Wikipedia:Arsip halaman utama/2024/01/28

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Ilustrasi Turk oleh Karl Gottlieb von Windisch, dalam buku Inanimate Reason tahun 1784

Turk adalah sebuah alat yang dibuat pada akhir abad ke-18 yang diklaim dapat bermain catur sendiri. Dari tahun 1770 hingga kemusnahannya dalam kebakaran pada tahun 1854, mesin ini dipamerkan di berbagai tempat dan tampak mampu bermain catur dengan kuat melawan manusia. Alat ini juga mampu memecahkan teka-teki perjalanan kuda, yaitu yaitu menempuh seluruh petak di papan catur dengan hanya gerakan kuda catur (gerakan "L") tanpa mengulangi petak yang sama. Turk sebenarnya mengandalkan ilusi sulap, dengan memanfaatkan seorang pecatur manusia yang mengendalikannya sambil bersembunyi di dalam alat. Berkat keahlian operator tersembunyi ini, Turk memenangkan banyak pertandingan catur yang diselenggarakan pada saat pameran keliling Eropa dan Amerika selama hampir 84 tahun, serta pernah bermain dan mengalahkan para tokoh besar seperti Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin. Di antara master catur yang mengendalikannya secara tersembunyi antara lain adalah Johann Baptist Allgaier, Boncourt, Aaron Alexandre, William Lewis, Jacques François Mouret, dan William Schlumberger. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Penyatuan JermanJohn KnoxGanimede (satelit)

Tahukah Anda

{{{title}}}
Seorang gadis berbalur thanakha

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada Januari 2024.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

28 Januari:

Tanggal lain: 27 Januari 28 Januari 29 Januari

Hari ini tanggal 28 Januari 2024 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Kuil Byodo-In ini adalah sebuah kuil Buddha non denominasi yang terletak di Pulau Oahu, Hawaii. Kuil ini merupakan replika dari kuil Byōdō-in yang berusia 900 tahun di Uji, Kyōto, Jepang.
Kuil Byodo-In ini adalah sebuah kuil Buddha non denominasi yang terletak di Pulau Oahu, Hawaii. Kuil ini merupakan replika dari kuil Byōdō-in yang berusia 900 tahun di Uji, Kyōto, Jepang.
(ukuran asli: 5.472 × 3.648 piksel, 3,47 MB)

Oleh: TParis
Lisensi: CC BY-SA 4.0