Pulau Wetar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wetar
ID Wetar.PNG
Peta lokasi pulau Wetar
Geografi
Koordinat 7°56′50″LU 126°28′10″BT / 7,94722°LS 126,46944°BT / -7.94722; 126.46944
Luas 2.622,35 km2
Negara
Indonesia
Provinsi Maluku
Demografi
Populasi 7.937 (per 2010 [1])

Pulau Wetar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Wetar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya[2], provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah utara dari negara Timor Leste dengan koordinat 7° 56′ 50″ LS, 126° 28′ 10″ BT.

Di tengah pulau terdapat sebuah danau yang bernama danau Tihu, sebenarnya ada potensi wisata yang bisa dikembangkan di pulau tersebut. Selain danau ada juga sumber air panas yang cukup menarik.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Pulau Wetar dibagi dalam 4 wilayah administratif, yaitu:

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Gendang tifa dari Wetar

Untuk menuju Pulau Wetar, dapat diakses dari tiga arah, yaitu arah barat diakses dari Kota Kupang melalui transportasi laut atau dari Kota Kupang ke Kisar melalui jalur udara, dilanjutkan dengan jalur laut dari Kisar ke Pulau Wetar. Dari arah utara dapat diakses dari Kota Ambon ke Kisar dengan transportasi udara dan ke Pulau Wetar dengan transportasi laut. Sedangkan dari arah timur diakses melalui pulau-pulau kecil di Provinsi Maluku (termasuk Pulau Kisar). Transportasi udara yang tersedia yaitu menggunakan penerbangan reguler Merpati Nusantara Airlines (MNA) dengan tipe pesawat CN-250 dari Kota Ambon ke Pulau Kisar dan CN-212 dari Kota Kupang (Provinsi NTT) ke Pulau Kisar. Transportasi udara dari Kota Ambon berlangsung 2 (dua) kali seminggu sedangkan penerbangan perintis dari Kota Kupang berlangsung 1 (satu) kali seminggu.

Flora[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan mangrove yang dapat ditemui di pesisir Pulau Wetar sebanyak 15 spesies yang tergolong dalam 15 generasi dan 12 famili. Kelimpahan spesies mangrove di pulau ini ditunjukan dengan kesamaan spesies tumbuhan mangrove yang ada di Nusa Tenggara dan Timor Leste, yaitu mencapai 67%. Sementara kesamaan spesies antara pesisir Pulau Wetar dengan Pulau Yamdena sebesar 80%. Spesies mangrove di pesisir bagian barat Pulau Wetar lebih menonjol (14 spesies), sedangkan jenis spesies terendah ditemukan di pesisir tenggara pulau ini (7 spesies). Spesies mangrove yang menyebar di wilayah ekologis pesisir Pulau Wetar yaitu Sonneratia alba, Baringtonia asiatica, Hibiscus tiliaceus, Nypa fructicans dan Acanthus licifolius.

Sumber Daya Alam[sunting | sunting sumber]

Beberapa puluh tahun yang lalu di pulau ini ada tambang emas PT.PLM (Prima Lirang Mining), setelah cadanagan emasnya menipis, mesin-mesin yang digunakan untuk menambang emas di beli oleh PT.Nusahalmahera Mineral.

Dipertengahan 2008, Finders Resourcess (sebuah perusahaan mining Australia) menemukan kandungan tembaga dan mulai mendirikan tambang pada tahun ini. Sebagi pilot project, tambang yang dibangun tidak besar.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]