Wikipedia:Kelayakan artikel/Musik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kriteria kelayakan

Kriteria umum


Kriteria khusus

Tokoh
Geografi
Organisasi,
Perusahaan

Sekolah
Desa
Situs web
Film,
Acara televisi

Musik

Halaman ini membahas panduan bagi penulis Wikipedia terkait kriteria kelayakan artikel bertopik musik, termasuk artis, grup musik, album, dan lagu. Tidak terpenuhinya syarat ini bukanlah kriteria penghapusan cepat. Artikel yang tidak mengindikasikan kepentingan dapat segera dihapus mengikuti kriteria A7. Masalah signifikansi yang dipertentangkan kemungkinan tidak memenuhi A7, sehingga memerlukan usulan penghapusan guna meminta komunitas apakah artikel tersebut tetap dipertahankan di Wikipedia.

Banyak yang mencoba-coba menghabiskan waktunya untuk mengisi artikel bertopik musik di Wikipedia. Perlu diketahui bahwa gagal memenuhi persyaratan ini bukan syarat mutlak penghapusan, dan sebaliknya, pemenuhan salah satu kriteria bukan syarat mutlak artikel ini harus tetap dipertahankan di sini. Hal-hal semacam ini harap didiskusikan dahulu di usulan penghapusan.

Untuk memenuhi standar pemastian dan kelayakan, artikel yang dipermasalahkan harus mendokumentasikan kriteria yang sesuai. Sangat tidak cukup untuk membuat artikel yang sumbernya tidak ada atau buruk, atau untuk menegaskan kepentingan suatu grup musik band di halaman pembicaraan atau halaman UP – artikel tersebut harus mendokumentasikan kelayakannya melalui pemakaian sumber tepercaya, dan tidak ada kriteria yang memberikan pembebasan dari kewajiban sumber artikel yang diandalkan hanya karena bagian dari kriteria sudah memiliki klaim.

Baca kelayakan tokoh untuk artikel biografi umum.

Musisi dan ansambel

Musisi atau ansambel musik (termasuk band, penyanyi, rapper, orkestra, DJ, kelompok drama musikal, instrumentalia, dll.) layak jika setidaknya memenuhi kriteria sbb.:

  1. Sudah menjadi subjek dari berbagai macam tulisan yang nontrivial pada sumber yang dapat dipercaya, bukan sumber buatan sendiri, dan independen.[catatan 1]
    • Mencakup tulisan yang diterbitkan dalam koran, buku, majalah, media daring, dan dokumenter televisi[catatan 2] kecuali sebagai berikut:
      • Setiap cetakan ulang dari rilis pers, publikasi lain yang membahas diri seorang musisi atau ansambel, dan semua iklan yang menampilkan musisi atau ansambel, termasuk iklan produsen. [catatan 3]
      • Karya yang memuat cakupan trivial, seperti artikel yang melaporkan tanggal penampilan, informasi rilis atau daftar lagu, atau publikasi daftar kontak dan booking dalam sebuah direktori.
      • Artikel di koran internal sekolah dan kampus
  2. Telah memiliki singel atau album di tangga musik nasional negara mana pun.
  3. Memiliki catatan bersertifikasi emas atau lebih tinggi di setidaknya satu negara.
  4. Telah menerima liputan tur konser internasional yang bersifat nontrivial di sumber independen yang dapat diandalkan, atau tur konser nasional di setidaknya satu negara berdaulat.[catatan 4]
  5. Telah merilis dua atau lebih album di label rekaman besar atau di salah satu label indie yang cukup penting (yakni, label indie yang sudah memiliki rekam jejak lebih dari bertahun-tahun yang menaungi artis-artis terkenal secara independen) .
  6. Ansambel memuat dua atau lebih musisi terkemuka secara independen, atau musisi yang telah menjadi anggota yang cukup menonjol dari dua atau lebih ansambel terkemuka secara independen.[catatan 5] Hal ini perlu diadaptasi sesuai dengan genre musik; sebagai contoh, pernah menampilkan dua peran utama di gedung opera besar. Ingat, kriteria ini perlu diinterpretasikan dengan hati-hati, karena ada beberapa contoh saat kriteria ini dikutip secara melingkar sehingga menciptakan kelayakan otomatis (misalnya musisi yang cukup "dikenal" karena menjadi anggota dari dua band, atau "dikenal" atau "perlu memiliki artikel" karena bergabung dalam salah satu band)
  7. Sudah menjadi salah satu tokoh yang cukup menonjol dari suatu gaya musik atau skena; perhatikan bahwa subjek masih harus memenuhi verifikasi .
  8. Sudah memenangkan penghargaan musik seperti Grammy, Juno, Mercury, Choice, atau Grammis .
  9. Sudah meraih juara pertama, kedua, atau ketiga, dalam kompetisi musik utama.
  10. Sudah menampilkan karya musik untuk karya media yang cukup dikenal, misalnya, lagu tema acara TV, tampil dalam acara televisi atau film terkenal, dimasukkan dalam album kompilasi terkenal, dll. (Namun jika ini adalah satu-satunya klaim, mungkin lebih tepat untuk disebutkan di artikel utama dan dialihkan ke artikel itu. Baca kebijakan biografi orang hidup dan kelayakan tentang tokoh hanya untuk satu acara, untuk klarifikasi lebih lanjut).
  11. Telah tampil mengudara secara nasional dalam radio besar atau jaringan televisi musik.
  12. Telah menjadi subjek unggulan dari segmen siaran di seluruh jaringan radio atau televisi nasional.

