Rockmelt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


RockMelt
RockMelt
RockMelt
contoh gambar layar pada RockMelt
Perancang Tim Howes, Eric Vishria
Pengembang Netscape Mark Andressen
Rilis perdana November 2010
Situs web resmi http://www.RockMelt.com

RockMelt adalah peramban web terbaru yang diciptakan oleh Tim Howes dan Eric Vishria, dan telah dikembangkan berdasarkan teknologi chromium dengan proyek open source. Selain itu, RockMelt merupakan hasil proyek open source yang sama dengan Google Chrome. Peramban web ini memfokuskan pada layanan mencari informasi serta dapat berbagi informasi atau berbicara secara online dengan teman dalam jejaring sosial pada waktu bersamaan tanpa membuka tab baru lagi. Maka, seperti yang dijelaskan pada blog resmi RockMelt, dikatakan bahwa tujuan utama mereka dalam pembentukan peramban ini ialah untuk membagi dan tetap berhubungan dengan teman, selalu medapatkan informasi terbaru serta, dapat mencari informasi juga. Peramban web ini cukup berguna bagi penikmat jejaring sosial seperti, Facebook yang dapat diintegrasikan dengan Twitter, Youtube dan sebagainya, yang dapat melakukan chatting dikala sedang mencari informasi. RockMelt dapat digunakan bagi para pengguna yang mempunyai akun Facebook [1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, 2009, Tim Howes dan Eric Vishria mengembangkan RockMelt dengan tujuan untuk memberikan kesenangan bagi penggunanya serta, mempercepat pencarian yang dituju. Setelah mereka melakukan beberapa observasi, mereka pun menemukan inspirasi untuk mengembangkan browser yang mereka kembangkan dengan menambahkan jejaring sosial pada sisi tampilan RockMelt.

Selanjutnya, mereka mengembangkan browser ciptaan mereka yang dirilis pada November 2010. Dalam pengembangan peramban web baru ini, mereka dibantu oleh beberapa organisasi keuangan seperti, Andreessen Horrowitz, Accel Partners, Khosla Ventures, First Round Capital, Industry Legends Bill Campbell [2] . Tetapi, RockMelt lebih didominasi oleh lembaga keuangan Andressen Horrowitz, yang merupakan perusahaan Netscape Mark Andressen, yang dimana Howes bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu,kini, Eric Vishria yang menduduki sebagai CEO Rockmelt. Awalnya, Mark Andressen hadir dikala sedang maraknya perang peramban pada sekitar tahun 1990 [3]. Maka, Mark Andressen mengemukakan bahwa akan diciptakan peramban yang berbeda dari yang lainnya, yang dimana sedang marak-maraknya membuat sebuah peramban web.

Kini, RockMelt telah mempunyai versi beta. Peramban ini awalnya harus meminta undangan terlebih dahulu sebelum menggunakan peramban ini. Tetapi dengan berjalannya waktu, peramban ini dapat digunakan dengan cara didownload di seluruh situs pencarian. Peramban ini dapat difungsikan oleh para pengguna OS Windows dan Mac [4]. Sehingga, pada awalnya RockMelt dirilis hanya untuk para pengguna iPad dan iPhone pada tahun 2012. Tetapi, kini para penggunaios [5] dapat menggunakan peramban RockMelt ini.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa manfaat dalam menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam peramban web ini yang berbeda dari peramban-peramban yang ada seperti, fasilitas dalam mendapatkan informasi terbaru serta, dapat saling berbicara dengan teman yang lain pada waktu yang bersamaan dan dapat memberikan fasilitas dalam situs yang akan dikunjungi berkali-kali tanpa harus mencarinya lagi, yang disebut dengan kolom berbagi, seperti Facebook, Twitter, Youtube dan sebagainya yang disuguhkan oleh pihak RockMelt. Didalam tampilan peramban ini disediakan beberapa aplikasi-aplikasi yang dapat secara otomatis memberikan informasi ketika terdapat informasi terbaru, tanpa harus membuka tab baru dahulu.

Obrolan[sunting | sunting sumber]

Pengguna peramban ini juga dapat berbicara secara kepada teman dalam jejaring sosial yang dimilikinya, seperti Facebook. Maka, peramban web ini mempunyai sistem pribadi tersendiri dengan mendaftar pada akun Facebook[6] pengguna terlebih dahulu sebelum menggunakan peramban RockMelt ini. ketika, pengguna ingin menggunakan peramban ini lagi, dapat secara otomatis masuk kepada akun yang telah divalidasi sebelumnya. Seperti, Facebook. Awalnya, pengguna akan mendaftarkan akun Facebook -nya. Setelah itu, secara otomatis akan terkoneksi pada teman-teman dalam Facebooknya.

