Artikel ini telah dimuat dalam jurnal PLOS Computational Biology (2010) yang telah melewati proses ulasan sejawat. Klik untuk menampilkan versi yang telah diterbitkan.

Wikipedia:Sepuluh Aturan Sederhana untuk Menyunting Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Esai ini dalam bentuk cetak dan berbahasa Inggris

Wikipedia adalah ensiklopedia daring paling sukses di dunia, versi bahasa Inggrisnya memiliki lebih dari 3.3 juta artikel pada saat esai ini ditulis (2010). Wikipedia mungkin merupakan koleksi terbesar dari pengetahuan yang pernah dikumpulkan, dan tentu saja yang paling banyak diakses. Wikipedia dapat disunting oleh siapa saja yang memiliki akses Internet, tetapi apakah Wikipedia memberikan informasi yang dapat dipercaya? Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan oleh Nature menemukan bahwa beberapa artikel terpilih Wikipedia tentang subjek ilmiah kualitasnya sebanding dengan ensiklopedia yang disunting secara profesional,[1] menunjukkan bahwa komunitas relawan di Wikipedia dapat menghasilkan dan mempertahankan konten yang sangat akurat.

Untuk hal baik atau hal buruk, orang-orang biasanya dipandu ke Wikipedia ketika sedang berselancar di Web untuk mencari informasi tentang biomedis.[2] Jadi, ada kebutuhan yang semakin meningkat bagi komunitas ilmiah untuk terlibat dengan Wikipedia dalam rangka memastikan bahwa informasi yang dikandungnya akurat dan terkini. Bagi para akademisi, berkontribusi pada Wikipedia adalah cara terbaik untuk memenuhi tanggung jawab keterlibatan publik dan berbagi keahlian. Sebagai contoh, beberapa Wikipediawan merangkap akademisi telah berhasil mengintegrasikan data biologi dengan Wikipedia untuk mempromosikan anotasi komunitas.[3][4] Hal ini, pada gilirannya, mendorong akses yang lebih luas ke data yang terhubung melalui Wikipedia. Pihak lainnya telah menggunakan model wiki untuk mengembangkan basis data kolaboratif untuk mengembangkan bidang mereka sendiri.[5][6][7][8] Memulai langkah pertama Anda di Wikipedia dapat menjadi sesuatu yang membingungkan, tetapi di sini kami memberikan beberapa kiat yang seharusnya membuat proses penyuntingan berjalan dengan lancar.

Aturan Nomor 1. Daftarkan sebuah akun[sunting sumber]

Meskipun semua pengunjung dapat menyunting Wikipedia, membuat sebuah akun pengguna menawarkan sejumlah manfaat. Pertama, akun pengguna menawarkan privasi dan keamanan untuk Anda. Meskipun kontraintuitif, para pengguna yang terdaftar dengan nama pengguna palsu sebenarnya memiliki anonimitas yang lebih besar daripada mereka yang menyunting "secara anonim". Beberapa dari kami telah memilih untuk menggunakan identitas asli kami sebagai nama pengguna. Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan nama samaran di Wikipedia, seluruh riwayat penyuntingan Anda akan terbuka untuk pengawasan tanpa batas oleh para penelusur Web yang ingin tahu, termasuk rekan kerja, mahasiswa, atau pemberi kerja di masa mendatang. Jangan lupakan ini. Sama seperti di dalam lingkaran akademik, reputasi yang baik dapat membantu karier wiki Anda. Dengan masuk log, Anda dapat membuat rekam jejak penyuntingan yang baik, dan lebih mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang lain jika Anda memiliki identitas yang tetap dan memiliki reputasi baik. Singkatnya, mendaftarkan akun memberikan akses ke fitur penyuntingan yang telah disempurnakan, termasuk "daftar pantauan" untuk memantau artikel yang telah Anda sunting sebelumnya.