Anggota individu, pemain acara realitas

  1. Anggota band yang layak tidak boleh dibuat artikelnya, kecuali jika individunya sendiri memang layak sesuai ketentuan biografi.
  2. Penyanyi dan musikus yang dikenal karena pernah menghadiri atau menjuarai ajang pencarian bakat boleh dialihkan ke artikel tentang acaranya, sampai sudah memiliki kelayakannya sendiri.

Komponis dan lirikus

Komponis, lirikus, dan pencipta lagu, mungkin layak jika mereka memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  1. Sudah memiliki kredit dalam menulis atau membantu menuliskan lirik atau musik untuk suatu komposisi terkenal
  2. Sudah menulis teater musikal dalam berbagai jenis (termasuk drama musikal, opera, dll.) yang dipertunjukkan di teater yang cukup diketahui.
  3. Sudah memiliki karya-karya yang digunakan sebagai dasar untuk komposisi selanjutnya oleh seorang penulis lagu, komponis, atau lirikus yang memenuhi kriteria di atas.
  4. Telah menulis komposisi yang telah memenangkan (atau dalam beberapa kasus telah diberikan tempat kedua atau lainnya) dalam kompetisi musik besar yang tidak ditetapkan secara tegas untuk pendatang baru.
  5. Telah terdaftar sebagai pengaruh utama atau guru dari seorang komposer, penulis lagu atau penulis lirik yang memenuhi kriteria di atas.
  6. Muncul cukup panjang dalam buku referensi standar tentang genre musik mereka.

Bila memungkinkan, komponis atau lirikus dengan materi yang tak dapat diverifikasi harus digabungkan ke dalam artikel yang membahas pekerjaan mereka. Ketika seorang komponis atau lirikus dikenal karena memiliki banyak karya, penggabungan seperti itu tidak mungkin dilakukan.

Lain-lain

Komponis dan penampil di luar media massa umum mungkin layak memiliki artikel jika mereka memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  1. Banyak dibahas dalam publikasi yang ditujukan untuk subbudaya musik tertentu yang dikenal.
  2. Sudah menyusun melodi, nada, atau standar yang digunakan dalam genre musik yang dikenal.
  3. Dikutip dalam sumber terpercaya sebagai pengaruh dalam gaya, teknik, perbendaharaan, atau pengajaran untuk genre musik tertentu.
  4. Dikutip oleh sumber yang dapat dipercaya karena telah berkontribusi dalam tradisi atau aliran genre musik.
  5. Sudah terdaftar sebagai pengaruh musik yang signifikan pada musisi atau komponis yang memenuhi kriteria di atas.

Rekaman

Artikel tentang album, singel, atau rekaman lainnya harus memenuhi pedoman kelayakan, dengan cakupan yang signifikan dalam sumber tepercaya yang independen dari subjeknya.

