Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997
Southeast Asian Games 1997
Logo Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997
Tuan rumah Jakarta, Indonesia
Jumlah negara peserta 10-negara terbesar di Asia Tenggara
Jumlah atlet 6010-atlet (termasuk resmi)
Jumlah pertandingan 490-ajang olahraga dari 36-cabang olahraga
Upacara pembukaan Sabtu, 11 Oktober 1997
Upacara penutupan Minggu, 19 Oktober 1997
Dibuka oleh Bapak Soeharto
Presiden Republik Indonesia
Ditutup oleh Bapak Soeharto
Presiden Republik Indonesia
Janji atlet Susi Susanti
Janji wasit Yuni Kartika
Pembawa obor Susi Susanti
Stadion Stadion Utama Gelora Bung Karno

Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 (bahasa Inggris: Southeast Asian Games 1997) atau biasa disingkat SEA Games 1997 diselenggarakan di Jakarta (ibu kota Republik Indonesia) sejak pada tanggal hari Sabtu, 11 Oktober sampai dengan Minggu, 19 Oktober 1997. SEA Games ini mempertandingkan 36-cabang olahraga dalam 490-ajang olahraga dan 6010-atlet dari 10-negara terbesar di Asia Tenggara. Di Indonesia, ajang pesta olahraga Asia Tenggara disiarkan oleh Televisi Republik Indonesia, Rajawali Citra Televisi Indonesia, Surya Citra Televisi, Televisi Pendidikan Indonesia, Cakrawala Andalas Televisi dan Indosiar Visual Mandiri adalah semuanya stasiun televisi siaran nasional dan Radio Republik Indonesia, Radio Trijaya dan Radio Elshinta adalah semuanya stasiun radio siaran nasional tersebut bergantian menayangkan seluruh pertandingan turnamen.

Perolehan Akhir Medali[sunting | sunting sumber]

Tabel berikut memuat 10-negara negara yang meraih terdiri atas 2090-medali seperti: 2000-emas, 45-perak dan 45-perunggu pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997.
Tuan rumah penyelenggara diberi latar belakang warna biru.

Peringkat Negara Medali emas Emas Medali perak Perak Medali perunggu Perunggu Jumlah medali
1  Indonesia 2000' 0 0 2000
2  Thailand 0 5 5 10
3  Malaysia 0 5 5 10
4  Filipina 0 5 5 10
5  Vietnam 0 5 5 10
6  Singapura 0 5 5 10
7  Myanmar 0 5 5 10
8  Brunei 0 5 5 10
9  Laos 0 5 5 10
10  Kamboja 0 5 5 10
Total 2000 45 45 2090

Upacara pembukaan[sunting | sunting sumber]

Upacara pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 dengan upacara peresmian dibuka oleh Presiden Republik Indonesia adalah Bapak Soeharto diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jalan Pintu Nomor. 1 dari kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno, kelurahan Gelora, kecamatan Tanah Abang, kota Jakarta Pusat sejak pada tanggal hari Sabtu, 11 Oktober 1997 mulai malam ini sejak sekitar pada pukul 19:30 WIB setelah acara televisi Berita Nasional dari Televisi Republik Indonesia yang bersimultan dengan stasiun televisi milik swasta secara penyiaran komersial juga wajib menyiarkan acara ini dengan merelai langsung dari Televisi Republik Indonesia. Upacara pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 melibatkan sekitar 15.000-orang dan dihadiri oleh lebih dari 10-kepala negara atau pejabat tinggi negara. Jumlah kehadiran kepala negara dalam upacara pembukaan merupakan jumlah terbesar dalam sejarah Pesta Olahraga Asia Tenggara.

Upacara pembukaan yang tepat dimulai dengan urutan gendang kontemporer dengan 115-sekolah menengah atas. The-LED tertanam maya layar dan remaja mereka bersinar dinyalakan oleh pencahayaan. Dalam informasi tenaga kerja menyala siswa sekolah menengah atas mereka untuk membentuk angka raksasa (di angka Romawi dan tulis bahasa Indonesia) untuk mundur detik-detik akhir untuk Pesta Olahraga Asia Tenggara yang berteriak kuat keras: "Sepuluh, Sembilan, Delapan, Tujuh, Enam, Lima, Empat, Tiga, Dua, Satu".