Aturan Nomor 2. Pelajari lima pilar[sunting sumber]

Ada beberapa prinsip dasar—yang dikenal sebagai "lima pilar"—yang diharapkan untuk dipatuhi oleh semua pengguna ketika berkontribusi di Wikipedia. Yang paling penting bagi para akademisi mungkin adalah pengetahuan bahwa Wikipedia bukanlah penerbit dari pemikiran atau riset asli. Oleh karena itu, Wikipedia bukanlah tempat yang tepat untuk mempromosikan teori yang Anda dukung atau membagikan teori dan kesimpulan sebuah penelitian yang belum pernah dipublikasikan. Wikipedia juga bukan kotak sabun untuk menguraikan teori pribadi Anda, dan juga bukanlah medan perang untuk memperdebatkan isu-isu kontroversial. Dalam hal ini, Wikipedia pada dasarnya berbeda dari jenis-jenis media baru lainnya, seperti blog, yang mendukung opinisasi dari suatu hal. Berkontribusi di Wikipedia adalah sesuatu untuk dinikmati; bentuk perpanjangan alami dari antusiasme Anda terhadap ilmu pengetahuan. Perbedaan pendapat pasti muncul, terutama pada halaman yang disediakan untuk diskusi tentang cara memperbaiki artikel. Perlakukan pengguna lain sebagai kolaborator dan pertahankan sikap yang sopan dan menghargai, bahkan jika Anda tidak sepakat dengan yang lain. Jika Anda mulai menemukan interaksi tertentu yang membuat stres, cukup keluar log dan kembali lagi lain kali. Tidak seperti kebanyakan proyek ilmiah, Wikipedia tidak memiliki tenggat waktu.

Aturan Nomor 3. Beranilah, tetapi jangan sembrono[sunting sumber]

Kelangsungan dan pertumbuhan wiki membutuhkan partisipasi. Wikipedia memiliki ukuran yang tak tertandingi, tetapi keberhasilannya yang berkelanjutan bergantung pada kontribusi reguler dari puluhan ribu sukarelawan. Oleh karena itu, Wikipedia mendesak semua pengguna untuk berani: jika Anda menemukan kesalahan, perbaikilah. Jika Anda dapat mengembangkan sebuah artikel, silakan lakukan. Namun, penting bagi Anda untuk membedakan keberanian dan kecerobohan. Mulailah dengan hal yang kecil. Mulailah dengan melakukan suntingan kecil pada artikel yang sudah ada, sebelum Anda mencoba menulis ulang artikel "Sejarah sains" sepenuhnya. Banyak pengguna baru yang merasa terintimidasi saat berkontribusi di Wikipedia pada awalnya, karena takut mereka dapat membuat kesalahan. Sikap diam semacam ini dapat dimengerti, tetapi tidak berdasar. Hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah bahwa suntingan pertama Anda dianggap bukan perbaikan dan justru dikembalikan. Jika ini terjadi, perlakukan ini sebagai pengalaman belajar yang positif dan mintalah pengguna yang membalikkan suntingan Anda untuk memberikan saran.

Aturan Nomor 4. Kenali khalayak Anda[sunting sumber]

Wikipedia tidak sepenuhnya ditujukan untuk para ahli dan pakar; Oleh karena itu, tingkat rincian teknis dalam artikelnya harus diimbangi dengan kemampuan pengguna yang bukan ahli untuk memahami informasi dalam artikel tersebut. Ketika menyumbangkan sebuah konten ilmiah, bayangkan Anda sedang ditugaskan untuk menulis tinjauan ilmiah yang komprehensif untuk khalayak sekolah menengah. Sangat sulit untuk menjelaskan ide-ide kompleks dengan cara yang mudah diakses dan bebas dari jargon. Tetapi hasilnya sebanding dengan ketekunan Anda. Anda akan memperoleh manfaat pada saat menulis manuskrip Anda berikutnya atau mengajar kelas sarjana.

