Operasi Rheinübung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Operasi Rheinübung
Bagian dari Pertempuran Atlantik
JenisPenggerebekan Perdagangan
LokasiSamudra Atlantik
Tanggal18–27 Mei 1941
PelaksanaKapal perang Bismarck
Kapal penjelajah berat Prinz Eugen
HasilHMS Hood tenggelam, Prince of Wales rusak, Bismarck tenggelam

Operasi Rheinübung ("Exercise Rhine") adalah sortie ke Atlantik oleh kapal tempur Jerman Bismarck dan kapal penjelajah berat Prinz Eugen pada 18–27 Mei 1941, selama Perang Dunia II. Operasi ini untuk memblokir pengiriman Sekutu ke Inggris memuncak dengan tenggelamnya Bismarck.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Wakil Laksamana Günther Lütjens telah berhasil memimpin misi Operasi Berlin sebelum ditunjuk sebagai komandan armada untuk Operasi Rheinübung

Selama Kedua Perang Dunia, pulau Inggris bergantung pada sejumlah besar kapal dagang untuk membawa makanan dan bahan baku penting, dan melindungi garis hidup ini adalah salah satu prioritas tertinggi bagi pasukan Inggris. Jika garis hidup ini bisa terputus, Kerajaan Inggris di Eropa harus menuntut perdamaian; menegosiasikan gencatan senjata; atau meninggalkan Kepulauan Inggris sebagai pangkalan operasi untuk memblokade pendekatan laut ke Eropa Barat; memberikan Jerman berlaku, penguasaan lengkap Eropa Barat, tanpa basis taktis di Eropa untuk menentang kontrol itu.

Kepemimpinan Kriegsmarine (di bawah Laksamana Erich Johann Albert Raeder) pada saat itu dengan tegas percaya bahwa kekalahan oleh blokade dapat dicapai. Namun, mereka juga percaya bahwa metode utama untuk mencapai tujuan ini adalah menggunakan taktik penyerbuan perdagangan tradisional, yang didirikan di atas kombatan permukaan (kapal penjelajah, kapal penjelajah pertempuran, kapal perang cepat) yang hanya didukung oleh kapal selam. Terlepas dari metode atau caranya, Raeder meyakinkan Komando Tinggi (OKW) dan Hitler bahwa jika garis hidup ini terputus, Inggris harus dikalahkan, terlepas dari faktor lain.

Operasi Rheinübung adalah yang terbaru dalam serangkaian penggerebekan pada pengiriman Sekutu yang dilakukan oleh unit permukaan Kriegsmarine. Ini didahului oleh Operasi Berlin, sortie yang sangat sukses oleh Scharnhorst dan Gneisenau yang berakhir pada Maret 1941.

Pada Mei 1941, kapal perang Kriegsmarine Scharnhorst dan Gneisenau berada di Brest, di pantai barat Prancis, menimbulkan ancaman serius bagi konvoi Atlantik, dan dibom berat oleh Angkatan Udara Kerajaan. Rencana awalnya adalah untuk memiliki kedua kapal yang terlibat dalam operasi, tetapi Scharnhorst sedang menjalani perbaikan berat pada mesinnya, dan Gneisenau baru saja menderita torpedo yang merusak beberapa hari sebelumnya yang membuatnya tidak beraksi selama 6 bulan. Ini hanya menyisakan dua kapal perang baru yang tersedia untuk Jerman: kapal perang Bismarck dan kapal penjelajah berat Prinz Eugen (sementara Kriegsmarine memiliki tiga kapal penjelajah ringan yang dapat dilayar, tidak ada yang memiliki daya tahan yang diperlukan untuk operasi Atlantik yang panjang), keduanya awalnya ditempatkan di Laut Baltik.

Tujuan operasi ini adalah untuk Bismarck dan Prinz Eugen untuk masuk ke Atlantik dan menyerang pengiriman Sekutu. Perintah Laksamana Agung Erich Raeder kepada Laksamana Günther Lütjens adalah bahwa "tujuan Bismarck bukan untuk mengalahkan musuh dengan kekuatan yang sama, tetapi untuk mengikat mereka dalam tindakan yang tertunda, sambil melestarikan kapasitas tempurnya sebanyak mungkin, sehingga memungkinkan Prinz Eugen untuk mendapatkan di kapal dagang dalam konvoi" dan "Target utama dalam operasi ini adalah pengiriman pedagang musuh; kapal perang musuh hanya akan terlibat ketika tujuan itu membuatnya perlu dan itu dapat dilakukan tanpa risiko berlebihan".[1]

Untuk mendukung dan menyediakan fasilitas bagi kapal ibu kota untuk mengisi bahan bakar dan reärm, Komando Angkatan Laut Jerman (OKM) mendirikan jaringan kapal tanker dan kapal pasokan di wilayah operasional Rheinübung. Tujuh kapal tanker dan dua kapal pasokan dikirim sejauh Labrador di barat dan Kepulauan Tanjung Verde di selatan.

