Pewarna piroteknik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nyala api litium merah mengarah pada penggunaan litium dalam suar dan piroteknika.
Senyawa tembaga bersinar hijau atau biru-hijau dalam nyala api.
Senyawa kalsium bersinar oranye dalam nyala api.
Senyawa natrium bersinar kuning dalam nyala api.

Pewarna piroteknik adalah senyawa kimia yang menyebabkan nyala api menyala dengan warna tertentu. Pewarna ini digunakan untuk menciptakan warna dalam komposisi piroteknik seperti kembang api dan api berwarna. Spesies penghasil warna biasanya dibuat dari bahan kimia lain selama reaksi. Garam logam biasanya digunakan; logam elemental jarang digunakan (misalnya tembaga untuk nyala api biru).

Warna nyala api bergantung pada kation logam; anion garam memiliki pengaruh langsung yang sangat kecil. Namun, anion memengaruhi suhu nyala api, baik dengan meningkatkannya (misalnya nitrat, klorat) maupun menurunkannya (misalnya karbonat, oksalat), yang secara tidak langsung memengaruhi kecerahan dan kecemerlangan nyala api. Untuk aditif penurun suhu, batas pewarna mungkin sekitar 10–20% berat dari komposisi.[1]

Beberapa contoh umum adalah:

Warna Nama senyawa Rumus kimia Catatan
Merah Stronsium nitrat Sr(NO3)2 Umum. Digunakan dengan donor klorin. Warna merah yang sangat baik, terutama dengan bahan bakar logam. Digunakan dalam banyak komposisi termasuk suar jalan.
Merah Stronsium karbonat SrCO3 Umum. Menghasilkan warna merah yang baik. Memperlambat pembakaran komposisi, terurai menghasilkan karbon dioksida. Menghambat api pada bubuk mesiu. Murah, tidak higroskopis, menetralkan asam. Lebih unggul dari stronsium oksalat jika tidak ada magnesium.
Merah Stronsium oksalat SrC2O4 Terurai menghasilkan karbon dioksida dan karbon monoksida. Dengan adanya bahan bakar magnesium, karbon monoksida mengurangi partikel magnesium oksida, menghasilkan gas magnesium dan menghilangkan radiasi benda-hitam dari partikel MgO, sehingga menghasilkan warna yang lebih jernih.
Merah Stronsium sulfat SrSO4 Umum. Oksidator suhu tinggi. Digunakan dalam campuran strobo dan beberapa komposisi merah berbasis logam.
Merah Stronsium klorida SrCl2 Umum. Menghasilkan nyala api berwarna merah terang.
Oranye Kalsium karbonat CaCO3 Menghasilkan nyala api berwarna oranye. Menghasilkan karbon dioksida saat terurai. Sering digunakan dalam kembang api mainan sebagai pengganti stronsium.
Oranye Kalsium klorida CaCl2
Oranye Kalsium sulfat CaSO4 Pengoksidasi suhu tinggi. Sumber warna oranye yang baik dalam komposisi strobo.
Oranye Kalsium sulfat hidrat CaSO4(H2O)x* Tanda * menunjukkan bahwa senyawa ini akan terbakar dengan warna oranye, dengan x=0,2,3,5.
Emas/Kuning Bubuk arang
Kuning Natrium bikarbonat NaHCO3 Kompatibel dengan kalium klorat. Penurunan laju pembakaran lebih rendah daripada natrium karbonat. Tidak kompatibel dengan magnesium dan aluminium, bereaksi menghasilkan gas hidrogen.
Kuning Natrium karbonat Na2CO3 Higroskopis. Secara signifikan mengurangi laju pembakaran, menguraikan karbon dioksida yang berkembang. Sangat basa. Pewarna yang sangat efektif, dapat digunakan dalam jumlah kecil. Mengkorosi magnesium dan aluminium, tidak kompatibel dengan keduanya.
Kuning Natrium klorida NaCl Kehilangan higroskopisitas saat pemanasan. Mengkorosi logam.