Aturan Nomor 5. Jangan melanggar hak cipta[sunting sumber]

Dalam kondisi tertentu, hampir semua konten di Wikipedia bebas untuk digunakan kembali, diadaptasi, dan distribusikan oleh siapa saja. Dengan demikian, Wikipedia tidak menerima materi nonbebas yang dibatasi hak cipta. Beberapa jurnal, termasuk dari Public Library of Science, menerbitkan materi dan konten dengan lisensi akses terbuka yang cocok dengan penggunaan di Wikipedia, selama diatribusikan dengan benar. Sebagian besar jurnal lainnya tidak mengikuti sistem demikian. Oleh karena itu, hindari menyalin teks atau angka dari sebuah artikel ulasan terbaru karya Anda (atau siapa pun lainnya) di Wikipedia—sekalipun ini sangat menggoda. Revisi jenis ini akan segera diidentifikasi sebagai pelanggaran hak cipta dan ditandai untuk segera dihapus. Anda dapat memberikan izin kepada Wikipedia untuk menggunakan materi yang Anda miliki, tetapi proses ini tidak dapat dibatalkan dan dapat memakan waktu. Seringkali, menulis ulang teks dalam bahasa yang lebih sederhana atau menggambar ulang sebuah figur untuk membuatnya lebih mudah diakses merupakan tindakan yang baik. Tindakan seperti ini juga akan memastikan bahwa revisi tersebut lebih cocok untuk pembaca Wikipedia yang bukan ahli dalam bidang tertentu (lihat Aturan Nomor 4).

Aturan Nomor 6. Kutip, kutip, kutip[sunting sumber]

Untuk mempertahankan standar tertinggi, Wikipedia memiliki kebijakan inklusi ketat yang menuntut pemastian. Kebijakan ini ditetapkan dengan mengatribusikan setiap pernyataan di Wikipedia dengan sumber yang dapat dipercaya dan telah diterbitkan (tetapi lihat Aturan Nomor 7 dan 8 tentang pengutipan pribadi yang berlebihan). Sebagian besar akademisi berada dalam posisi yang sangat beruntung karena memiliki akses ke berbagai literatur, dan pengalaman dalam menggunakan rujukan sebaris untuk mendukung tulisan mereka. Karena konten yang belum dipastikan dapat dihapus dari Wikipedia kapan saja, berikan rujukan pendukung untuk setiap pernyataan yang mungkin ditentang oleh pengguna lain di masa depan. Kapan pun memungkinkan, berikan preferensi ke sumber sekunder (seperti ulasan atau bab dari sebuah buku) yang menyurvei penelitian primer yang relevan atas artikel penelitian itu sendiri. Aksesibilitas Wikipedia membuat masing-masing artikel ilmiahnya menjadi titik awal yang sangat baik bagi orang awam yang mencari informasi khusus. Dengan menyediakan pranala langsung ke sumber daring yang tepercaya dan dapat diakses secara bebas dengan rujukan Anda (misalnya basis data biologis atau jurnal akses terbuka), pengguna lain dapat dengan cepat memastikan konten Anda tulis dan pembaca juga memiliki akses langsung ke sumber kredibel yang membahas subjek secara lebih rinci.

Aturan Nomor 7. Hindari promosi diri yang tidak tahu malu[sunting sumber]

