Simon bin Yusuf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Simon adalah nama saudara laki-laki Yesus menurut Perjanjian Baru Alkitab Kristen. Namanya hanya dicatat 1 kali dalam Injil Matius dan 1 kali dalam Injil Markus dalam konteks yang sama:

  1. "Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita?" (Matius 13:55-56)
  2. "Bukankah Ia [Yesus] ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" (Markus 6:3)

Ada yang menyebutnya Simon dari Yerusalem. Tidak diketahui lebih lanjut nasibnya.

Tradisi Kristen[sunting | sunting sumber]

Dalam Gereja Katolik Roma, mengikuti doktrin "Keperawanan Abadi Maria", Catholic Encyclopedia menolak pendapat bahwa Simon adalah anak kandung Maria, melainkan menyarankan bahwa Simon digolongkan desposyni yaitu putra-putra Yusuf dari perkawinan sebelumnya (berarti saudara tiri Yesus karena pernikahan; tidak sebapa maupun seibu kandung) atau saudara sepupu Yesus.[1] Catholic Encyclopedia menduga bahwa Simon ini sama dengan Simeon dari Jerusalem atau Simon orang Zelot.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Brethren of the Lord". New Advent. Diakses 6 November 2011.