Lütjens telah meminta agar Raeder menunda Rheinübung cukup lama baik untuk Scharnhorst untuk menyelesaikan perbaikan pada mesinnya dan dibuat layak tempur dan untuk bertemu di laut dengan Bismarck dan Prinz Eugen atau untuk kapal saudara Bismarck, Tirpitz untuk menemani mereka. Raeder telah menolak, karena Scharnhorst tidak akan siap sampai awal Juli. Kru Tirpitz yang baru selesai belum sepenuhnya dilatih, dan atas protes Lütjens Raeder memerintahkan Rheinübung untuk melanjutkan. Alasan utama Raeder untuk melanjutkan adalah pengetahuannya tentang Operasi Barbarossa yang akan datang, di mana Kriegsmarine hanya akan memainkan peran kecil, mendukung, dan keinginannya untuk mencetak kesuksesan besar dengan kapal perang sebelum Barbarossa yang mungkin terkesan pada Hitler kebutuhan untuk tidak memotong anggaran untuk kapal.[2]

Untuk memenuhi ancaman dari kapal permukaan Jerman, Inggris telah ditempatkan di Scapa Flow kapal perang baru King George V dan Pangeran Wales serta kapal tempur Hood dan kapal induk yang baru ditugaskan Victorious. Di tempat lain, Force H di Gibraltar dapat mengumpulkan kapal tempur Terkenal dan kapal induk Ark Royal; di laut di Atlantik pada berbagai tugas adalah kapal perang Revenge, Rodney dan Ramillies dan battlecruiser Repulse. Kapal penjelajah dan patroli udara menyediakan "mata" armada. Di laut, atau karena berlayar tak lama, adalah 11 konvoi, termasuk konvoi pasukan.

OKM tidak memperhitungkan tekad Angkatan Laut Kerajaan Inggris untuk menghancurkan armada permukaan Jerman. Untuk memastikan bahwa Bismarck tenggelam, Angkatan Laut Kerajaan akan dengan kejam melucuti teater aksi lainnya. Ini termasuk menyangkal konvoi berharga dari pendamping mereka. Inggris pada akhirnya akan mengerahkan enam kapal perang, tiga kapal tempur, dua kapal induk, 16 kapal penjelajah, 33 kapal perusak dan delapan kapal selam, bersama dengan pesawat patroli. Ini akan menjadi angkatan laut terbesar yang ditugaskan untuk satu operasi sampai saat itu dalam perang.[3]

Pelayaran Bismarck[sunting | sunting sumber]

Peta Operasi "Rheinübung" dan operasi Angkatan Laut Kerajaan Inggris melawan kapal perang Bismarck

Kapal penjelajah berat Prinz Eugen berlayar sekitar pukul 21:00 pada 18 Mei 1941 dari Gotenhafen (sekarang Gdynia, Polandia), diikuti pada 2:00 am, 19 Mei, oleh Bismarck. Kedua kapal berjalan di bawah pengawalan, secara terpisah dan bertemu dengan Tanjung Arkona di Pulau Rügen di Baltik barat,[4] di mana penghancur Z23 dan Z16 Friedrich Eckoldt bergabung dengan mereka.[5] Mereka kemudian melanjutkan melalui Kepulauan Denmark ke Kattegat. Memasuki Kattegat pada 20 Mei Bismarck dan Prinz Eugen berlayar ke utara menuju Skagerrak, selat antara Jutland dan Norwegia Selatan di mana mereka terlihat oleh Swedia kapal penjelajah pengangkut pesawat Gotland sekitar pukul 1.00 pm. Gotland meneruskan penampakan itu dalam laporan rutin. Sebelumnya, sekitar tengah hari, penerbangan pesawat Swedia juga mendeteksi kapal Jerman dan juga melaporkan penampakan mereka.[6]