Banyak orang tergoda untuk menulis atau menyunting artikel Wikipedia tentang diri mereka sendiri. Tolak godaan itu. Jika diri Anda cukup layak untuk dimasukkan ke dalam ensiklopedia, orang lain dengan sendirinya akan menulis artikel tentang Anda. Ingat bahwa tidak seperti halaman Web pribadi, biografi Wikipedia tentang Anda bukanlah milik Anda, dan dengan demikian Anda tidak memiliki hak untuk mengendalikannya. Sebuah hagiografi yang penuh pujian terhadap kebajikan Anda, dapat dengan cepat mengumpulkan informasi yang menurut Anda tidak layak untuk dipublikasikan. Anda mungkin saja sudah memiliki biografi Wikipedia sendiri, tetapi mengandung ketidakakuratan faktual yang ingin Anda perbaiki. Bagaimana cara Anda melakukan hal ini tanpa melanggar peraturan? Pedoman Wikipedia mendorong Anda untuk memberikan informasi tentang diri Anda di halaman diskusi yang terkait, tetapi harap izinkan pengguna lain untuk menambahkannya ke artikel itu sendiri. Pikirkan dua kali sebelum menulis tentang mentor, kolega, pesaing, penemuan, atau proyek Anda. Jika Anda melakukannya, Anda akan ditempatkan dalam konflik kepentingan dan mencondongkan diri Anda ke arah bias yang tidak disengaja. Jika Anda memiliki kepentingan pribadi atau keuangan dalam subjek artikel yang Anda pilih untuk disunting, nyatakan di halaman diskusi artikel yang terkait dan ikuti saran dari pengguna lain yang dapat menawarkan perspektif yang lebih objektif.Iya Seperti itu

Aturan Nomor 8. Bagikan keahlian Anda, tetapi jangan berdebat dari otoritas[sunting sumber]

Menulis tentang subjek yang Anda kuasai dalam bidang akademik bukanlah konflik kepentingan; memang, di sinilah kami dapat berkontribusi secara efektif kepada Wikipedia. Jimmy Wales, salah satu pendiri Wikipedia, mengatakan kepada Nature bahwa para pakar memiliki kemampuan untuk "menulis pokok-pokok dengan cara yang bernuansa", sehingga secara signifikan meningkatkan kualitas artikel.[1] Ketika menulis di bidang yang Anda kuasai, mengutip materi yang telah Anda terbitkan dalam jurnal yang sudah melewati ulasan sejawat biasanya diizinkan jika benar-benar layak, tetapi gunakan akal sehat (dan lihat kembali Aturan Nomor 7). Sebagai contoh, jika Anda memiliki artikel yang tidak jelas dan tidak pernah dikutip dalam Journal of New Zealand Dairy Research yang membahas konten RNA pada susu sapi, dan Anda kemudian merujuk artikel ini dalam paragraf pembuka dari artikel Wikipedia tentang "RNA", "Susu", "Sapi", dan "Evolusi mamalia" bukanlah ide yang bagus. Terkadang Anda bisa saja berinteraksi dengan pengguna lain yang jelas tidak memiliki keahlian seperti Anda terkait subjek artikel. Hal ini seringkali dapat membuat frustrasi para ahli dan merupakan dasar dari banyak kecemasan akademik di Wikipedia.[1] Pada kesempatan seperti ini, ingatlah bahwa Anda hanya dinilai atas kontribusi Anda kepada Wikipedia, bukan tentang siapa Anda, gelar atau kualifikasi yang Anda miliki, atau apa yang telah Anda capai dalam karier Anda. Pengetahuan khusus yang Anda miliki seharusnya sebisa mungkin mendorong Anda untuk menulis dengan cara netral dan menghasilkan sumber independen yang dapat diandalkan untuk mendukung setiap pernyataan yang Anda buat. Jika Anda tidak memberikan pemastian, kontribusi Anda akan benar-benar ditentang tanpa memandang seberapa banyak gelar yang Anda miliki.