Kuning Natrium oksalat Na2C2O4 Tidak higroskopis. Sedikit bereaksi dengan magnesium, tidak bereaksi dengan aluminium.
Kuning Natrium nitrat NaNO3 Juga bertindak sebagai oksidator. Nyala api terang, digunakan untuk penerangan.
Kuning Kriolit Na3AlF6 Salah satu dari sedikit garam natrium yang tidak higroskopis dan tidak larut dalam air.
Hijau Barium klorida BaCl2
Hijau Barium klorat Ba(ClO3)2 Hijau pameran klasik dengan bahan bakar silak. Sensitif terhadap guncangan dan gesekan. Oksidator.
Hijau Barium karbonat BaCO3 Warna yang cantik apabila amonium perklorat digunakan sebagai oksidator.
Hijau Barium nitrat Ba(NO3)2 Efek yang tidak terlalu kuat. Dengan donor klorin menghasilkan warna hijau, tanpa klorin terbakar dengan warna putih. Dalam komposisi hijau biasanya digunakan dengan perklorat.
Hijau Barium oksalat BaC2O4
Biru Tembaga(I) klorida CuCl Nyala api biru terkaya. Hampir tidak larut dalam air.
Biru Tembaga(I) oksida Cu2O Pewarna biru dengan biaya terendah.
Biru Tembaga(II) oksida CuO Digunakan dengan donor klorin. Sangat baik dalam bintang komposit.
Biru Tembaga karbonat CuCO3 Paling baik bila digunakan dengan amonium perklorat.
Biru Tembaga karbonat basa CuCO3·Cu(OH)2, 2 CuCO3·Cu(OH)2 Terjadi secara alami sebagai malasit dan azurit. Baik dengan amonium perklorat dan untuk nyala api bersuhu tinggi dengan adanya hidrogen klorida. Tidak mudah terbawa udara, tidak terlalu beracun bila dibandingkan Hijau Paris.
Biru Tembaga oksiklorida 3CuO·CuCl2 Pewarna biru yang baik dengan donor klorin yang sesuai.
Biru Hijau Paris Cu(CH3COO)2.3Cu(AsO2)2 Tembaga asetoarsenit, Hijau Zamrud. Beracun. Dengan kalium perklorat menghasilkan warna biru terbaik. Non-higroskopis. Bubuk halus mudah terbawa udara; bahaya penghirupan beracun.
Biru Tembaga arsenit CuHAsO3 Hampir tidak higroskopis. Pewarna yang hampir sama bagusnya dengan tembaga asetoarsenit. Beracun. Dapat digunakan dengan pengoksidasi klorat.
Biru Tembaga sulfat CuSO4·5 H2O Dapat digunakan dengan nitrat dan perklorat. Bersifat asam, tidak cocok dengan klorat. Dengan fosforus merah, jika terdapat uap air, akan membebaskan panas, dan dapat menyala secara spontan. Lebih murah daripada tembaga asetoarsenit. Tembaga sulfat anhidrat bersifat higroskopis, dapat digunakan sebagai desikan. Dengan amonium perklorat menghasilkan warna biru yang hampir sama cantiknya dengan yang dapat dicapai dengan tembaga asetoarsenit.
Biru Logam tembaga Cu Jarang digunakan, senyawa lain lebih mudah digunakan. Menghasilkan warna biru yang cantik dalam komposisi berbasis amonium perklorat; tetapi bereaksi dengan amonium perklorat dan membebaskan amonia jika terdapat kelembapan. Komposisinya harus dijaga agar tetap kering.
Lembayung Kombinasi senyawa merah dan biru Sr+Cu
Lembayung Senyawa rubidium Rb Jarang digunakan.
Perak/Putih Bubuk aluminium Al
Perak/Putih Bubuk magnesium Mg
Perak/Putih Bubuk titanium Ti
Perak/Putih Antimon(III) sulfida Sb2S3
Inframerah Sesium nitrat CsNO3 Dua garis spektrum yang kuat pada 852,113 nm dan 894,347 nm.
Inframerah Rubidium nitrat RbNO3

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ B. J. Kosanke et al. Pyrotechnic Chemistry. Volume 4 of Pyrotechnic reference series, Journal of Pyrotechnics, 2004 ISBN 1889526150, p. 30