RTC UI FM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Logo RTC UI FM

RTC UI FM adalah radio komunitas mahasiswa Universitas Indonesia yang merupakan singkatan dari Radio Telekomunikasi Cipta. Radio ini mengudara di kawasan Depok dan sekitarnya dengan frekuensi 107,9 FM.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 60-an[sunting | sunting sumber]

RTC UI FM didirikan pada tahun 1966 oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia Salemba. Awalnya radio ini bernama 8EH 20. Saat itu radio 8EH 20 menggunakan pemancar 80 watt hasil rakitan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia di Salemba. Jangkauan area dari pemancar tersebut mencapai daerah sekitar kampus saja.

Tahun 90-an[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 90-an, para anggota RTC UI FM berhasil mengumpulkan dana untuk membuat pemancar FM tabung 300 watt dan diikuti pembuatan stereo generator, exciter FM, dan mixer untuk menunjang performa pemancar tersebut. Jangkauannya pun semakin meluas dengan pembelian dua buah antena bekas. Setelah itu 8EH 20 pindah ke kampus baru di UI Depok dan berganti nama menjadi Radio Teknik Club dengan frekuensi 97,4 FM. Pada masa itu Radio Teknik Club hanya berisi anggota dari Fakultas Teknik saja karena RTC dianggap sebagai tempat untuk menyalurkan hobi dan belajar berbagai hal tentang radio. Pada masa itu semua unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Teknik disebut dengan klub. Pada tanggal 18 Agustus 1998, RTC diresmikan menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa UI dan berganti nama menjadi Radio Telekomunikasi Cipta. Anggotanya tidak lagi terbatas hanya di Fakultas Teknik saja tapi menyebar dari seluruh fakultas di kampus Depok kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi yang bertempat di kampus Salemba. Pada tahun 1999, frekuensi RTC UI berubah menjadi 89,15 FM.

Tahun 2000-an[sunting | sunting sumber]

Ketika Surat Keputusan Menteri Perhubungan No 15/2003 dikeluarkan, banyak radio komunitas yang mengubah frekuensi siarannya. Hal ini dikarenakan undang-undang ini mengatur alokasi frekuensi untuk lembaga penyiaran komunitas. Frekuensi yang boleh dipakai oleh lembaga penyiaran komunitas hanya pada tiga kanal yaitu pada frekuensi 107,7; 107,8; 107,9 MHz untuk radio komunitas.[1] Maka dari itu, sejak tahun 2004 sampai sekarang, RTC UI berada di frekuensi 107,9 FM dengan pemancar berkekuatan maksimal 1 kilowatt, antena 4 bay Omni Directional, dan Guyed Tower Triangle. Tanggal 17 Agustus pun ditetapkan sebagai hari jadi RTC.

Pendengar[sunting | sunting sumber]

Segmentasi usia pendengar RTC dimulai dari usia 17-25 tahun yang merupakan murid SMA, mahasiswa UI, fresh graduate, dan juga masyarakat yang tinggal di sekitar UI. Status ekonomi sosial target pendengar RTC UI FM adalah A dan B. Para pendengar RTC UI FM disebut sebagai "Gen Muda" yang merupakan kependekan dari "Generasi Muda". Tagline yang digencarkan oleh RTC adalah "Your Favourite Student Radio in Town" serta "Radio Mahasiswa Universitas Indonesia".

Daerah Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Sebelum ada peraturan yang membatasi jangkauan siaran untuk radio komunitas, RTC UI FM bisa didengarkan di Depok dan sebagian besar Jakarta. Namun, sejak terbit PP nomor 51 Tahun 2005 yang membatasi jangkauan siaran sejauh 2,5 kilometer dengan kekuatan maksimal 50 watt, kini daerah jangkauan hanya meliputi sebagian Jakarta Selatan dan Depok.

