Jari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jari
Dedos de la mano (no labels).jpg
Jari tangan
Toes.jpg
Jari kaki
Rincian
Latin Digitus
Terminologi anatomi

Jari (bahasa Inggris: digit merupakan bagian ujung dari anggota gerak, seperti tangan dan kaki, yang terdapat pada manusia dan hewan vertebrata.

Jari manusia[sunting | sunting sumber]

Jari-jari tangan kiri manusia

Manusia pada umumnya memiliki 5 buah jari pada setiap ekstremitas yang ada (baik pada tangan maupun kaki), sehingga total jari yang dimiliki manusia umumnya adalah 20 buah. Setiap jari terbentuk dari ruas-ruas tulang jari yang dibungkus oleh lapisan kulit dan otot. Masing-masing ujung jari tangan dan kaki yang dimiliki manusia pada umumnya terdapat kuku.

Berikut merupakan nama masing-masing jari. Untuk jari kaki, penamaan berikut tidak benar-benar tepat. Jari-jari kaki tidak memiliki fungsi khusus dan oleh karena itu jari kaki sering kali tidak mendapat perhatian dan penamaan khusus seperti pada jari tangan.

Jari tangan Ibu jari Jari telunjuk Jari tengah Jari manis Jari kelingking
Jari kaki Jari besar Jari panjang Jari ketiga Jari keempat Jari kecil

Kelainan[sunting | sunting sumber]

Pada kasus tertentu, jari-jari tangan atau kaki basa memiliki satu, dua, atau bahkan lebih dari dua jari tambahan. Kelainan ini sering disebut polidaktili. Selain itu terdapat pula kelainan di mana dua atau lebih jari tangan menyatu, yang disebut dengan sindaktili.