Berbagi[sunting | sunting sumber]

Selain itu, terdapat fitur berbagi, yang berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengunjungi situs-situs yang disuguhkan RockMelt, dan secara otomatis memberikan tanda apabila terdapat informasi terbaru.

Didalam halaman peramban terdapat fasilitas berbagi disebelah kolom pencarian. Fasilitas berbagi ini berfungsi untuk memudahkan proses membagi informasi yang kita dapat kepada teman-teman dalam jejaring sosial seperti, Facebook, Twitter maupun mengirimkan informasi tersebut sebagai pesan pribadi.

Didalam bagian ini, selain adanya fasilitas berbagi, terdapat beberapa hal yang sering ditemukan dalam situs Facebook. Hal-hal tersebut antara lain ialah pengguna dapat melihat status akhir dari teman-teman dalam Facebook, bahkan dapat meletakkan teman yang sering dituju pada tampilan paling awal. Sehingga, secara manual mendapatkan informasi teman favorit tersebut.

Penanda[sunting | sunting sumber]

Selain adanya fasilitas berbagi, disatu sisi terdapat bookmarks. Bookmarks berfungsi sebagai tanda dari situs yang kita ingin kunjungi kembali, tanpa harus membuka situs itu dari awal lagi.

Penelusuran[sunting | sunting sumber]

Segala hal-hal yang disebutkan sebelumnya, tidak mengganggu pengguna kegiatannya yang lain seperti sedang mencari informasi dalam situs-situs lainnya. Karena, RockMelt menyediakan tampilan khusus pada bagian yang berfungsi untuk mencari situs-situs yang dituju secara otomatis. Selain situs-situs yang akan dicari, dalam bagian kolom pencarian ini secara otomatis akan mencari pada pencarian di situs Google [7].

Selain dengan adanya berbagai fitur-fitur yang disediakan RockMelt, yang membedakan peramban ini ialah dengan penelusuran situs-situs yang dituju dengan cepat. Hal ini dapat dilihat dari tujuan awal Tim Howes dan Eric Vishria dalam menciptakan peramban ini, yaitu peramban yang dapat mempercepat mencari informasi melalui situs-situs yang dituju[butuh rujukan]. Contohnya, apabila ingin mengetahui siapa saja yang sedang berulang-tahun dari teman-teman yang ada di Facebook, pengguna RockMelt dapat melihat hal tersebut dihalaman depan atau dikenal sebagai halaman depan tanpa harus membuka situs Facebook terdahulu.

Penyimpan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selain untuk melihat siapa saja yang berulang-tahun, di dalam halaman depan, pengguna RockMelt dapat langsung mengklik situs-situs terakhir yang digunakannya sebelumnya. Hal ini juga dapat didapatkan dalam peramban web Google Chrome. Seperti yang diketahui sebelumnya, RockMelt merupakan salah satu keluaran teknologi chromium dengan proyek open source yang sama seperti Google Chrome.

Tema dan Tampilan yang Dapat Diubah[sunting | sunting sumber]

Didalam peramban ini, dapat mengubah tema - tema dalam halaman depan yang beraneka-ragam [8]. Tema-tema tersebut dapat didapatkan dalam pengaturan yang sudah menyediakan berbagai tema-tema unik sesuai dengan tema yang diinginkan pengguna.

Bentuk halaman depan dengan bentuk halaman depan dalam Windows dan Mac, berbeda tampilannya dengan halaman depan dalam bentuk iPad maupun iPhone. Dalam iPhone, bentuk halaman depannya lebih kecil dan cenderung berbentuk kotak yang memanjang kebawah, serta Eric Vishria mengatakan bahwa segala ikon yang disediakan dalam iPhone sudah disesuaikan dengan jari jempol manusia. Selain itu, apabila diposisikan menyamping, tampilan halaman depan akan berbentuk satu atau dua kolom tanpa menghilangkan situs yang sedang digunakan pengguna RockMelt. Selain itu, RockMelt dalam iPhone menyediakan fitur memberikan karakter, yang menyediakan fasilitas bentuk-bentuk ekspresi yang beraneka-ragam. Selain itu, terdapat fitur yang berbeda dengan halaman depan dalam PC atau Windows maupun mac, di dalam iPhone terdapat fitur yang dapat mengganti halaman depan ataupun situs yang dituju dengan menggesernya menggunakan jari jempol ke kanan ataupun ke kiri [9]. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan menyimpan situs yang ingin dibacanya nanti ataupun ingin membacanya kembali, ataupun ingin menutup situs [10]. tersebut. Dari segala kegiatan yang dilakukan, situs-situs yang dituju akan dapat disimpan, sehingga dapat digunakan lagi apabila diperlukan nantinya.

