bukanlah sebuah surat kabar. Dan kelayakan tidak bersifat sementara. Sebuah berita tidak dibagikan di antara sumber berita, dan sering dicetak di ratusan makalah, meliputi area geografis yang luas, dicetak identik kata demi kata di setiap surat kabar. Jadi, sebuah artikel mungkin terlihat mengesankan dan memenuhi syarat kelayakan jika artikel tersebut memiliki (katakanlah) 109 referensi, masing-masing dari surat kabar yang berbeda. Namun, hanya karena Anda membombardir sebuah artikel dengan sumber yang identik, bukan berarti artikel tersebut tidak pernah bisa dihapus.

Hal ini terutama sering terjadi pada artikel biografi. Jika sumber tepercaya meliput seseorang hanya dalam konteks peristiwa tertentu, sebuah artikel biografi yang terpisah mungkin tidak dibenarkan. Orang itu justru harus dibahas dalam artikel tentang acara itu sendiri.

Referensi bukanlah sebuah pilihan[sunting sumber]

Pedoman Wikipedia cukup banyak sedangkan persyaratannya hanya sedikit, tetapi satu persyaratan yang berdiri di antara pedoman kelayakan umum dan masing-masing subjek khusus adalah bahwa kelayakan membutuhkan bukti yang dapat dipastikan. Setiap artikel harus dirujuk dengan sumber tepercaya. Persyaratan ini berlaku untuk semua artikel, termasuk yang baru dibuat. Kelayakan tidak selamanya jelas. Topik yang umum seperti kosakata dapat saja dihapus dan sudah pernah dihapus di masa lalu, dan terus terjadi hingga hari ini. Referensi bukanlah sebuah pilihan untuk setiap artikel atau subjek tertentu.

Di sisi lain, mungkin ada beberapa konsensus pada beberapa topik yang secara umum terkenal (misalnya film yang dirilis secara luas, album yang dirilis dari artis musik terkenal, stasiun radio berlisensi, dll), ini merupakan indikasi bahwa referensi harusnya relatif mudah untuk ditemukan, bukannya menjadi celah dalam pedoman kelayakan umum.

Untuk menghindari kerja keras Anda diperdebatkan dan mungkin saja dihapus, pastikan bahwa artikel tersebut memiliki referensi saat Anda mulai mengirimkannya. Hal ini terutama berlaku pada artikel baru. Jika Anda tidak punya waktu untuk mengutip referensi dalam sebuah artikel baru dengan benar, jangan kirimkan, dan rencanakan untuk menambah referensi terlebih dahulu atau minta pengguna lain untuk menemukan referensi untuk Anda. Gunakan subhalaman ruang nama pengguna Anda. Setelah Anda menyelesaikannya, pindahkan artikel tersebut ke ruang nama utama.

Lihat juga[sunting sumber]