Untuk rekaman, rekaman dapat layak memiliki artikel jika memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  1. Sudah menjadi subjek dari berbagai macam tulisan yang nontrivial pada sumber yang dapat dipercaya, bukan sumber buatan sendiri, dan independen
    • Mencakup tulisan yang diterbitkan dalam koran, buku, majalah, media daring, dan dokumenter televisi[catatan 2] kecuali sebagai berikut:
      • Setiap cetakan ulang dari rilis pers, publikasi lain yang membahas rekaman, dan semua iklan yang menampilkan rekaman, termasuk iklan produsen.
      • Artikel di koran internal sekolah dan kampus
  2. Singel atau album muncul dalam tangga musik nasional negara mana pun.
  3. Rekaman sudah mendapatkan sertifikasi emas atau lebih tinggi di setidaknya satu negara.
  4. Rekaman tersebut memenangkan penghargaan musik besar seperti Grammy, Juno, Mercury, Choice, atau Grammis.
  5. Rekaman dilaksanakan di media yang penting, misalnya, untuk lagu tema acara TV, penampilan dalam acara televisi atau film terkenal, masuk ke dalam album kompilasi penting, dll. (Namun jika ini adalah satu-satunya klaim, mungkin lebih tepat untuk disebutkan di artikel utama dan mengarahkan ulang ke artikel itu. Baca kebijakan dan pedoman kelayakan tentang subjek yang terkenal hanya untuk satu peristiwa, untuk klarifikasi lebih lanjut).
  6. Rekaman itu disiarkan secara nasional oleh jaringan radio atau televisi musik.
  7. Rekaman tersebut telah menjadi subjek unggulan dari segmen siaran yang substansial di seluruh jaringan radio atau televisi nasional.

Di samping kelayakan, artikel yang berdiri sendiri hanya sesuai jika ada cukup bahan untuk menjamin artikel yang cukup rinci; artikel yang tidak dapat dikembangkan boleh digabungkan ke dalam artikel tentang artis, atau diskografinya.

Album

Album harus memiliki kelayakan sendiri, tidak dapat diwariskan, dan membutuhkan bukti independen. Meski artisnya sudah dikenal di khalayak, albumnya tidak selalu otomatis layak memiliki artikel. Namun sebaliknya, album tidak harus diciptakan oleh artis atau ansambel terkenal untuk mendapatkan artikel mandiri jika memenuhi pedoman kelayakan umum. Artikel album dengan sedikit lagu mungkin lebih cocok digabungkan ke dalam artikel utama artis atau artikel diskografi, jika memungkinkan.

Singel

Singel harus memiliki kelayakan sendiri, tidak dapat diwariskan, dan membutuhkan bukti independen. Meski artisnya sudah dikenal di khalayak, singelnya tidak selalu otomatis layak memiliki artikel. Artikel singel yang belum memenuhi kepentingan ini mungkin lebih cocok digabungkan ke dalam artikel utama artis, artikel diskografi, atau artikel album, jika memungkinkan.

Materi yang belum dirilis

Materi yang tak dirilis, seperti demo, kaset mixtape, bootleg, atau promo hanya layak bila sudah memiliki cakupan signifikan dalam sumber tepercaya.

Dalam sedikit sekali kasus, album yang belum pernah dirilis kemungkinan memenuhi syarat layak jika ada cukup informasi yang dapat diverifikasi dan direferensikan dengan benar tentangnya—contohnya di Wikipedia bahasa Inggris, album tahun 2008 Guns N' Roses, Chinese Democracy, memiliki artikel pada awal tahun 2004, karena sudah memiliki banyak sumber tepercaya berkaitan dengan tersendat-sendatnya Axl Rose dalam menggarap album ini. Namun, ini hanya berlaku untuk sejumlah kecil proyek yang sangat dikenal—umumnya, album tidak boleh memiliki artikel tersendiri sampai judul, daftar lagu, dan tanggal rilis semuanya telah dikonfirmasi secara publik oleh artis atau label rekaman mereka.