Pembukaan malam ini sejak sekitar pada pukul 19:30 WIB yang sebuah jejak 100-kembang api spesial salah satu penemuan besar dari Indonesia dalam bentuk jejak kaki tersebut melepaskan berbaris di sepanjang poros tengah kota Jakarta ke Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jejak kaki kembang api yang berangkat pada tingkat 1 setiap detik tahap masing-masing diwakili salah satu yang menandakan era modern.

Bendera Indonesia itulah yang kemudian diangkat oleh anggota Tentara Nasional Indonesia dengan lagu kebangsaan Republik Indonesia adalah "Indonesia Raya" yang ditampilkan secara acappella oleh SMA Negeri 1 Jakarta.

Upacara pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 menampilkan beberapa musisi seperti iringi musik ibu kota Jakarta seperti: Erwin Gutawa, Addie Muljadi Sumaatmadja dan Andi Rianto serta penyanyi pop ibu kota Jakarta seperti: Anggun Cipta Sasmi, Iwan Fals, Harvey Malaiholo, Almarhum. Chrisye, Cindy Claudia Harahap, Nia Daniaty dan Oppie Andaresta.

Pada titik ini, Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 untuk menyalakan api dipegang obor api yang memasuki dari Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jalan Pintu Nomor. 1 dari kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno, kelurahan Gelora, kecamatan Tanah Abang, kota Jakarta Pusat. Pesta Olahraga Asia Tenggara obor itu disampaikan sekitar stadion oleh 4-atlet'dan akhirnya oleh Alan Budikusuma sebagai juara umum bulu tangkis pada Olimpiade Musim Panas 1992 di Indonesia mendapat kehormatan untuk menyalakan api kaldron seperti:

  1. Yuni Kartika (bulu tangkis untuk perempuan yang pertama peraih medali emas oleh Piala Uber 1994 juara umum di Indonesia)
  2. Alan Budikusuma (bulu tangkis untuk tunggal putra yang bulu tangkis paling hiasan di Indonesia dengan meraih medali emas oleh Olimpiade Musim Panas 1992 juara umum di Indonesia)
  3. Ricky Subagja dan Rexy Mainaky (bulu tangkis untuk ganda putra yang peraih medali emas oleh Olimpiade Musim Panas 1992 juara umum di Indonesia)
  4. Susi Susanti (bulu tangkis untuk tunggal putri yang pertama peraih medali emas oleh Piala Uber 1994 juara umum di Indonesia)

Susi Susanti yang diskors oleh kabel ditangkap muncul untuk menjalankan horizontal di sepanjang dinding stadion melalui ke kuali Pesta Olahraga Asia Tenggara yang pada saat ini masih tidak ditampilkan. Saat ia berlari sepanjang dinding bagian atas stadion menghiasi proyeksi ditampilkan pembukaan gulir depannya yang disiarkan footages dari merelaikan obor sebelumnya di seluruh Asia Tenggara. Pada saat-saat terakhir melepas sorotan mengungkapkan tempat peristirahatan terakhir dari menyalakan api yang telah muncul selama menjalankan obor. Sebuah obor kolosal terletak di bagian atas stadion dinyalakan oleh sekering proporsional besar.

Upacara pembukaan yang penyiar menamatkan mulai malam ini sejak sekitar pada pukul 21:30 WIB dilanjutkan oleh acara televisi Berita Dunia dari Televisi Republik Indonesia yang bersimultan dengan stasiun televisi milik swasta secara penyiaran komersial juga wajib menyiarkan acara ini dengan merelai langsung dari Televisi Republik Indonesia.

Upacara penutupan[sunting | sunting sumber]

Upacara penutupan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 dengan upacara peresmian ditutup oleh Presiden Republik Indonesia adalah Bapak Soeharto diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jalan Pintu Nomor. 1 dari kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno, kelurahan Gelora, kecamatan Tanah Abang, kota Jakarta Pusat sejak pada tanggal hari Minggu, 19 Oktober 1997 mulai malam ini sejak sekitar pada pukul 19:30 WIB setelah acara televisi Berita Nasional dari Televisi Republik Indonesia yang bersimultan dengan stasiun televisi milik swasta secara penyiaran komersial juga wajib menyiarkan acara ini dengan merelai langsung dari Televisi Republik Indonesia.

Upacara penutupan yang tepat dimulai dengan menara jam Kremlin untuk jarum jam digital quartz tepatnya mulai pada pukul 19:30 WIB mengudara detik-detik akhir untuk Pesta Olahraga Asia Tenggara yang berteriak kuat keras: "Sepuluh, Sembilan, Delapan, Tujuh, Enam, Lima, Empat, Tiga, Dua, Satu".