Pada 21 Mei Laksamana diperingatkan oleh sumber-sumber di pemerintah Swedia bahwa dua kapal perang Besar Jerman telah terlihat di Kattegat. Kapal-kapal itu memasuki Laut Utara dan berlindung singkat di Grimstadfjord dekat Bergen, Norwegia pada 21 Mei di mana Prinz Eugen di atasnya dengan bahan bakar, membuat istirahat untuk jalur pelayaran Atlantik pada 22 Mei.[7] Pada saat ini, Hood dan Prince of Wales, dengan kapal perusak pendamping, sedang dalam perjalanan ke Selat Denmark, di mana dua kapal penjelajah, Norfolk dan Suffolk sudah berpatroli. Kapal penjelajah Manchester dan Birmingham telah dikirim untuk menjaga perairan tenggara Islandia.

Setelah keberangkatan kapal Jerman ditemukan, Laksamana Sir John Tovey, Panglima Armada Rumah Inggris, berlayar dengan King George V, Victorious dan pengawalan mereka untuk mendukung mereka yang sudah berada di laut. Tolakan bergabung segera setelah itu.

Pada malam 23 Mei, Suffolk melihat Bismarck dan Prinz Eugen di Selat Denmark, dekat dengan pantai Greenland. Suffolk segera mencari perlindungan di bank kabut dan Laksamana diperingatkan. Bismarck menembaki Norfolk pada kisaran enam mil tetapi Norfolk lolos ke kabut. Norfolk dan Suffolk, kalah senjata, membayangi kapal-kapal Jerman menggunakan radar. Tidak ada pukulan yang dicetak tetapi gegar otak senjata utama yang menembak di Norfolk telah melumpuhkan radar Bismarck' yang menyebabkan Lütjens memposisikan kembali Prinz Eugen menjelang Bismarck. Setelah kapal-kapal Jerman terlihat, kelompok angkatan laut Inggris dialihkan untuk mencegat pasukan Lütjens atau untuk menutupi konvoi pasukan.

Pertempuran Selat Denmark[sunting | sunting sumber]

Hood dan Prince of Wales melakukan kontak dengan pasukan Jerman dini hari tanggal 24 Mei, dan aksi dimulai pukul 5.52 am, dengan para kombatan tentang 25.000 yard (23.000 m) terpisah. Gunners di kedua kapal Inggris awalnya salah mengira Prinz Eugen yang sekarang memimpin untuk Bismarck dan menargetkannya. Kedua kapal Jerman itu menembaki Hood. Hood mengalami pukulan awal dari Prinz Eugen yang memulai kebakaran dengan cepat di tengah-tengah kapal.

Kemudian, sekitar pukul 6 pagi, satu atau lebih majalah Hood meledak, mungkin sebagai hasil dari hit langsung oleh cangkang 38 cm (15 in) dari Bismarck. Ledakan besar itu mematahkan punggung para penyusup hebat, dan dia tenggelam dalam beberapa menit.[8] Semua kecuali tiga dari 1.417 awaknya meninggal, termasuk Laksamana Muda Lancelot Holland, komandan skuadron.

Prince of Wales melanjutkan aksinya, tetapi menderita beberapa pukulan dengan 38 cm (15 in) dan 203 cm (80 in), dan mengalami kegagalan mekanis berulang kali dengan persenjataan utamanya. Komandannya, Kapten Leach, terluka ketika salah satu kerang Bismarck menghantam jembatan Prince of Wales. Leach memutuskan aksinya, dan kapal perang Inggris mundur di bawah penutup tabir asap.

Bismarck telah dipukul hanya dua (atau mungkin tiga) kali tetapi Laksamana Lütjens mengesampingkan Bismarck. Kapten Ernst Lindemann yang ingin mengejar Pangeran Wales yang rusak dan menghabisinya. Semua hits di Bismarck telah ditimbulkan oleh senjata Prince of Wales' 14-inci (356 mm). Salah satu pukulan telah menembus lambung kapal perang Jerman di dekat haluan, pecah beberapa tangki bahan bakarnya, menyebabkan dia membocorkan minyak terus menerus dan pada tingkat yang serius. Ini menjadi faktor kritis ketika pengejaran berlanjut, memaksa Bismarck untuk membuat Brest alih-alih melarikan diri ke hamparan besar Atlantik. Licinnya minyak yang dihasilkan juga membantu kapal penjelajah Inggris untuk membayanginya.

