Simon (saudara Yesus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Simon bin Yusuf)
Lompat ke: navigasi, cari
Kemartiran St. Simeon (Menologion of Basil II, abad ke-10)

Simon adalah nama saudara laki-laki Yesus menurut Perjanjian Baru Alkitab Kristen. Ada tersirat bahwa nama ibunya adalah Maria, dan saudara-saudaranya yang lain adalah Yakobus, Yoses dan Yudas.

Namanya hanya dicatat 1 kali dalam Injil Matius dan 1 kali dalam Injil Markus dalam konteks yang sama:

  1. "Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita?" (Matius 13:55-56)
  2. "Bukankah Ia [Yesus] ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" (Markus 6:3)

Gereja Katolik mendefinisikan suatu doktrin bahwa "saudara-saudara Yesus" bukanlah anak-anak biologis Maria,[1] bagian dari doktrin keperawanan abadi Maria, sehingga menolak gagasan bahwa Simon adalah anak kandung Maria, dan menunjukkan bahwa yang disebut Desposyni adalah anak-anak Yusuf dari perkawinan sebelumnya (berarti saudara-saudara tiri Yesus karena pernikahan; tidak sebapa maupun seibu kandung) atau saudara-saudara sepupu Yesus.[2] Catholic Encyclopedia menganggap bahwa Simon ini kemungkinan adalah orang yang sama dengan Simeon dari Yerusalem atau Simon orang Zelot.[2]

James Tabor, dalam buku kontroversialnya The Jesus Dynasty, menyatakan bahwa Simon adalah anak Maria dan Klopas.[3] Sementara Robert Eisenman menyatakan bahwa ia adalah Simon Kefas (Simon Sang Batu Karang), yang dikenal dalam bahasa Yunani sebagai Petrus (petros = batu), yang memimpin komunitas Kristen Yahudi setelah kematian Yakobus pada tahun 62.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Jimmy Akin, Ossuary of James - I: Burial Box of St. James Found?, Catholic Answers 
  2. ^ a b (Inggris) "The Brethren of the Lord". New Advent. Diakses 6 November 2011. 
  3. ^ (Inggris) Tabor, James (2006). The Jesus Dynasty. Simon and Schuster. hlm. 90–91. 
  4. ^ (Inggris) Eisenman, Robert (2007), "James the Brother of Jesus" (Watkins)