Tanggal rilis album harus dikonfirmasi dengan sumber yang dapat dipercaya. Artikel terpsiah tidak boleh dibuat sampai ada sumber informasi yang cukup diandalkan tentang rilis mendatang. Sebagai contoh, album mendatang yang artikelnya berjudul "Album Berikutnya" dan hanya memuat spekulasi blog atau forum penggemar tentang kemungkinan judul, atau lagu yang mungkin ada di album, dapat melanggar Wikipedia bukan bola kristal dan hanya boleh dikonfirmasi dalam artikel artis dengan sedikit informasi yang dapat diverifikasi tentangnya.

Lagu

Lagu dan singel akan layak jika subjeknya dipublikasi[1] dalam banyak sumber[2] yang nontrivial[3] serta independen terhadap artis dan label. Termasuk semua bentuk publikasi tertulis seperti koran, buku, dokumenter, atau ulasan. Tidak termasuk cetak ulang media atau rilis pers, atau publikasi lain yang artisnya, labelnya, agennya, atau pihaknya beriklan di situ.[4] Cakupan lagu dalam konteks ulasan album tidak membangun kelayakan. Jika hanya mencakup tinjauan album yang mana lagu itu termuat, maka bahaslah dalam artikel album dan artikel tersendiri tentang lagunya tidak boleh dibuat.

Di samping kelayakan, artikel yang berdiri sendiri hanya sesuai jika ada cukup materi untuk menjamin artikel yang cukup rinci; artikel yang tidak dapat dikembangkan harus digabungkan ke artikel tentang artis atau album

Artikel lagu harus memenuhi kriteria di atas. Salah satu faktor berikut menunjukkan bahwa sebuah lagu atau singel mungkin cukup layak sehingga pencakupannya dalam sumber independen yang dapat dipercaya akan berhasil.

  1. Diperingkatkan dalam tangga musik atau penjualan nasional (Ingat bahwa hal ini menunjukkan lagu tersebut cukup layak, bukan tangganya yang layak.)
  2. Sudah meraih penghargaan yang cukup penting seperti Grammy, Latin Grammy, Juno, Mercury, Choice, atau Grammis.
  3. Sudah dirilis sebagai rekaman oleh beberapa artis, band, atau grup yang cukup dikenal.

Lagu-lagu dengan versi daur ulang terkenal biasanya dibahas dalam satu artikel saja tentang lagu aslinya dan versi daur ulangnya.

  • Catatan 1: Lagu yang tidak layak untuk dibuatkan artikelnya harus dialihkan ke artikel lain yang relevan, seperti untuk penciptanya, albumnya, atau artis aslinya.
  • Catatan 2: Sumber wajib ditambahkan untuk setiap pengetahuan, sejarah, atau konten sekunder yang diwariskan. Wikiversitas dan Wikibuku memiliki kebijakan yang berbeda dan mungkin tempat yang lebih tepat untuk jenis konten ini.

Tur konser

Tur konser mungkin layak jika mereka telah menerima liputan yang signifikan di berbagai sumber independen yang dapat diandalkan. Liputan tersebut dapat menunjukkan kelayakannya berkaitan dengan pendekatan artistik, kesuksesan finansial, hubungan dengan penonton, atau perihal lain. Sumber-sumber yang hanya menetapkan bahwa sebuah tur terjadi terjadi tidak cukup untuk menunjukkan kelayakan. Tur yang tidak memiliki referensi yang memadai dalam sumber sekunder harus dicakup dalam bagian di artikel artis daripada membuat artikel khusus. Tur yang memenuhi standar kelayakan bukan berarti semua tur yang terkait dengan artis tersebut juga layak. Tur konser Bad oleh Michael Jackson tahun 1988 dapat menjadi contoh.

Sumber daya

Sumber daring yang bagus untuk rekaman musik adalah mesin pencari MusicBrainz [catatan 6] atau mesin pencari AllMusic. Untuk menemukan informasi kepemilikan hak cipta teks lagu di Amerika Serikat, ASCAP ACE Title Search dan BMI Repertoire cukup berguna. Selain itu, pencarian buku Google mungkin menemukan sesuatu. Untuk materi yang telah menarik perhatian akademisi, pencarian di Google Scholar dapat digunakan

Pengguna berpengalaman dapat menyediakan panduan mudah untuk memastikan bahwa artikel tersebut memiliki kriteria.