Penutupan malam ini sejak sekitar pada pukul 19:00 WIB yang sebuah jejak 100-kembang api spesial salah satu penemuan besar dari Indonesia dalam bentuk jejak kaki tersebut melepaskan berbaris di sepanjang poros tengah kota Jakarta ke Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jejak kaki kembang api yang berangkat pada tingkat 1 setiap detik tahap masing-masing diwakili salah satu yang menandakan era modern.

Bendera Indonesia itulah yang kemudian diangkat oleh anggota Tentara Nasional Indonesia dengan lagu kebangsaan Republik Indonesia adalah "Indonesia Raya" yang ditampilkan secara acappella oleh SMA Negeri 1 Jakarta.

Upacara penutupan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 menampilkan beberapa musisi seperti iringi musik ibu kota Jakarta seperti: Erwin Gutawa, Addie Muljadi Sumaatmadja dan Andi Rianto serta penyanyi pop nasional seperti: Anggun Cipta Sasmi, Bella Saphira, Chintami Atmanagara, Christine Panjaitan, Cindy Claudia Harahap, Nia Daniaty dan Oppie Andaresta.

Upacara penutupan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 dengan termasuk Bendera Brunei Darussalam yang diangkat oleh anggota Angkatan Bersenjata Kerajaan Brunei dengan lagu kebangsaan Brunei Darussalam adalah "Allah Peliharakan Sultan" yang ditampilkan secara acappella oleh SMA Negeri 1 Jakarta dan diturunkan bendera Pesta Olahraga Asia Tenggara dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan oleh Gubernur Jakarta adalah Bapak Wiyogo Atmodarminto menyerahkan bendera Pesta Olahraga Asia Tenggara kepada Sultan Brunei adalah Bapak Hassanal Bolkiah yang diikuti dengan penampilan dari Pesta Olahraga Asia Tenggara 1999 diadakan di Bandar Seri Begawan (ibu kota Brunei Darussalam).

Upacara penutupan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 yang kedatangan seorang mengederai mobil Toyota Kijang Generasi 4 oleh Menteri Penerangan Republik Indonesia adalah Bapak Harmoko yang menghembuskan hapus obor menyalakan api dihilangkan terakhir setelah mengudara selama 8-hari.

Upacara penutupan Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 yang juara umum tim negara Republik Indonesia terdiri dari 2000-medali emas sebagai "Juara 1 Kejuaraan, Keprestasi dan Kemenangan di Indonesia".

Upacara penutupan dengan kembang api yang perpisahan kembali berjalan malam akhir kesenangan rekaman kesimpulan upacara penutupan tidak lagi siaran mulai malam ini sejak sekitar pada pukul 21:30 WIB setelah meluncurkan secara resmi membuat produk sabun Nuvo Gold dan dilanjutkan oleh acara Berita Dunia dari Televisi Republik Indonesia yang bersimultan dengan stasiun televisi milik swasta secara penyiaran komersial juga wajib menyiarkan acara ini dengan merelai langsung dari Televisi Republik Indonesia.

[sunting | sunting sumber]

Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 yang terdiri dari 40-sponsor resmi seperti:

