Wikipedia:Kelayakan artikel/Musik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kriteria kelayakan

Kriteria umum


Kriteria khusus

Tokoh
Geografi
Organisasi,
Perusahaan

Sekolah
Desa
Situs web
Film,
Acara televisi

Musik
Bahasa,
Dialek

Halaman ini membahas panduan bagi penulis Wikipedia terkait kriteria kelayakan artikel bertopik musik, termasuk artis, grup musik, album, dan lagu. Tidak terpenuhinya syarat ini bukanlah kriteria penghapusan cepat. Artikel yang tidak mengindikasikan kepentingan dapat segera dihapus mengikuti kriteria A7 untuk artis dan grup musik, atau kriteria A9 untuk album, lagu, dan komposisi musik. Jika artikel sudah mengandung klaim yang menunjukkan kepentingannya, maka artikel tersebut tidak bisa dihapus secara cepat berdasarkan kriteria A7 atau A9, sehingga memerlukan usulan penghapusan guna meminta komunitas apakah artikel tersebut tetap dipertahankan di Wikipedia.

Banyak yang mencoba-coba menghabiskan waktunya untuk mengisi artikel bertopik musik di Wikipedia. Perlu diketahui bahwa artikel yang gagal memenuhi persyaratan ini bukan syarat mutlak penghapusan, dan sebaliknya, pemenuhan salah satu kriteria bukan syarat mutlak artikel harus tetap dipertahankan. Hal-hal semacam ini harap didiskusikan dahulu di usulan penghapusan.

Untuk memenuhi standar pemastian dan kelayakan, artikel harus memenuhi kriteria yang sesuai. Sangat tidak cukup untuk membuat artikel yang sumbernya tidak ada atau buruk, atau untuk menegaskan kepentingan suatu grup musik/band di halaman pembicaraan atau halaman UP – artikel tersebut harus mendokumentasikan kelayakannya melalui sumber tepercaya, dan tidak ada kriteria yang memberikan pembebasan dari kewajiban sumber artikel yang diandalkan hanya karena bagian dari kriteria sudah memiliki klaim.

Baca kelayakan tokoh untuk artikel biografi umum.

Musisi dan ansambel

Musisi atau ansambel musik (termasuk band, penyanyi, rapper, orkestra, DJ, kelompok drama musikal, instrumentalia, dll.) dapat layak jika memenuhi kriteria berikut:

  1. Telah menjadi subjek dari berbagai macam tulisan yang nontrivial pada sumber-sumber tepercaya, bukan sumber buatan sendiri, dan independen.[catatan 1]
    • Mencakup tulisan yang diterbitkan dalam koran, buku, majalah, media daring, dan dokumenter televisi[catatan 2] kecuali:
      • Setiap cetakan ulang dari rilis pers, publikasi lain yang membahas diri seorang musisi atau ansambel, dan semua iklan yang menampilkan musisi atau ansambel, termasuk iklan produsen. [catatan 3]
      • Karya yang memuat cakupan trivial, seperti artikel yang melaporkan tanggal penampilan, informasi rilis atau daftar lagu, atau publikasi daftar kontak dan booking dalam sebuah direktori.
      • Artikel di koran internal sekolah dan kampus.
  2. Telah merilis dua atau lebih album di label rekaman mayor, label rekaman nasional, atau label rekaman independen yang cukup penting (yakni, label yang sudah memiliki rekam jejak sekurang-kurangnya lima tahun yang menaungi artis-artis terkenal secara independen).
  3. Artikel grup musik memuat dua atau lebih anggota yang artikelnya telah memenuhi kelayakan biografi; atau musisi yang bergabung dalam suatu grup musik yang telah memenuhi kelayakan.[catatan 4] Kriteria ini perlu ditafsirkan dengan hati-hati, karena sering menciptakan "kelayakan otomatis" (misalnya musisi "otomatis harus punya artikel" karena bergabung dalam salah satu band yang sudah layak memiliki artikel).
  4. Telah menjadi salah satu tokoh yang cukup menonjol dari suatu gaya musik atau skena; perhatikan bahwa subjek masih harus memenuhi verifikasi.
  5. Telah tampil mengudara dalam jaringan radio atau televisi nasional atau internasional dengan cakupan dan jangkauan luas ke berbagai wilayah.
  6. Telah menerima liputan tur konser internasional yang bersifat nontrivial di media massa nasional atau internasional, maupun tur konser nasional di setidaknya satu negara berdaulat.[catatan 5]

Adapun kriteria lainnya yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan kelayakannya adalah sebagai berikut:

  1. Telah meraih juara pertama, kedua, atau ketiga dalam acara pencarian bakat yang disiarkan di media massa nasional atau internasional.
  2. Telah memiliki singel atau album yang tercantum di tangga musik nasional negara mana pun serta bertahan di tangga lagu tersebut dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 1 minggu hingga 1 bulan.
  3. Telah memiliki rekaman dengan sertifikasi emas atau lebih tinggi di setidaknya satu negara.
  4. Telah dinominasikan atau menang dalam penghargaan musik nasional atau internasional seperti Grammy, Juno, Mercury, Choice, Grammis, Anugerah Musik Indonesia, atau Anugerah Planet Muzik.

