Tim nasional sepak bola Curaçao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Curaçao
Lencana kaos/Lambang Asosiasi
Asosiasi FFK
Konfederasi CONCACAF
Sub-konfederasi CFU (Karibia)
Penampilan terbanyak Shanon Carmelia (27)
Pencetak gol terbanyak Felitciano Zschusschen (9)
Stadion kandang Stadion Ergilio Hato
Kode FIFA CUW
Warna pertama
Warna kedua
Pertandingan internasional pertama
Aruba 0–4 Curaçao
(Aruba, 6 April 1924)
 Republik Dominika 1–0 Curaçao 
(Dominican Republic, 18 August 2011)
Kemenangan terbesar
Curaçao 14–0 Puerto Riko 
(Kolombia, 21 December 1948)
Kekalahan terbesar
 Belanda 8–1 Curaçao
(Belanda, 23 April 1948)

Tim nasional sepak bola Curaçao (bahasa Belanda: Curaçaos voetbalelftal; Papiamentu, Selekshon di Futbòl Kòrsou) mewakili Curaçao di sepak bola internasional dan dikendalikan oleh Federasi Sepak Bola Curaçao.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tim nasional sepak bola pertama yang menyandang nama Curaçao adalah tim nasional sepak bola Teritori Curaçao, yang memulai debutnya pada tahun 1924 di sebuah pertandingan tandang melawan Aruba. Teritori Curaçao memenangkan pertandingan ini.

Pada Desember 1954, Teritori Curaçao menjadi bagian dari Antillen Belanda, dan mengikuti perubahan konstitusi Antillen Belanda menjadi sebuah negara dalam Kerajaan Belanda, yang mencakup pulau Aruba, Bonaire, Saba, Sint Eustatius dan Sint Maarten. Nama tim Curaçao juga berubah menjadi tim nasional Antillen Belanda, yang mewakili enam pulau.

Pada tahun 1986, Aruba menjadi negara dalam Kerajaan tersendiri, memiliki tim nasional sepak bola Aruba dan kemudian pemain-pemaim dari Aruba tidak lagi mewakili Antillen Belanda.

Pada 10 Oktober 2010, Antillen Belanda dibubarkan, kemudian Curaçao dan Sint Maarten menjadi negara tersendiri, sementara Bonaire, Saba dan Sint Eustatius menjadi bagian dari Belanda. Meskipun bukan negara berdaulat, Curaçao (pulau terbesar wilayah di Antillen Belanda) muncul dalam daftar anggota FIFA pada bulan Maret 2011, sebagai penerus dari Antillen Belanda.

Setelah mengambil keanggotaan Antillen Belanda di FIFA, Curaçao diakui sebagai penerus langsung dari negara tersebut (demikian pula untuk Serbia yang dianggap penerus langsung dari Yugoslavia, dan Rusia untuk Uni Soviet), dan mengambil catatan-catatan sejarah dan peringkat FIFA Antillen Belanda.

Mereka memainkan pertandingan pertama mereka sebagai tim nasional Curaçao pada 20 Agustus 2011 melawan Republik Dominika di Stadion Panamericano, dan pertandingan ini berakhir dengan kekalahan 1-0 untuk Curaçao.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Konvokatorio di Futbòl Kòrsou ta yega for di Hulanda faltando diferente hungado". deporteawe.com. 3 October 2016. Diakses tanggal 22 March 2017.