Ram Soraya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Raam Soraya)
Jump to navigation Jump to search
Ram Soraya
Lahir Raam Lalchand Pridhani
4 November 1949 (umur 68)
Bendera Indonesia Surabaya, Indonesia
Almamater Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Pekerjaan Pengusaha
Tempat kerja Soraya Intercine Films (pemilik)
Dikenal karena Produser film dan sinetron
Agama Hindu
Anak Sunil Soraya
Rocky Soraya

Raam Lalchand Pridhani (bahasa Punjabi: ਰਾਮ ਲਾਲਚੰਦ, dikenal juga dengan nama Raam Soraya namun kerap kali ditulis sebagai Ram Soraya; lahir di Surabaya, Indonesia, 4 November 1949; umur 68 tahun) merupakan seorang pengusaha dan produser film asal Indonesia. Ia merupakan pemilik rumah produksi Soraya Intercine Films. Ia juga merupakan salah satu alumni dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Sebelum terjun ke dunia perfilman, ia pernah jadi importir tekstil. Kariernya di dunia film dimulai sebagai distributor film untuk daerah Jawa Timur (1972 hingga 1982). Ia mulai jadi produser dalam Budak Nafsu (1983) yang meraih unggulan Film Terbaik pada FFI 1984. Film tadi merupakan hasil dari perusahaannya sendiri, PT. Soraya Intercine Films. Setelah itu ia membuat juga film-film seperti Sembilan Wali (1985), Permainan Yang Nakal (1986), Saya Suka Kamu Punya (1987) dan masih banyak lagi termasuk diantaranya serial film horor yang dibintangi Suzzanna seperti Telaga Angker (1984), Santet: Ilmu Pelebur Nyawa (1988) dan Perjanjian di Malam Keramat (1992)

Puncak karier Ram Soraya sebagai produser ia dapatkan usai mengambil alih produksi film Warkop DKI dari tangan PT. Parkit Film pimpinan Raam Punjabi. Selain menggarap Warkop DKI lewat film layar lebar, antara lain Depan Bisa Belakang Bisa (1987), ia juga membuat versi sinetronnya lewat Warkop DKI (1995-1997). Penghargaan yang pernah diterimanya ialah Mujimun Awards karena pengumpulan penonton terbanyak selama 5 tahun (pada 1993) untuk film-film Warkop.

Ram Soraya mulai masuk dunia sinetron tahun 1994, dengan Misteri Sebuah Guci. Juga membuat sinetron yang laris seperti Mariam Si Manis Jembatan Ancol (1995).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]