Anggota individu, pemain acara realitas

  1. Anggota band hanya dapat dibuat artikelnya jika individunya sendiri memang layak sesuai ketentuan biografi.
  2. Penyanyi dan musikus yang dikenal karena pernah menghadiri atau menjuarai acara pencarian bakat boleh dialihkan ke artikel tentang acaranya, sampai sudah memiliki kelayakannya sendiri.

Komponis dan lirikus

Komponis, lirikus, dan pencipta lagu, dapat layak jika memenuhi kriteria berikut:

  1. Telah memiliki kredit dalam menulis atau membantu menuliskan lirik atau musik untuk suatu komposisi terkenal
  2. Telah dibahas dalam publikasi yang ditujukan untuk subbudaya musik tertentu yang dikenal.
  3. Telah menyusun melodi, nada, atau standar yang digunakan dalam genre musik yang dikenal.
  4. Telah dikutip dalam sumber terpercaya karena telah berkontribusi dalam gaya, teknik, perbendaharaan, atau pengajaran untuk genre musik tertentu.
  5. Telah terdaftar sebagai pengaruh utama yang signifikan atau guru dari seorang komponis, penulis lagu atau penulis lirik yang memenuhi kriteria di atas.
  6. Telah muncul cukup panjang dalam buku referensi standar tentang genre musik mereka.
  7. Telah memiliki karya-karya yang digunakan sebagai dasar untuk karya musik selanjutnya oleh seorang penulis lagu, komponis, atau lirikus lain yang memenuhi kriteria di atas.

Bila memungkinkan, komponis atau lirikus dengan materi yang tak dapat diverifikasi harus digabungkan ke dalam artikel yang membahas pekerjaan mereka. Ketika seorang komponis atau lirikus dikenal karena memiliki banyak karya, penggabungan seperti itu tidak mungkin dilakukan.

Rekaman

Artikel tentang album, singel, atau rekaman lainnya harus memenuhi pedoman kelayakan, dengan cakupan yang signifikan dalam sumber tepercaya yang independen dari subjeknya.

Rekaman musik dapat layak memiliki artikel jika memenuhi kriteria berikut:

  1. Telah menjadi subjek dari berbagai macam tulisan yang nontrivial pada sumber tepercaya, bukan sumber buatan sendiri, dan independen
    • Mencakup tulisan yang diterbitkan dalam koran, buku, majalah, media daring, dan dokumenter televisi[catatan 2] kecuali sebagai berikut:
      • Setiap cetakan ulang dari rilis pers, publikasi lain yang membahas rekaman, dan semua iklan yang menampilkan rekaman, termasuk iklan produsen.
      • Artikel di koran internal sekolah dan kampus
  2. Rekaman itu disiarkan dalam jaringan radio atau televisi nasional atau internasional dengan cakupan dan jangkauan luas ke berbagai wilayah.

Adapun kriteria lainnya yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan kelayakannya adalah sebagai berikut:

  1. Rekaman tersebut muncul dalam tangga musik nasional negara mana pun. Jika rekaman tersebut tidak dapat ditemukan di tangga musik, atau tangga musiknya tidak terdokumentasi, maka artikel tentang rekaman dapat dianggap sebagai rintisan permanen final jika tulisannya masih memenuhi kriteria rintisan.
  2. Rekaman tersebut sudah mendapatkan sertifikasi emas atau lebih tinggi di setidaknya satu negara. Jika rekaman tersebut tidak disertifikasi atau sertifikasinya sukar ditemukan, maka artikel tentang rekaman dapat dianggap sebagai rintisan permanen final jika tulisannya masih memenuhi kriteria rintisan.
  3. Rekaman tersebut dinominasikan atau menang dalam penghargaan musik nasional atau internasional seperti Grammy, Juno, Mercury, Choice, Grammis, Anugerah Musik Indonesia, atau Anugerah Planet Muzik. Jika rekaman tersebut tidak memenangkan penghargaan musik nasional atau internasional, maka artikel tentang rekaman dapat dianggap sebagai rintisan permanen final jika tulisannya masih memenuhi kriteria rintisan.

Di samping kelayakan, artikel yang berdiri sendiri hanya sesuai jika ada cukup bahan untuk menjamin artikel yang cukup rinci; artikel yang tidak dapat dikembangkan boleh digabungkan ke dalam artikel tentang artis, atau diskografinya.