Pengejaran[sunting | sunting sumber]

Norfolk dan Suffolk dan Prince Of Wales yang rusak terus membayangi Jerman, melaporkan posisi mereka untuk menarik pasukan Inggris ke tempat kejadian. Sebagai tanggapan, diputuskan bahwa Prinz Eugen yang tidak rusak akan melepaskan diri untuk terus menyerang, sementara Bismarck menarik diri dari pengejaran. Sehubungan dengan ini, Laksamana Dönitz melakukan lengan U-boat untuk mendukung Bismarck dengan semua U-boat yang tersedia di Atlantik.[9] [9] Dia mengatur dua jalur patroli untuk menjebak Armada Rumah jika Bismarck memimpin para pengejarannya kepada mereka. Satu baris dari 7 perahu disusun di pertengahan Atlantik sementara satu lagi, dari 8 perahu, ditempatkan di sebelah barat Teluk Biscay. Pada 6:40 pm tanggal 24 Mei, Bismarck menyalakan para pengejarannya dan sejenak menembak untuk menutupi pelarian Prinz Eugen. Kapal penjelajah Jerman itu tergelincir tak rusak.[7]

Pada pukul 10 pm, Victorious berjarak 120 mil (190 km) dan melancarkan serangan udara dengan sembilan pembom torpedo Fairey Swordfish, yang dipandu oleh Norfolk. Dalam cuaca buruk, dan melawan kebakaran hebat, mereka menyerang dan membuat satu torpedo menghantam bawah jembatan. Namun, melawan perisai sabuk yang kuat dan tonjolan anti-torpedo, itu gagal menyebabkan kerusakan besar. Pesawat yang menyerang semuanya pulih dengan aman oleh Victorious, meskipun cuaca buruk, kegelapan, tidak berpengalaman dan kegagalan suar pelacak kapal induk.[7]

Pada 3 am tanggal 25 Mei, bayangan Inggris kehilangan kontak dengan Bismarck. Pada awalnya, diperkirakan bahwa dia akan kembali ke Laut Utara, dan kapal-kapal diarahkan sesuai. Kemudian Lütjens, percaya bahwa dia masih dibayang-bayangi oleh Inggris, memecah keheningan radio dengan mengirim pesan radio panjang ke markas besar di Jerman. Hal ini memungkinkan Inggris untuk triangulasi posisi perkiraan Bismarck dan mengirim pesawat untuk berburu kapal perang Jerman. Pada saat menyadari bahwa Lütjens sedang menuju Brest, Bismarck telah mematahkan cordon angkatan laut dan mendapatkan memimpin. Pada pukul 11 pm, Lütjens berada di sebelah timur pasukan Tovey dan berhasil menghindari Rodney. Bismarck kekurangan bahan bakar karena pukulan merusak yang ditimbulkan oleh Prince Of Wales yang telah menyebabkan Lütjens mengurangi kecepatan untuk menghemat bahan bakar tetapi Bismarck masih memiliki kecepatan yang cukup untuk berlari lebih cepat dari unit berat Armada Rumah dan mencapai keselamatan Prancis. Dari selatan, bagaimanapun, Pasukan H Somerville dengan kapal induk Ark Royal, kapal tempur Renown, dan kapal penjelajah ringan Sheffield mendekat untuk mencegat.

Kapal-kapal Inggris juga mulai kehabisan bahan bakar, dan pelarian Bismarck tampaknya semakin pasti. Namun, pada pukul 10:30 pagi pada 26 Mei, sebuah kapal terbang PBY Catalina, yang berbasis di Lough Erne, Irlandia Utara, menemukan Bismarck. Dia berjarak 700 mil (1.100 km) dari Brest dan tidak dalam jangkauan penutup udara Luftwaffe.

Lima dari Ark Royal Swordfish aircrew terlibat dalam serangan Bismarck

Kontak ini diambil alih oleh dua Swordfish dari Ark Royal. Kapal induk ini sekarang meluncurkan serangan udara, tetapi aircrew-nya tidak menyadari kedekatan Sheffield' dengan Bismarck, salah mengira kapal penjelajah Inggris untuk kapal perang Jerman dan karena itu segera menyerangnya. Torpedo mereka telah dipasangi detonator pengaruh, dan beberapa dari mereka meledak sebelum waktunya. Yang lain melewatkan target mereka, dan pesawat yang menyerang kemudian menerima peringatan dari Ark Royal bahwa Sheffield berada di sekitarnya, di mana Swordfish akhirnya mengenali kapal penjelajah dan memutuskan serangan.

