Percikan pernapasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah poster yang menjabarkan cara mencegah penularan penyakit melalui percikan pernapasan di faslitias layanan kesehatan. Poster ini dimaksudkan untuk dipasang di luar ruangan pasien yang menderita penyakit menular yang dapat menyebar melalui percikan pernapasan.[1]

Percikan pernapasan atau titis pernapasan (bahasa Inggris: respiratory droplet) adalah partikel yang sebagian besar terdiri dari air yang dihasilkan oleh saluran pernapasan, dengan ukuran yang cukup besar (sering didefinisikan memiliki diameter lebih besar dari 5 μm) untuk jatuh ke tanah dengan cepat setelah diproduksi. Percikan pernapasan dapat dihasilkan secara alami sebagai efek dari pernapasan, bicara, bersin, batuk, atau muntah, atau dapat dihasilkan secara buatan melalui prosedur medis yang menghasilkan aerosol, melalui kloset siram, atau kegiatan rumah tangga lainnya.

Percikan pernapasan berbeda dari inti butir halus (bahasa Inggris: droplet nuclei), yang ukurannya lebih kecil dari 5 μm dan dapat tetap melayang di udara untuk periode waktu yang signifikan. inti butir halus dapat menjadi perantara untuk penyakit yang ditularkan melalui udara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bakteriologis Jerman Carl Flügge pada tahun 1899 menjadi orang pertama yang menunjukkan bahwa mikroorganisme dalam tetesan yang dikeluarkan dari saluran pernapasan merupakan sarana penularan penyakit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Transmission-Based Precautions". U.S. Centers for Disease Control and Prevention (dalam bahasa Inggris). 2016-01-07. Diakses tanggal 2020-03-31.