Album

Album harus memiliki kelayakan sendiri, tidak dapat diwariskan, dan membutuhkan bukti independen. Meski artisnya sudah dikenal di khalayak, albumnya tidak selalu otomatis layak memiliki artikel. Namun sebaliknya, album tidak harus diciptakan oleh artis atau ansambel terkenal untuk mendapatkan artikel mandiri jika memenuhi pedoman kelayakan umum. Artikel album dengan sedikit lagu mungkin lebih cocok digabungkan ke dalam artikel utama artis atau artikel diskografi, jika memungkinkan.

Lagu dan singel

Lagu dan singel harus memiliki kelayakan sendiri, tidak dapat diwariskan, dan membutuhkan bukti independen. Meski artisnya sudah dikenal di khalayak, singelnya tidak selalu otomatis layak memiliki artikel. Artikel singel yang belum memenuhi kepentingan ini mungkin lebih cocok digabungkan ke dalam artikel utama artis, artikel diskografi, atau artikel album, jika memungkinkan.

Lagu dan singel akan layak jika subjeknya dipublikasi[1] dalam banyak sumber[2] yang nontrivial[3] serta independen terhadap artis dan label. Termasuk semua bentuk publikasi tertulis seperti koran, buku, dokumenter, atau ulasan. Tidak termasuk cetak ulang media atau rilis pers, atau publikasi lain yang artisnya, labelnya, agennya, atau pihaknya beriklan di situ.[4] Jika artikel tersebut hanya memuat ulasan terhadap album tempat lagu itu termuat, bahaslah dalam artikel album dan artikel tersendiri tentang lagunya tidak dapat dibuat.

Lagu-lagu dengan versi daur ulang hanya boleh dibahas dalam satu artikel tentang lagu aslinya.

Materi yang belum dirilis

Materi yang tak dirilis, seperti demo, kaset mixtape, bootleg, bajakan, atau promo hanya layak bila sudah memiliki cakupan signifikan dalam sumber tepercaya.

Dalam kasus yang sangat langka, album yang belum pernah dirilis kemungkinan memenuhi syarat layak jika ada cukup informasi yang dapat diverifikasi dan direferensikan dengan benar tentangnya—contohnya di Wikipedia bahasa Inggris, album tahun 2008 Guns N' Roses, Chinese Democracy, memiliki artikel pada awal tahun 2004, karena sudah memiliki banyak sumber tepercaya berkaitan dengan tersendat-sendatnya Axl Rose dalam menggarap album ini. Namun, ini hanya berlaku untuk sejumlah kecil proyek yang sangat dikenal—umumnya, album tidak boleh memiliki artikel tersendiri sampai judul, daftar lagu, dan tanggal rilis semuanya telah dikonfirmasi secara publik oleh artis atau label rekaman mereka.

Tanggal rilis album harus dikonfirmasi dengan sumber tepercaya. Artikel terpsiah tidak boleh dibuat sampai ada sumber informasi yang cukup diandalkan tentang rilis mendatang. Sebagai contoh, album mendatang yang artikelnya berjudul "Album Berikutnya" dan hanya memuat spekulasi blog atau forum penggemar tentang kemungkinan judul, atau lagu yang mungkin ada di album, dapat melanggar Wikipedia bukan bola kristal dan hanya boleh dikonfirmasi dalam artikel artis dengan sedikit informasi yang dapat diverifikasi tentangnya.

Tur konser

Tur konser mungkin bisa memiliki artikel sendiri jika mereka telah menerima liputan yang signifikan di berbagai sumber independen dan tepercaya, serta diselenggarakan di berbagai negara berdaulat selama sekurang-kurangnya satu tahun terakhir. Liputan tersebut dapat menunjukkan kelayakannya berkaitan dengan pendekatan artistik, kesuksesan finansial, hubungan dengan penonton, atau perihal lain. Sumber-sumber yang hanya menetapkan bahwa sebuah tur terjadi terjadi tidak cukup untuk menunjukkan kelayakan. Tur yang tidak memiliki referensi yang memadai dalam sumber sekunder harus dicakup dalam bagian di artikel artis daripada membuat artikel khusus. Tur yang memenuhi standar kelayakan bukan berarti semua tur yang terkait dengan artis tersebut juga layak. Tur konser Bad oleh Michael Jackson tahun 1988 dapat menjadi contoh.

Sumber daya

Sumber daring yang bagus untuk rekaman musik adalah mesin pencari MusicBrainz [catatan 6] atau mesin pencari AllMusic. Untuk menemukan informasi kepemilikan hak cipta teks lagu di Amerika Serikat, ASCAP ACE Title Search dan BMI Repertoire cukup berguna. Selain itu, pencarian buku Google mungkin menemukan sesuatu. Untuk materi yang telah menarik perhatian akademisi, pencarian di Google Scholar dapat digunakan

Pengguna berpengalaman dapat menyediakan panduan mudah untuk memastikan bahwa artikel tersebut memiliki kriteria.

