Wikipedia:Klaim kredibel atas kepentingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kriteria penghapusan cepat Wikipedia pada bagian A7, A9 dan A11 menyatakan bahwa halaman dapat dihapus dengan cepat jika halaman tersebut tidak membuat "klaim signifikansi atau kepentingan" yang kredibel (di antara persyaratan lain yang spesifik untuk setiap kriteria).

Kepentingan adalah standar yang lebih rendah dari kelayakan artikel. Meskipun dimasukkannya sumber sekunder sumber terpercaya itu sendiri dapat menjadi indikasi kepentingan, tidak termasuk sumber mana pun sepenuhnya tidak relevan dengan penilaian di bawah kriteria penghapusan cepat ini.

Klaim kepentingan yang kredibel dapat dinilai dalam artikel dengan dua cara:

  1. Satu, cari pernyataan di dalam artikel yang mengaitkan arti penting subjek; contohnya: "John Doe adalah Presiden Negara Partai Demokrat di Tasmania", atau "John Doe adalah pemain kriket pertama yang memukul dengan tangan kiri", atau "Debut rekaman John Doe berada di urutan #5 di tangga lagu Billboard", atau "Penemuan ini memenangkan Medali Nasional Teknologi dan Inovasi ". Adanya pernyataan yang perlu diperhatikan/mengindikasikan kepentingan dalam artikel tersebut pada umumnya akan memastikan bahwa tag A7, A9 dan A11 tidak dapat diterapkan. Klaim penting seperti itu tidak perlu didukung oleh referensi apa pun; fakta bahwa klaim semacam itu ada, menganggap bahwa tag A7, A9 dan A11 tidak dapat diterapkan (editor masih dapat memilih untuk mengusulkan penghapusan jika mereka percaya bahwa artikel tersebut, terlepas dari klaimnya, tidak layak secara luas dan masih harus dihapus). Pada saat yang sama, jika klaim tersebut ternyata salah (misalnya, jika penelitian awal mengkonfirmasi bahwa itu adalah Jane Doe dan bukan John Doe yang merupakan Presiden Negara Partai Demokrat di Tasmania), artikel tersebut dapat ditandai untuk dihapus dengan cepat sebagai informasi palsu, atau sebagai alternatif diusulkan untuk dihapus.
  2. Dua, jika tidak ada klaim kepentingan yang signifikan dalam artikel, periksa referensi yang disediakan dalam artikel. Jika referensi dalam artikel membahas subjek atau memberikan kemungkinan klaim kepentingan sebagaimana dibahas dalam #1 di atas, maka tag A7, A9 dan A11 juga tidak boleh diterapkan. Misalnya, jika artikel baru hanya berisi satu baris: "John Doe adalah seorang pelatih kebugaran", pandangan awal mungkin adalah artikel tersebut tidak memiliki klaim kepentingan. Tetapi jika sumber-sumber dalam artikel yang sama membahas subjek, kemungkinan besar, lebih banyak liputan yang mungkin ada; dan dalam hal ini juga, tag A7, A9 dan A11 umumnya tidak boleh diterapkan (kecuali jika jelas bahwa artikel tersebut hal-hal yang akan didapatkan subjek ini).

Sementara tanggung jawab untuk memberikan klaim kepentingan (baik dalam kata-kata atau referensi) ada pada orang yang menambahkan artikel/materi, memberikan tugas kepada setiap pematroli halaman baru untuk melakukan setidaknya beberapa pencarian sebelum menandai setiap artikel baru pada kriteria penghapusan cepat.

Berikut ini adalah poin penting yang perlu diingat tentang kepentingan:

  1. Klaim kepentingan tidak perlu didukung oleh sumber yang dikutip, apalagi dengan kutipan di dalam artikel ke sumber yang dapat diandalkan.
  2. Klaim kepentingan tidak perlu berisi pernyataan bahwa, jika bersumber, akan membangun kelayakan.
  3. Oleh karena itu, klaim kepentingan tidak perlu melewati pedoman kelayakan umum atau khusus, seperti pedoman kelayakan umum, kelayakan artikel mengenai musik, atau pedoman kelayakan biografi.
  4. Klaim kepentingan tidak perlu terbukti benar, tetapi tidak boleh salah secara terang-terangan. Informasi palsu terang-terangan, atau klaim yang sangat mustahil sehingga tidak ada orang yang berpikiran sehat akan mempercayainya, bukan klaim kepentingan yang masuk akal, gunakan {{hapus|hoax}} untuk artikel yang mengandung hal-hal tersebut.
  5. Pernyataan apa pun yang, jika berasal dari sumber, kemungkinan akan membujuk beberapa komentator pada artikel untuk diskusi penghapusan yang umum untuk menjaga artikel tersebut adalah klaim kepentingan.
  6. Pernyataan apa pun yang secara masuk akal mengindikasikan bahwa penelitian tambahan (mungkin secara langsung, atau mungkin dalam sumber-sumber khusus) memiliki peluang yang masuk akal untuk menunjukkan klaim kepentingan.

Lihat pula[sunting sumber]