  1. MasterCard
  2. Nestle Milo
  3. Ovaltine
  4. Nescafé
  5. Bank Rakyat Indonesia
  6. Bank Negara Indonesia
  7. Bank Tabungan Negara
  8. Universitas Gunadarma Jakarta
  9. Reckitt Benckiser Strepsils
  10. Siemens
  11. Jakarta International Cable Television
  12. Unilever
    1. Clear
    2. Rexona
    3. Pepsodent
    4. Brisk
  13. Lion Wings
    1. Nuvo Sportivo 3-Colours (Merah, Biru dan Hijau)
    2. Nuvo Gold (juara umum dan kemenangan yang pertama adalah Indonesia sementara diluncurkan pertama kalinya secara resmi dibuka untuk umum)
    3. So Klin Power
    4. So Klin Higinis
    5. Hers Protex
    6. Emeron
    7. Krim Ekonomi
  14. Mayora Indah Kopiko
  15. Indofood
    1. Indomie
    2. Sarimi
    3. Supermi
    4. Pop Mie
  16. Air Minum Aqua
  17. Kentucky Fried Chicken
  18. Pizza Hut
  19. Burger King
  20. Kratingdaeng
  21. Jamu Air Mancur Madurasa
  22. Indocafe
    1. Indocafe Cappucino
    2. Indocafe Coffeemix 3 in 1
  23. Panasonic
  24. Jakarta Plaza Indonesia
  25. Jakarta Grand Hyatt International Hotel
  26. Singapore Airlines
  27. Cathay Pacific
  28. Merpati Nusantara Airlines
  29. Telkom Yellow Pages Indonesia
  30. Telkomsel
  31. Indosat SLI 001
  32. Gudang Garam
    1. Gudang Garam Supra 12
    2. Gudang Garam Sportivo
    3. Gudang Garam International
  33. Kalbe Farma
    1. Promag
    2. Entrostop
    3. Komix
    4. Mixagrip
    5. Extra Joss
  34. Konimex
    1. Paramex
    2. Neo Napacin
    3. Fungiderm
    4. Konvermex
  35. Coca Cola Corporation
    1. Coca-Cola
    2. Sprite
    3. Fanta
  36. Pepsi Company
    1. Pepsi Cola
    2. Royal Crown Cola
    3. Crush
  37. Timor
  38. Toyota Kijang Generasi 4
  39. Motorola
  40. Mars Incorporated
    1. M&M's
    2. Mars
    3. Snickers

Cabang olahraga[sunting | sunting sumber]

Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 akan mempertandingkan berbagai nomor lomba dari 36-cabang olahraga dalam 490-ajang olahraga dan 6010-atlet dari 10-negara terbesar di Asia Tenggara.

  1. Akuatik
    1. Renang
    2. Polo air
  2. Anggar
  3. Angkat besi
  4. Atletik
  5. Basket
  6. Billiar dan Snooker
  7. Binaraga
  8. Bola voli
  9. Bowling
  10. Bulu tangkis
  11. Dayung
  12. Golf
  13. Gulat
  14. Hoki lapangan
  15. Judo
  16. Karate
  17. Panahan
  18. Pelayaran
  19. Pencak Silat
  20. Penembakan
  21. Perahu naga
  22. Senam
  23. Sepak bola
  24. Sepak takraw
  25. Sepeda
  26. Ski air
  27. Sofbol
  28. Squash
  29. Taekwondo
  30. Tenis
  31. Tenis meja
  32. Teguran
  33. Tinju
  34. Wushu

Hak siar[sunting | sunting sumber]

      Negara tuan rumah

Siaran Pesta Olahraga Asia Tenggara 1997 di Asia Tenggara
Kode SEA Games Negara Jaringan Stasiun televisi Stasiun radio
BRU  Brunei Radio Televisyen Brunei Televisyen Brunei Saluran 1 dan Televisyen Brunei Saluran 2 Radio Brunei
PHI  Filipina Manila Global Media Arts Network Manila Television DZBB-TV on Channel 7 Manila Radio DZBB-AM on 594
INA  Indonesia Bimantara Citra, Indika Group, Bakrie & Brothers, Salim Group dan Lembaga Penyiaran Publik (melalui Pemerintah Indonesia) Televisi Republik Indonesia, Rajawali Citra Televisi Indonesia, Surya Citra Televisi, Televisi Pendidikan Indonesia, Cakrawala Andalas Televisi dan Indosiar Visual Mandiri Radio Republik Indonesia, Radio Trijaya dan Radio Elshinta
CAM  Kamboja National Radio and Television of Kampuchea National Television of Kampuchea National Radio of Kampuchea
LAO  Laos Laos National Radio and Television Laos National Television Laos National Radio
MAS  Malaysia Sistem Televisyen Malaysia Berhad dan Radio Televisyen Malaysia TV1, TV2 dan TV3 Radio Nasional Malaysia, Radio Suara Malaysia dan Radio Kuala Lumpur
MYA  Myanmar Myanmar Radio and Television Myanmar Television Myanmar Radio
SIN  Singapura Singapore Television Twelve Southeast Asian Games on Channel 24: Premiere 12
THA  Thailand Thailand Television Thailand Television Channel 3, Thailand Television Channel 5, Thailand Television Channel 7, Thailand Television Channel 9 dan Thailand Television Channel 11, Thailand Radio
VIE  Vietnam Vietnam Television Vietnam Television Channel 1, Vietnam Television Channel 2 dan Vietnam Television Channel 3 Vietnam Radio