Infeksi saluran napas atas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infeksi saluran napas atas
Informasi umum
SpesialisasiPulmonologi Sunting ini di Wikidata

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) atau ARI (Acute Respiratory Infection) dalam bahasa Inggris adalah penyakit yang diakibatkan adanya infeksi pada sistem pernapasan atas dan bawah.

Tanda dan gejala[sunting | sunting sumber]

Yang termasuk gejala dari ISPA adalah badan pegal pegal (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, sakit pada tengorokan.

Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus. Diagnosis yang termasuk dalam keadaan ini adalah, rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan laryngitis.

Terapi[sunting | sunting sumber]

Terapi yg diberikan pada penyakit ini biasanya pemberian antibiotik walaupun kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian obat obatan terapeutik, pemberian antibiotik dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini dibandingkan hanya pemberian obat obatan symptomatic, selain itu dengan pemberian antibiotik dapat mencegah terjadinya infeksi lanjutan dari bakterial, pemberian, pemilihan antibiotik pada penyakit ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi resistensi kuman/baterial di kemudian hari. Namun pada penyakit ISPA yg sudah berlanjut dengan gejala dahak dan ingus yg sudah menjadi hijau, pemberian antibiotik mungkin diperlukan karena dengan gejala tersebut mungkin sudah ada bakteri yg terlibat.

Baca Juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) ISPA/URI di eMedicine

(Inggris) Pengenalan penyakit URI/ISPA Diarsipkan 2006-08-13 di Wayback Machine.