Pemancar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemancar radio FM di salah satu universitas di Amerika Serikat.

Dalam elektronik dan telekomunikasi, pemancar radio atau hanya pemancar (bahasa Inggris: transmitter) adalah perangkat elektronik yang menghasilkan gelombang radio dengan antena. Pemancar itu sendiri menghasilkan arus bolak-balik frekuensi radio, yang diberikan ke antena. Ketika dirangsang oleh arus bolak-balik ini, antena memancarkan gelombang radio.

Pemancar adalah bagian komponen yang diperlukan dari semua perangkat elektronik yang berkomunikasi melalui radio, seperti stasiun penyiaran radio dan televisi, telepon seluler, walkie-talkie, jaringan komputer nirkabel, perangkat berkemampuan Bluetooth, pembuka pintu garasi, radio dua arah di pesawat, kapal, pesawat ruang angkasa, set radar, dan suar navigasi. Istilah pemancar biasanya terbatas pada peralatan yang menghasilkan gelombang radio untuk tujuan komunikasi; atau radiolokasi, seperti radar dan pemancar navigasi. Generator gelombang radio untuk keperluan pemanasan atau industri, seperti oven gelombang mikro atau peralatan diatermi, biasanya tidak disebut pemancar, meskipun sering kali memiliki sirkuit yang serupa.

Istilah ini populer digunakan lebih khusus untuk merujuk pada pemancar siaran, pemancar yang digunakan dalam penyiaran , seperti pada pemancar radio FM atau pemancar televisi. Penggunaan ini biasanya mencakup pemancar yang tepat, antena, dan seringkali bangunan tempat perangkat tersebut ditempatkan.