Manajerial[sunting | sunting sumber]

Pengelolaan RTC UI FM dilakukan sepenuhnya oleh mahasiswa tanpa intervensi pihak lain dengan mengadaptasi struktur manajerial radio swasta. Tanggung jawab terbesar dipegang oleh General Manager yang dibantu oleh beberapa manajer yang memimpin departemen yang terdiri dari:

  • Departemen Marketing & Communication
    • Divisi Marketing
    • Divisi Promosi
    • Divisi Public Relation
  • Departemen Human Resource Development (HRD)
  • Departemen Event Organizer

Para anggota RTC UI FM berasal dari 11 fakultas yang ada di kampus UI Depok. Para mahasiswa dari fakultas kedokteran dan kedokteran gigi di kampus Salemba tidak bisa berpartisipasi karena kendala jarak dan waktu karena RTC UI FM terletak di kampus UI Depok.

Acara[sunting | sunting sumber]

On Air[sunting | sunting sumber]

Aturan jenis musik yang diputarkan di RTC UI FM adalah Middle of The Road. Secara keseluruhan format musik RTC adalah "Contemporary Hits Radio" dengan kecenderungan
kepada easy listening. Genre lagu yang diputar di RTC UI FM terdiri dari musik yang diminati oleh remaja dan dewasa muda, yaitu pop, rock, jazz, hip-hop, R&B, dan sebagainya. Perbandingan musik yang diputar di RTC UI FM adalah 1:3 untuk artis Internasional dan artis dari Indonesia. Acara harian RTC UI FM adalah Morning Blast, Sound Session,
Music Mix
, Siaran Kala Sore, Mushola, Music Special, dan Late Night Show. Segmen Mushola khusus membahas tentang tema seputar islam dengan memutarkan lagu-lagu islami seperti nasyid. Music Special mempunyai tema berbeda setiap harinya. Tema-tema yang berbeda ini terdiri dari musik jazz, lagu soundtrack film, hip-hop, rock and roll, serta akustik dan live. Siaran RTC UI FM mengudara setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 7 pagi hingga 12 malam. Pada hari sabtu, pukul 3 sore adalah waktu berakhirnya siaran di akhir pekan.

Off Air[sunting | sunting sumber]

Selain membuat acara on air, RTC UI FM juga membuat acara-acara off air di seputar kampus UI. Acara rutin yang diselenggarakan oleh RTC UI FM adalah Backstage dan Livecoustic.

Backstage[sunting | sunting sumber]

Backstage RTC UI FM sudah diselenggarakan selama lima kali, yaitu tahun 2003, 2004, 2005, 2007, dan 2008. Acara ini sudah menghadirkan berbagai band indie seperti Pure Saturday dan band besar seperti Netral dan Soul ID. Backstage juga menjadi menampilkan berbagai band indie yang baru dirintis seperti The Old Brother and The Friends Who Will, The 12th Rib, Delay Monday, Emirates, Outside Ordinary, Rise Upon by You, Whats Wrong, Hidden Message, dan No Monster in Me.

Livecoustic[sunting | sunting sumber]

Sedangkan Livecoustic adalah acara yang mengusung konsep live dengan permainan akustik yang merupakan wujud off air dari program Livecoustic di acara on air RTC UI FM. Acara ini diselenggarakan beberapa kali dalam setahun. Band-band indie lokal yang sudah tampil di Livecoustic adalah Bananakustik, Everybody Loves Irene, Efek Rumah Kaca, dan Ballads of the Cliche.

Tribute to Munir[sunting | sunting sumber]

Selain membuat acara sendiri, RTC UI FM juga bekerjasama dengan pihak lain dalam meyelenggarakan acara off air. RTC bekerjasama dengan Green Radio membuat acara Tribute To Munir yang menghadirkan Melanie Subono dan Monkey to Millionaire.

Seminar dan Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Selain itu, RTC juga mengadakan seminar-seminar yang bertemakan radio seperti All About Radio yang membahas profesi di dunia radio, diantaranya adalah Editorial, Music Director, Marketing dan Announcer. RTC UI FM juga membuat pelatihan-pelatihan manajemen radio bagi mahasiswa dan umum.

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

RTC UI FM juga bekerjasama dengan label rekaman mylabelhasnorecords dengan membuat album kompilasi yang berisi lagu-lagu band yang menang di ajang Backstage.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peraturan Baru untuk Radio Komunitas Kompas, 28 Februari 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]