Jari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jari dalam bahasa Inggris adalah digit (finger atau toe) merupakan suatu bagian tubuh yang berada pada tangan dan kaki baik yang kiri maupun kanan. Pada manusia normal jari berjumlah lima, yaitu:

Palce.jpg
  1. jempol atau ibu jari
  2. jari telunjuk
  3. jari tengah merupakan jari yang paling panjang di antara jari tangan
  4. jari manis}
  5. jari kelingking

Jari terdiri dari beberapa ruas tulang yang diselimuti oleh daging atau otot, tidak hanya manusia saja yang memiliki jari, sebagian besar hewan juga memiliki tetapi jumlahnya tidak pasti berjumlah lima buah. Selain itu, jari juga sering digunakan sebagai alat komunikasi lewat gerak dan bentuk jari tersebut. Salah satu contoh yang sering digunakan oleh para penyandang tunawicara, mereka berkomunkasi memalui gerak-gerakan yang mengandung arti tertentu.

Terkadang cara berkomunikasi ini disalahgunakan oleh para remaja zaman sekarang, sehingga gerakan dan bentuk jari yang dilakukan mengandung arti negatif. Misalnya jari tengah yang diacungkan dan ditunjukan seseorang mengandung arti "fuck". Sedangkan gerakan dan bentuk jari yang mengandung arti positif, misalnya mengacungkan jempol; setuju; bentuk pujian, mengacungkan jari telunjuk; mengajukan diri; menunjuk seseorang dan lain-lain.