Sukabangun, Tapanuli Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sukabangun
(Peta Lokasi) Kecamatan Sukabangun, Tapanuli Tengah.svg
Peta lokasi Kecamatan Sukabangun
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KabupatenTapanuli Tengah
Pemerintahan
 • CamatRaja Asi Purba
Populasi
 (2020)
 • Total4.111 jiwa
 • Kepadatan83/km2 (210/sq mi)
Kode Kemendagri12.01.18 Edit the value on Wikidata
Luas49,37 km²
Desa/kelurahan6 desa

Sukabangun adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Indonesia. Ibu kota kecamatan ini berada di desa Pulo Pakkat I. Luas kecamatan ini adalah 49,37 km², dengan jumlah penduduk tahun 2020 sebanyak 4.111 jiwa, dan kepadatan 83 jiwa/km². Kecamatan-kecamatan yang ada Tapanuli Tengah banyak yang berada di tepi pantai, tetapi kecamatan Sukabungun tidak memiliki kawasan pantai, dan berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Selatan.[1]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Tapanuli Tengah termasuk salah satu kabupaten yang beragam berdasarkan Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat (SARA). Suku yang mendiami kawasan kecamatan Sukabangun ini kebanyakan merupakan suku Batak Toba dan suku Pesisir.[2] Selain itu adapula sebagian lagi berasal dari suku Batak Angkola, Melayu, Jawa, Nias, Minangkabau, dan sebagian kecil dari suku lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, pemeluk agama Kristen sebanyak 78,86%, dimana Protestan 53,64% dan Katolik 25,22% dan selebihnya memeluk agama Islam 21,14%.[1] Pekerjaan utama warga merupakan petani, khususnya sawah, karet dan kelapa sawit. Ada pula yang bekerja sebagai peternak (ayam, babi, kambing), dan sebagian merupakan pedagang, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kecamatan Sukabangun Dalam Angka 2020" (pdf). www.tapanulitengahkab.bps.go.id. Diakses tanggal 1 Oktober 2020. 
  2. ^ "Mengetahui Apa itu Suku Batak Pesisir-Pasisi". www.tobato.com. Diakses tanggal 14 Februari 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]