Omnibox[sunting | sunting sumber]

Dalam tab, di dalam tab ini terdapat istilah omnibox [11]. Omnibox ini mempunyai fungsi, yaitu dengan mengetik nama teman dalam Facebook yang dituju, dapat mengirimkan pesan tanpa harus membuka situsnya terlebih dahulu.

Situs-Situs yang bekerjasama dengan RockMelt[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa situs-situs yang bekerjasama dengan RockMelt yang dapat mempermudah pengguna RockMelt untuk memberikan serta mencari informasi dengan cara yang lebih cepat tanpa harus membuka situs-situs yang dituju di tab yang berbeda[butuh rujukan].
Situs-situs tersebut antara lain:

bidang situs
Hiburan PopSugar
Gawker
Perez Hilton
Jezebe
Yahoo!: Artis
People
TMZ
U. S. Weekly
gaya hidup Brain Pickings
Autoblog
boing boing
The 99 percent
Trend Hunter
Contemporist
Dezeen
Laughing Squid
io9
Jalopnik
Life Hacker
Paul Tans Automotive
Archdaily
Cool Hunting
Esquire
Refinery29
Slideshare
Treehugger
AOL
Mode The Sartorialist
We heart it
Hypebeast
lookbook
Permainan Amor games
g4 TV
Kotaku
Massively
wow insider
1up
The Escapist
Gamespot
Joystiq
Nintendo
The wowhead blog
dunia gadget Geek Sugar
Engadget
Macrumors
Thinkgeek
Tuaw
blog Wordpress.com News
CSS-Tricks
How stuff works
Lelucon 1000 Awesome Things
Clients from hell
The Daily the art of trollong
cracked
damn! LOL
dear girls above me
Graphjam
I can has cheezburger
Memebase
Very demotivational
Damn you auto correct!
Fall blog
The oatmeal
omg facts
The hairpin
The onion
Virtual shackles
Know your meme new
The fluffington post
Amazing Super Powers
Buzzfeed
College Humor
Dorkly
Funny or die
Taste of awesome
xkcd
Industri pemberitaan NYT: dealbook
All facebook
Digital buzz blog
xconomy
seomoz: daily seo blog
Paidcontent
Search engine land
Bussiness insider
yahoo: business
Convince and convert
Inside facebook
Social media examiner
Musik Baeblemusic
Datpiffs newest mixtap
Retty much amazing
Pitchfork
Good music all day
Vacay wave
Berita dan tajuk rencana Al jazeera- English
BBC news
The atlantic
Fox news
The guardian world
Huffington post
Reuters
Wall street journal
Associated press
NYT:Paul Krugman
CNET news
Google news
yahoo: 2012 elections
yahoo: politics
yahoo: us news
yahoo: world
msnbc
CNN top stories
Fortune
New Zealand
Herald
USA today
The times of india!
Chicago tribune
Mail online
Forbes
Financial times
inc
Los Angeles times
NPR news
New York Times
Politico
Reddit
Slate
Startribune
The daily beast
Theblaze
Washington post
The Washington times
fotografi dan seni 500px
Petapixel
Behance network feat
The big picture
Society of digital artists
situs berbelanja Uncrate
Nice kicks
Woot!
sosial Tumblr
Pixable
Digg
Twitter
Facebook
olahraga Bleacher report
Deadspin
Sport illustrated
ESPN
yahoo! Sport
Chricket news from ESPN
Grantland
teknik AllthingsD
Techcrunch
Intomobile
Neowin
GigaOM
VentureBeat
Giszmodo
mashable!
Wired: top stories
The next web
yahoo: tech
Pandodaily
Portableapps
Scobleizer
Technologizer
Anandtech
BGR
Digital trends
Eweek
Readwriteweb
Techmeme
Technology review
The verge
Tom's hardware
Video, TV, Hiburan TED talks
Filmdrunk
IMBD news
TVguide
Digital spy
Hulu
Tokyohive
TVline
youtube [12]

Logo RockMelt[sunting | sunting sumber]

Ketika pekerja membangun peramban ini, mereka menyambut proyek ini dengan baik. Dikarenakan, mereka membuat sebuah logo yang dapat memberikan respon bagi aplikasi browser lainnya seperti, Google, Apple, Facebook.

