Portal:Rihanna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
PORTAL
Tanda tangan Rihanna.

Rihanna. Rihanna. Rihanna.

Robyn Rihanna Fenty (lahir 20 Februari 1988), atau lebih dikenal dengan Rihanna (ejaan Inggris: [riˈɑːnə] ree-AH-nə atau /riˈænə/ ree-AN-ə), juga bisa dipanggil secara sederhana dengan sebutan Riri adalah seorang penyanyi R&B asal Barbados. Lahir di Saint Michael, Barbados, Rihanna pindah ke Amerika Serikat pada usia 16 untuk mengejar karier rekaman di bawah bimbingan produser rekaman Evan Rogers. Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Def Jam Recordings setelah audisi untuk kemudian disetujui oleh pimpinan Def Jam yaitu Jay-Z.

Pada 2005, ia telah merilis album studio pertamanya yang bertajuk Music of the Sun, yang mencapai sepuluh besar di tangga album Billboard 200 dan singel utama yang berjudul "Pon de Replay" di tangga lagu Billboard Hot 100. Kurang dari setahun kemudian, ia merilis album kedua yang berjudul A Girl Like Me (2006), which yang memuncak dala lima besar di tangga album Billboard, dan singel utamanya "SOS", menjadi nomer satu pada Hot 100 pertamanya. Album studio ketiga Rihanna yaitu Good Girl Gone Bad (2007), yang memunculkan empat singel terbaiknya yaitu "Umbrella", "Take a Bow", "Disturbia" dan "Don't Stop the Music", dan masuk sembilan nominasi pada ajang penghargaan Grammy Awards, memenangkan Best Rap/Sung Collaboration untuk "Umbrella," yang dinyanyikan bersama Jay-Z. Album studio keempatnya yaitu Rated R, dirilis pada November 2009, dan menghasilkan singel pada urutan sepuluh besar, yaitu "Russian Roulette", "Hard" dan "Rude Boy", yang mencapai nomor satu di Billboard Hot 100. Loud (2010) merupakan album studio kelimanya, terdiri dari singel nomor satu yaitu "Only Girl (In the World)", "What's My Name?" dan "S&M".

Biografi
  R  
Lagu pilihan
Rihanna menyanyikan "Umbrella" pada tur Last Girl On Earth di Zurich.

Umbrella adalah single pertama dari penyanyi R&B asal Barbados yaitu Rihanna dari album ketiganya, Good Girl Gone Bad. Lagu ini diciptakan oleh Jay-Z .Menampilkan CEO Def Jam, CEO Jay-Z, single ini memenangkan Video of the Year dan Monster Single of the Year pada 2007 MTV Video Music Awards. Menurut para penulisnya, lagu ini sempat ditawarkan ke berbagai penyanyi seperti Mary J Blige dan Britney Spears yang semua menolaknya. Singel ini menuai kesuksesan yang luar biasa di seluruh dunia, diiringi dengan pujian-pujian dari para pengamat musik dari seluruh dunia. (Selengkapnya...)

  R  
Album pilihan
Sampul album Loud (2010).

"Loud" adalah album studio kelima oleh artis rekaman asal Barbados yaitu Rihanna, pertama kali dirilis pada tanggal 12 November 2010 oleh Def Jam Recordings. Album ini direkam antara bulan Februari dan Agustus 2010, terutama selama konser turnya yang bertajuk Last Girl on Earth Tour (2010-2011) dan film pertamanya yaitu Battleship (2012). Rihanna adalah eksekutif produser di album ini dan bekerja dengan produser rekaman, termasuk Stargate, The Runner, Polow da Don, Tricky Stewart, dan Alex da Kid. Album ini menampilkan beberapa vokalis untuk berkolaborasi, termasuk Drake, Nicki Minaj dan Eminem, yang merupakan artis pilihan dalam lagu "Love the Way You Lie" dan "Love the Way You Lie (Part II)". Britney Spears juga tampil dalam versi remix dari lagu "S&M", meskipun dia tidak pada versi album. (Selengkapnya...)

  R  
Kategori
RIHANNA
  R  
Artikel
  R  
Artikel pilihan

The Good Girl Gone Bad Tour/Good Girl Gone Bad Tour adalah konser tur kedua oleh artis penyanyi asal Barbados yaitu Rihanna, untuk menyukseskan album studio ketiganya yaitu Good Girl Gone Bad. Daftar lagu yang diputar pada konser ini kebanyakan lagu pada album Good Girl Gone Bad, memang ia karena untuk menyukseskan album tersebut, namun Rihanna juga akan menyanyikan lagu andalannya pada album studio pertamanya dan keduanya yaitu Music of the Sun dan A Girl like Me. Akon dipilih sebagai artis pembuka untuk konser di Kanada bagian dari negara di Amerika Utara, sementara Ciara dan David Jordan membantu di Britania Raya dari negara bagian Eropa. Chris Brown bergabung dalam turnya selama di negara bagian Oseania. (Selengkapnya...)

  R  
Gambar pilihan
Rebelle+TTT.CD+Reb'LFleur.jpg
Produk eksklusif Rihanna untuk memasarkan parfum keduanya Rebelle dengan Reb'l Fleur ditambah bonus CD album Talk That Talk (2011).
  R  
Tahukah Anda…
  R  
Portal lain
Portal:Agama Agama Portal:Bahasa Bahasa Portal:Biografi Biografi Portal:Budaya Budaya Portal:Ekonomi Ekonomi Portal:Elektronika Elektronika
Portal:Film Film Portal:Filsafat Filsafat Portal:Geografi Geografi Portal:Indonesia Indonesia Portal:Ilmu Ilmu Portal:Lingkungan Lingkungan
Portal:Masyarakat Masyarakat Portal:Matematika Matematika Portal:Militer Militer Portal:Mitologi Mitologi Portal:Musik Musik Portal:Olahraga Olahraga
Portal:Pendidikan Pendidikan Portal:Politik Politik Portal:Sastra Sastra Portal:Sejarah Sejarah Portal:Seni Seni Portal:Teknologi Teknologi
Portal:Komunitas Komunitas Portal:Peristiwa terkini Peristiwa terkini Portal:Daftar portal Daftar lengkap