Ark Royal sekarang diluncurkan, dalam kondisi cuaca yang hampir tidak mungkin buruk untuk operasi udara, dan dari jarak kurang dari 40 mil ke arah atas Bismarck, serangan kedua yang terdiri dari 15 Swordfish. Ini membawa torpedo yang dilengkapi dengan detonator kontak standar dan dapat diandalkan. Serangan itu mengakibatkan dua atau tiga pukulan di kapal Jerman, salah satunya menimbulkan kerusakan kritis pada kemudinya. Kemudi yang macet sekarang berarti dia sekarang hanya bisa berlayar jauh dari tujuan yang dimaksudkannya brest. Pada tengah malam, Lütjens memberi isyarat markasnya: "Kapal tidak dapat dimanuver. Kita akan bertarung sampai ke cangkang terakhir. Panjang umur Führer."[10]

Akhir dari Bismarck[sunting | sunting sumber]

Kapal perang Rodney dan King George V menunggu siang hari pada 27 Mei sebelum menyerang. Pada pukul 8:47 am, mereka menembak, dengan cepat memukul Bismarck. Penembaknya mencapai hampir meleset pada Rodney, tetapi kapal-kapal Inggris telah membungkam sebagian besar senjata Jerman dalam waktu setengah jam. Meskipun shelling jarak dekat oleh Rodney, daftar untuk port dan kebakaran meluas, Bismarck tidak tenggelam.

Menurut survei bawah air Ballard dalam beberapa tahun terakhir senjata Inggris hanya mencapai empat penetrasi baju besi Bismarck, dua melalui sabuk zirah atas di sisi kanan dari King George V dan dua di sisi pelabuhan dari Rodney. Keempat pukulan ini terjadi sekira pukul 10.00 am, dari jarak dekat, menyebabkan korban berat di antara kru yang berteduh.

Hampir kehabisan bahan bakar - dan memperhatikan kemungkinan serangan U-boat - kapal perang Inggris berangkat ke rumah. Kapal penjelajah berat Dorsetshire menyerang dengan torpedo dan membuat tiga pukulan. Scuttling tuduhan segera ditetapkan oleh pelaut Jerman, dan pada pukul 10:40 am, Bismarck dibatasi dan tenggelam. Dorsetshire dan kapal perusak Suku Maori menyelamatkan 110 korban selamat. Setelah satu jam, pekerjaan penyelamatan tiba-tiba berakhir ketika ada laporan kehadiran U-boat. Lima korban selamat lainnya dijemput oleh U-74 dan Jerman kapal cuaca Sachsenwald. Lebih dari 2.000 meninggal, termasuk Kapten Lindemann dan Laksamana Lütjens.

Pasca operasi[sunting | sunting sumber]

Setelah berpisah dari Bismarck, Prinz Eugen melangkah lebih jauh ke selatan ke Atlantik, berniat untuk melanjutkan misi penggerebekan perdagangan. Pada 26 Mei, dengan hanya 160 ton bahan bakar yang tersisa, dia bertemu dengan kapal tanker Spichern dan mengisi bahan bakar. Pada 27 Mei, ia mengembangkan masalah mesin, yang memburuk selama beberapa hari ke depan. Pada 28 Mei, ia menerima pengisian bahan bakar lebih lanjut dari Esso Hamburg. Dengan kecepatannya berkurang menjadi 28 knot (52 km/h; 32 mph), maka tidak lagi dianggap praktis untuk melanjutkan. Dia meninggalkan misi penggerebekan dagang tanpa menenggelamkan kapal dagang apa pun, dan pergi ke Brest, tiba pada 1 Juni di mana dia tetap diperbaiki sampai akhir 1941. Dia kemudian melarikan diri dari Prancis dengan dua kapal perang Jerman lainnya di Channel Dash.

Dalam aksinya, hanya dua U-boat yang melihat pasukan Inggris, dan juga tidak mampu menyerang. Setelah itu, kapal-kapal Inggris dapat menghindari jalur patroli saat mereka kembali ke pangkalan; tidak ada kontak U-boat lebih lanjut. Luftwaffe juga mengatur sorti terhadap Armada Rumah, tetapi tidak ada yang berhasil sampai 28 Mei, ketika pesawat dari Kampfgeschwader 77 menyerang dan menenggelamkan kapal perusak Mashona.