Jika tidak layak

Wikipedia tidak mengizinkan artikel tentang tokoh, grup musik, atau karya musik yang tidak memenuhi kriteria kelayakan umum, pedoman ini, atau subjek yang, meski orang tersebut memenuhi kriteria yang dijelaskan di atas, tetapi pengguna tak menemukan sumber independen yang memberikan informasi mendalam tentang subjek. Tujuan Wikipedia adalah tidak memuat banyak sekali artikel yang sukar dikembangkan ("rintisan permanen problematis"), atau artikel yang hanya bertumpu pada apa yang dikatakan subjek tentang dirinya sendiri.

Namun, informasi tentang subjek boleh dimasukkan dengan cara yang berbeda di Wikipedia, asalkan kondisi tertentu terpenuhi. Materi tentang musisi, grup, atau karya yang tidak memenuhi syarat untuk berdiri sendiri dapat dipertahankan dengan menambahkannya ke dalam artikel yang relevan jika:

Sebagai contoh, artikel masing-masing anggota grup musik dapat digabungkan ke dalam artikel tentang grup musik. Artikel lagu dapat dijelaskan dalam diskografi atau album. Pengalihan yang tepat dari nama subjek dan entri di halaman disambiguasi dapat dibuat untuk membantu pembaca menemukan informasi tersebut.

Catatan kaki

  1. ^ Promosi diri dan penempatan produk bukanlah penentu sifat ensiklopedis artikel. Tulisan tersebut harus ditulis oleh pihak lain yang membahas tentang musikus, ansambel, komponis, lirikus, atau karya-karyanya. (Lihat kebijakan sumber buatan sendiri berkaitan dengan kualitas sumbernya, serta kebijakan konflik kepentingan berkaitan dengan materi vanitas.) Barometer kelayakan artikel adalah orang-orang yang independen (tidak memiliki kedekatan) terhadap subjek telah meninjau pokok bahasan mengenai musikus, ansambel, komponis, atau lirikus dan mempublikasikan karya nontrivialnya yang berfokus padanya. Alasannya cukup mudah – seseorang dapat dengan mudah membahas tentang dirinya sendiri dalam blog, situs web, penerbit buku, jejaring sosial, jejaring musik, dll., bukan berarti otomatis mereka layak memiliki perhatian yang cukup luas untuk menunjukkan kelayakannya. Namun Wikipedia bukan direktori.
  2. ^ a b Yang dimaksud "sumber yang dipublikasikan" cukuplah luas.
  3. ^ Contohnya, sokongan seorang musikus dalam publikasi promosi (seperti iklan, poster, selebaran, atau situs web resmi).
  4. ^ Secara umum, dalam ansambel kecil, semua anggotanya kemungkinan layak memiliki artikel, tetapi anggota paduan suara atau orkestra umumnya tidak layak memiliki artikel, sampai kelayakannya terpenuhi. Lihat pula: Wikipedia:Nggak ada yang peduli dengan band garasimu
  5. ^ Kadang dipertentangkan di masa lampau dan telah beberapa kali direvisi di Wikipedia bahasa Inggris. Diskusi 2006, 2008.
  6. ^ Mohon diperhatikan bahwasanya MusicBrainz adalah konten buatan pengguna (User Generated Content), dan bukan sumber tepercaya

Catatan untuk kelayakan lagu

  1. ^ "Subjek" karya tulis ini bersifat nontrivial dan tidak memiliki kedekatan dengan lagu/singel, musisi/bandnya, atau publikasinya, daftar harganya, dan materi lain yang tidak perlu
  2. ^ Jumlah sumber tepercaya yang diperlukan untuk membangun kelayakan dapat berbeda untuk lagu dari waktu ke waktu. Sumber tepercaya yang tersedia secara daring terus bertambah hingga saat ini.
  3. ^ "Nontrivial" termasuk situs pribadi, blog, majalah dinding, kiriman usenet, wiki, dan media lain yang tidak tepercaya. Waspada untuk memeriksa bahwa musisi, label, agen, vendor, dll. tidak memiliki afiliasi dengan pihak ketiga.
  4. ^ Promosi diri dan penempatan produk bukanlah penentu sifat ensiklopedis artikel. Tulisan tersebut harus ditulis oleh pihak lain yang membahas tentang karya tersebut. Barometer kelayakan artikel adalah orang-orang yang independen (tidak memiliki kedekatan) terhadap subjek telah meninjau pokok bahasan mengenai musikus, ansambel, komponis, atau lirikus dan mempublikasikan karya nontrivialnya yang berfokus padanya.