Byōdō-in

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Byōdō-in

Byōdō-in (平等院) adalah nama kuil Buddha yang terletak di Kota Uji, Prefektur Kyoto, Jepang. Sebagai bagian dari Monumen Bersejarah Kyoto Kuna, Kuil Byodoin ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Museum Hoshokan yang didirikan dekat komplek kuil menjadi tempat penyimpanan berbagai pusaka negara dari abad ke-11. Kuil ini juga terukir pada koin pecahan 10 Yen.

Kuil ini menunjukkan kejayaan Klan Fujiwara. Pada awalnya merupakan sebuah villa di sebelah barat Sungai Uji yang dimiliki oleh Minamoto no Toru yang kemudian diberikan kepada Fujiwara no Michinaga.[1] Putranya yang bernama Yorimichi mengubahnya menjadi sebuah kuil (1052) yang memuliakan Amitabha Tathagata. Balai Burung Hong yang dikelilingi oleh Kolam Aji (Aji Ike) memperlihatkan adanya pengaruh taman dari Era Heian.[1]

Kuil ini terkenal dengan arsitektur Balai Burung Hong (Hōō-dō), sebuah bangunan yang dibangun berdasarkan istana di surga Buddha Tanah Murni. Balai ini terdiri atas koridor sayap kanan dan kiri serta koridor ekor. Di dalamnya terdapat koleksi karya seni Sekte Jodo dari periode Heian seperti patung Amitabha Tathagata, satu-satunya karya Jocho, seorang pematung ternama Era Heian. Balai Burung Hong juga menyimpan sekitar 52 patung bodhisatwa (Unchu Kuyo Bosatsu) serta lukisan dinding. Banyak pusaka lain yang berada di tempat ini juga berasal dari Zaman Heian, misalnya lukisan Amitabha, genta, dan sepasang patung burung hong.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Byodoin Temple, kyototourism, 10-06-2020.