Jika subjeknya tidak layak

Wikipedia tidak mengizinkan artikel tentang tokoh, grup band, atau karya musik yang tidak memenuhi kriteria kelayakan umum, pedoman ini, atau subjek yang, meski orang tersebut memenuhi kriteria yang dijelaskan di atas, tetapi pengguna tak menemukan sumber independen yang memberikan informasi mendalam tentang subjek. Tujuan Wikipedia adalah tidak memuat banyak sekali artikel yang sukar dikembangkan, atau artikel yang hanya bertumpu pada apa yang dikatakan subjek tentang dirinya sendiri

Namun, informasi tentang subjek boleh dimasukkan dengan cara yang berbeda di Wikipedia, asalkan kondisi tertentu terpenuhi. Materi tentang musisi, grup, atau karya yang tidak memenuhi syarat untuk berdiri sendiri dapat dipertahankan dengan menambahkannya ke dalam artikel yang relevan jika:

Sebagai contoh, artikel masing-masing anggota grup musik dapat digabungkan ke dalam artikel tentang grup musik. Artikel lagu dapat dijelaskan dalam diskografi atau album. Pengalihan yang tepat dari nama subjek dan entri di halaman disambiguasi dapat dibuat untuk membantu pembaca menemukan informasi tersebut.

Catatan kaki

  1. ^ Promosi diri dan penempatan produk bukanlah penentu sifat ensiklopedis artikel. Tulisan tersebut harus ditulis oleh pihak lain yang membahas tentang musikus, ansambel, komponis, lirikus, atau karya-karyanya. (Lihat kebijakan sumber buatan sendiri berkaitan dengan kualitas sumbernya, serta kebijakan konflik kepentingan berkaitan dengan materi vanitas.) Barometer kelayakan artikel adalah orang-orang yang independen (tidak memiliki kedekatan) terhadap subjek telah meninjau pokok bahasan mengenai musikus, ansambel, komponis, atau lirikus dan mempublikasikan karya nontrivialnya yang berfokus padanya. Alasannya cukup mudah – seseorang dapat dengan mudah membahas tentang dirinya sendiri dalam blog, situs web, penerbit buku, jejaring sosial, jejaring musik, dll., bukan berarti otomatis mereka layak memiliki perhatian yang cukup luas untuk menunjukkan kelayakannya. Namun Wikipedia bukan direktori.
  2. ^ a b Yang dimaksud "sumber yang dipublikasikan" cukuplah luas.
  3. ^ Contohnya, endorsement seorang musikus dalam publikasi promosi (seperti iklan, poster, selebaran, atau situs web resmi).
  4. ^ Kadang dipertentangkan di masa lampau dan telah beberapa kali direvisi di Wikipedia bahasa Inggris. Diskusi 2006, 2008.
  5. ^ Secara umum, dalam ansambel kecil, semua anggotanya kemungkinan cukup dikenal, tetapi sebagai contoh, anggota paduan suara tidak cukup dikenal.
  6. ^ Mohon diperhatikan bahwasanya MusicBrainz adalah konten user generated (UGC), dan bukan sumber tepercaya

Catatan untuk kelayakan lagu

  1. ^ "Subjek" karya tulis ini bersifat nontrivial dan tidak memiliki kedekatan dengan lagu/singel, musisi/bandnya, atau publikasinya, daftar harganya, dan materi lain yang tidak perlu
  2. ^ Jumlah sumber tepercaya yang diperlukan untuk membangun kelayakan dapat berbeda untuk lagu dari waktu ke waktu. Sumber tepercaya yang tersedia secara daring terus bertambah hingga saat ini.
  3. ^ "Nontrivial" termasuk situs pribadi, blog, majalah dinding, kiriman usenet, wiki, dan media lain yang tidak tepercaya. Waspada untuk memeriksa bahwa musisi, label, agen, vendor, dll. tidak memiliki afiliasi dengan pihak ketiga.
  4. ^ Promosi diri dan penempatan produk bukanlah penentu sifat ensiklopedis artikel. Tulisan tersebut harus ditulis oleh pihak lain yang membahas tentang karya tersebut. Barometer kelayakan artikel adalah orang-orang yang independen (tidak memiliki kedekatan) terhadap subjek telah meninjau pokok bahasan mengenai musikus, ansambel, komponis, atau lirikus dan mempublikasikan karya nontrivialnya yang berfokus padanya.