Aturan Nomor 9. Menulislah secara netral dan dengan bobot yang sesuai[sunting sumber]

Semua artikel di Wikipedia tidak boleh memihak dalam hal gaya dan konten. Saat menulis, nyatakan fakta dan fakta tentang opini penting, tetapi jangan menuliskan pendapat Anda sebagai fakta. Kebanyakan pengguna baru di Wikipedia tertarik pada artikel tentang isu-isu kontroversial tentang orang-orang yang memiliki sudut pandang berlawanan yang kuat. Hindari yang seperti ini hingga Anda paham luar dalam tentang kebijakan Wikipedia (lihat Aturan Nomor 3), dan sebagai gantinya fokuslah pada artikel yang jauh lebih mudah untuk tetap tidak memihak. Banyak akademisi yang berkontribusi di Wikipedia gagal untuk menghargai bahwa sudut pandang netral tidak sama dengan sudut pandang ilmiah yang berlaku. Ketika menulis tentang isu-isu yang kompleks, cobalah untuk mencakup semua sudut pandang yang signifikan dan berikan masing-masing pernyataan tersebut dengan bobot yang sesuai, bukannya bobot yang sama. Sebagai contoh, sebuah artikel tentang kontroversi ilmiah harus menggambarkan konsensus ilmiah dan teori tak lazim yang signifikan, tetapi tidak harus dituliskan dalam bobot yang sama atau dengan cara yang seolah-olah menunjukkan bahwa kedua sudut pandang ini setara.Tetapi Banyak orang membuat kesalahan

Aturan Nomor 10. Meminta bantuan[sunting sumber]

Wikipedia bisa menjadi tempat yang membingungkan bagi para pengguna yang tidak berpengalaman. Mempelajari bahasa markah Wiki—sintaks yang menginstruksikan perangkat lunak perihal bagaimana cara menampilkan laman—mungkin tampak menakutkan pada awalnya, meskipun penerapan terkini dari bilah alat penyuntingan baru telah menjadikan ini lebih mudah, dan pengembangan kegunaan sedang berlangsung. Pedoman dan kebijakan yang saling berpotongan (dan adanya kecenderungan yang cukup menyebalkan dari pengguna berpengalaman untuk menggunakan pintasan abjad berupa akronim untuk merujuk bahasa markah wiki tersebut) juga bisa menjadi sulit untuk dipahami. Syukurlah, komunitas Wikipedia menempatkan modal besar dalam menyambut pengguna baru. Panduan ini tersedia melalui sejumlah cara, di antaranya meja bantuan, saluran IRC khusus, dan program bimbingan Adopsi Pengguna. Anda bahkan dapat memanggil bantuan menggunakan templat khusus {{helpme}}, dan seolah-olah karena sihir, seorang Wikipediawan yang ramah akan muncul untuk menawarkan bantuan kepada Anda.

Referensi[sunting sumber]

  1. ^ a b c Giles J (15 Desember 2005). "Internet encyclopaedias go head to head". Nature. 438 (7070): 900–1. doi:10.1038/438900a. PMID 16355180. 
  2. ^ Laurent MR, Vickers TJ (2009) Seeking health information online: does Wikipedia matter? Journal of the American Medical Informatics Association 16: 471–479.
  3. ^ Daub J, Gardner PP, Tate J, Ramskold D, Manske M, et al. (2008) The RNA WikiProject: community annotation of RNA families. RNA 14: 2462–2464
  4. ^ Huss JW 3rd, Orozco C, Goodale J, Wu C, Batalov S, et al. (2008) A gene wiki for community annotation of gene function. PLoS Biol 6: e175. doi:10.1371/journal.pbio.0060175
  5. ^ Hoffmann R (2008) A wiki for the life sciences where authorship matters. Nat Genet 40: 1047–1051.
  6. ^ Mons B, Ashburner M, Chichester C, van Mulligen E, Weeber M, et al. (2008) Calling on a million minds for community annotation in WikiProteins. Genome Biol 9: R89.
  7. ^ Pico AR, Kelder T, van Iersel MP, Hanspers K, Conklin BR, et al. (2008) WikiPathways: pathway editing for the people. PLoS Biol 6: e184. doi:10.1371/journal.pbio.0060184.
  8. ^ Hodis E, Prilusky J, Martz E, Silman I, Moult J, et al. (2008) Proteopedia - a scientific 'wiki' bridging the rift between three-dimensional structure and function of biomacromolecules. Genome Biol 9: R121.