Setelah Rheinübung, Angkatan Laut Kerajaan Inggris melakukan upaya bersama untuk mengumpulkan jaringan kapal pasokan yang dikerahkan untuk mengisi bahan bakar dan mem-rearm kapal Rheinübung. Keberhasilan pertama datang pada 3 Juni, ketika kapal tanker Belchen ditemukan oleh kapal penjelajah Aurora dan Kenya selatan Greenland. Pada 4 Juni tanker Gedania ditemukan di pertengahan Atlantik oleh Marsdale, sementara 100 mil (160 km) timur kapal pasokan Gonzenheim tertangkap oleh kapal penjelajah pedagang bersenjata Esperance Bay, dan pesawat dari Victorious. Pada hari yang sama di Atlantik selatan, tengah antara Belém dan Freetown, batas paling selatan dari operasi Rheinübung, kapal tanker Esso Hamburg dicegat oleh kapal penjelajah London; sementara hari berikutnya London, didampingi oleh Brilian, menenggelamkan kapal tanker Egerland. Seminggu kemudian, pada 12 Juni, kapal tanker Friederich Breme diserinkir oleh kapal penjelajah HMS Sheffield di pertengahan Atlantik. Pada 15 Juni, kapal tanker Lothringen di tenggelam oleh kapal penjelajah Dunedin, dengan pesawat dari Eagle. Hanya dalam waktu dua minggu, 7 dari 9 kapal pasokan yang ditugaskan untuk Operasi Rheinübung telah diperhitungkan, dengan konsekuensi serius untuk operasi permukaan Jerman di masa depan.

Kesimpulan[sunting | sunting sumber]

Operasi Rheinübung gagal, dan meskipun Jerman mencetak kesuksesan dengan menenggelamkan kapal tempur lama HMS Hood',ini lebih dari diimbangi dengan hilangnya kapal perang modern Bismarck, yang mewakili seperempat dari kapal ibu kota Kriegsmarine.[11] Tidak ada kapal dagang yang tenggelam atau bahkan terlihat oleh unit permukaan berat Jerman selama serangan 2 minggu. Konvoi sekutu tidak terganggu secara serius; sebagian besar konvoi berlayar sesuai jadwal, dan tidak ada berkurangnya pasokan ke Inggris. Di sisi lain, Kampanye U-boat Atlantik terganggu; kapal di Atlantik tenggelam hanya 2 kapal pada minggu-minggu terakhir bulan Mei, dibandingkan dengan 29 pada awal bulan.[12] Akibat tenggelamnya Bismarck, Hitler melarang sorti Atlantik lebih lanjut,[13] dan kapal saudaranya Tirpitz dikirim ke Norwegia. Kriegsmarine tidak pernah lagi dapat memasang operasi permukaan besar terhadap rute pasokan Sekutu di Atlantik Utara; Selanjutnya satu-satunya senjata adalah kampanye U-boat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boyne, 53-54.
  2. ^ Murray, Williamson & Millet, Alan War To Be Won, Harvard: Belknap Press, 2000 page 242.
  3. ^ Boyne, 54.
  4. ^ Ballard, 60.
  5. ^ Garzke et al., p. 163
  6. ^ Garzke et al., p. 165
  7. ^ a b c http://www.kbismarck.com/operheini.html
  8. ^ http://www.hmshood.com/history/denmarkstrait/bismarck2.htm
  9. ^ Blair p288
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-25. Diakses tanggal 2021-02-02. 
  11. ^ Blair p292
  12. ^ Blair p293
  13. ^ Bercuson, David J; Herwig, Holger H (2003). Bismarck. London: Pimlico/Random House. hlm. 306. ISBN 0-09-179516-8. Diakses tanggal 21 November 2019. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Baca lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Rico, José. "Operation Rheinübung". kBismarck.com. Diakses tanggal 21 January 2016. 
  • Asmussen, John. "Bismarck". Bismarck-class.dk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-15. Diakses tanggal 21 January 2016. 
  • Asmussen, John. "Prinz Eugen". Admiral-Hipper-Class.dk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-20. Diakses tanggal 21 January 2016. 

Koordinat: 48°10′N 16°12′W / 48.167°N 16.200°W / 48.167; -16.200