Jika, mengatakan mengenai logo atau lambang dari peramban ini, logo RockMelt telah melalu beberapa tahap perubahan logo yang bermacam-macam. Selain itu, penggunanya dapat menikmati peramban ini dikarenakan peramban ini dapat memberikan manfaat pada dirinya dari apa yang pengguna ingin dapatkan, seperti informasi yang tak berujung, kebebasan dalam bernavigasi, serta dapat memilih media dalam menggunakan teknologi ini, dan juga dapat dilihat dari sisi sosialnya.

Setelah mempelajari berbagai bentuk dari berbagai pendapat, akhirnya logo tersebut memilih tipografi. Selain itu, logo ini diinspirasikan dari nuansa geometris dari Andy Gilmore’s work [13].

Kalau dilihat dari segi warna, orange, dipilih warna ini dikarenakan warna ini merupakan warna yang merupakan warna warisan yang dapat diartikan sebagai; lava, panas, kinetis, serta penuh dengan berbagai potensi [14].

Kelebihannya[sunting | sunting sumber]

seperti yang dikatakan sebelumnya, peramban web ini menyediakan berbagai fitur -fitur yang mempermudah penggunanya untuk mencari informasi secara cepat serta, dapat berbicara dengan teman Facebooknya tanpa harus membuka situs Facebook terlebih dahulu. Peramban web ini diciptakan bagi penikmat jejaring sosial yang juga menggunakan beberapa waktunya untuk mencari informasi dalam situs-situs tertentu sesuai dengan informasi yang dicari. serta, mendapatkan berbagai informasi dari situs-situs yang sering dicari oleh penggunanya [15]. Terlebih lagi, peramban web ini memberikan fitur-fitur yang dapat mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yang diinginkannya.

Kelemahannya[sunting | sunting sumber]

RockMelt merupakan peramban web baru yang masih dalam masa perkembangan. Maka, Tim Howes dan Eric Vishria terus-menerus menciptakan inovasi baru lagi yang dapat membantu pengguna RockMelt dalam mencari informasi maupun berbagi informasi.

Dalam menggunakan peramban web ini, terdapat kenyamanan dalam menggunakan peramban ini dengan melalui windows, karena apabila digunakan pada media seperti iPad dan iPhone, pengguna tidak dapat melihat berita terbaru dalam satu halaman yang sama, tanpa harus mengganggu pengguna dalam mencari informasi[butuh rujukan].

Selain itu, situs-situs yang disediakan oleh RockMelt khususnya pada situs yang bekerja sama dengan RockMelt, hanya terdapat beberapa saja yang dapat diletakkan dalam berbagi pada halaman depan RockMelt. Sedangkan, situs-situs lain yang tidak bekerjasama dengan RockMelt hanya dapat di bookmarks atau di favoritkan saja dan letaknya berbeda dengan pada bagian berbagi. Selain tampilannya, situs-situs lain yang tidak dapat diletakkan pada bagian berbagi yang hanya diletakkan pada bagian bookmarks atau favorit, jika diklik dapat mengubah situs yang baru dalam tab yang sama sehingga berbeda dengan fitur berbagi, yang tampilannya, tidak dapat mengganggu situs yang sedang digunakannya.

Selain itu, di dalam peramban ini dituntut bagi penggunanya untuk mempunyai akun Facebook[16]. Untuk menggunakan peramban ini pengguna diharuskan untuk masuk ke akun Facebook terlebih dahulu. Apabila sudah masuk pada akun Facebook, secara otomatis pengguna dapat melihat teman dari Facebook yang sedang online. Apabila yang menggunakan peramban ini bukanlah pengguna Facebook, maka terdapat kemungkinan mengobrol ataupun melihat siapa saja teman-teman Facebook.

contact[sunting | sunting sumber]

Website: www. rockmelt.com Address: Clifornia [17] Email: questions@rockmelt.com.

Referensi[sunting | sunting sumber]