My Little Pony: Friendship is Magic (musim 3)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
My Little Pony: Friendship is Magic
Musim 3
Sampul DVD
Negara asal
  • Amerika Serikat
  • Kanada
Jml. episode13
Rilis
Jaringan asliThe Hub
Tanggal disiarkan10 November 2012 (2012-11-10) –
16 Februari 2013 (2013-2-16)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 2
Berikutnya →
Musim 4
Daftar episode

Musim ketiga dari serial televisi animasi My Little Pony: Friendship Is Magic, dikembangkan oleh Lauren Faust, awalnya ditayangkan di The Hub di Amerika Serikat. Serial ini didasarkan pada mainan dan karya animasi My Little Pony Hasbro dan sering disebut oleh para kolektor sebagai generasi keempat, atau "G4", dari waralaba My Little Pony. Musim 3 dari serial ini ditayangkan perdana pada 10 November 2012 di The Hub, sebuah saluran televisi berbayar Amerika yang sebagian dimiliki oleh Hasbro, dan berakhir pada 16 Februari 2013.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Musim ketiga menampilkan arc luas yang menunjukkan bahwa Twilight telah menunjukkan kualitas kepemimpinan yang positif di luar ekspektasi Celestia, memimpin Twilight untuk dinobatkan sebagai Putri baru di Equestria dan menjadi "alicorn" (kuda poni dengan tanduk dan sepasang sayap).

Produksi[sunting | sunting sumber]

Musim ketiga adalah musim pertama pertunjukan tanpa masukan dari Lauren Faust, sutradara kreatif asli acara yang mengundurkan diri setelah musim pertama dan memberikan konsultasi kreatif di musim kedua; sebagai gantinya, produksi diawasi oleh Jayson Thiessen, sementara Meghan McCarthy adalah penulis utama untuk serial tersebut, yang keduanya berbagi peran sebagai produser eksekutif dari Musim 4 dan seterusnya.

Pada Musim ketiga, judul lagu muncul di kredit penutup, bersama dengan nama-nama komposer (Daniel Ingram) dan penulis lirik. Selain itu, hanya pengisi suara yang ambil bagian dalam episode tertentu yang dicantumkan dalam kredit, beserta semua peran utama/sekundernya. Selama dua musim pertama, setiap episode hanya mengkreditkan kelompok inti aktor yang sama dan peran utama mereka, apakah mereka memiliki dialog atau tidak.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Berulang[sunting | sunting sumber]

  • Nicole Oliver sebagai Putri Celestia
  • Tabitha St. Germain sebagai Putri Luna
  • Britt McKillip sebagai Putri Cadance
  • Andrew Francis sebagai Shining Armor
  • The Cutie Mark Crusaders
    • Michelle Creber sebagai Apple Bloom
    • Madeleine Peters sebagai Scootaloo
    • Claire Corlett sebagai Sweetie Belle (suara berbicara)
      • Michelle Creber sebagai Sweetie Belle (suara bernyanyi)

Bintang tamu[sunting | sunting sumber]

  • Jim Miller sebagai Raja Sombra
  • Brynna Drummond sebagai Babs Seed
  • Britt Irvin sebagai Lightning Dust
  • Veena Sood sebagai Ms. Harshwhinny
  • Patricia Drake sebagai Ms. Peachbottom

Episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asliPenonton AS
(juta)
531"The Crystal Empire" (Part 1)James WoottonMeghan McCarthy10 November 2012 (2012-11-10)0.58[1]
Putri Celestia mengetahui kembalinya Kerajaan Kristal, yang telah menghilang lebih dari seribu tahun yang lalu sebagai tindakan terakhir dari mantan penguasa unicorn tirani, Raja Sombra, sebelum pembuangannya. Celestia takut Sombra akan kembali dan menggunakan kekuatan kota untuk mengambil alih Equestria. Dia memanggil Twilight dan menginstruksikannya untuk bergabung dengan teman-temannya, Shining Armor, dan Putri Cadance di kota untuk membantu melindunginya sebagai ujian kemampuannya. Di kota, Cadance mencoba mempertahankan mantra untuk mencegah bentuk bayangan Sombra masuk. Twilight dan teman-temannya berbicara dengan penduduk kota, Kuda Poni Kristal, dan belajar tentang Festival Kristal yang digunakan untuk mencerahkan hati kota dan melindunginya dari Sombra, dengan Hati Kristal sebagai pusatnya. Tapi kemudian, Twilight menemukan bahwa Hati Kristal adalah artefak yang diperlukan untuk melindungi kota.
542"The Crystal Empire" (Part 2)James WoottonMeghan McCarthy10 November 2012 (2012-11-10)0.58[1]
Dengan melemahnya sihir Cadance, Twilight menginstruksikan teman-temannya untuk melanjutkan festival untuk membangkitkan semangat Kuda Poni Kristal sementara dia pergi mencari Hati Kristal sendirian, yakin ini adalah ujian yang disinggung Putri Celestia. Namun, dia mengizinkan Spike untuk ikut. Mereka melewati beberapa jebakan yang Sombra tempatkan di kastil dan akhirnya sampai ke Hati Kristal, tepat saat sihir Cadance pudar dan Sombra berlomba untuk merebut kembali kota. Twilight bergerak untuk memulihkan Hati, tetapi masuk ke dalam jebakan, menyuruh Spike untuk mengambil hati di tempatnya. Dalam perjalanan turun, Spike jatuh, tetapi dia dan Hatinya diselamatkan pada saat terakhir oleh Shining Armor dan Cadance. Para Kuda Poni Kristal menuangkan emosi mereka ke dalam hati, menciptakan mantra pelindung di kota dan melenyapkan Sombra. Twilight kembali ke Canterlot, yakin dia telah gagal dalam ujiannya, tetapi Celestia mengatakan kepadanya bahwa dia telah lulus, mengetahui kapan harus merelakan tujuan pribadinya untuk kebaikan yang lebih besar.
553"Too Many Pinkie Pies"James WoottonDave Polsky17 November 2012 (2012-11-17)0.43[2]
Pinkie Pie terbelah antara menghabiskan waktu bersenang-senang dengan semua teman-temannya, menuntunnya untuk menemukan Kolam Cermin, yang memungkinkannya untuk membuat tiruan dari dirinya sendiri. Ketika dia menemukan dirinya semakin berkonflik tentang teman mana yang akan menghabiskan waktu bersama, dia dan klonnya kembali ke kolam dan mengulangi prosesnya, tetapi klon mulai mengkloning diri mereka sendiri lebih jauh. Banyaknya Pinkies, yang hanya ingin bersenang-senang, membuat Ponyville kewalahan, dan Pinkie menjadi depresi karena teman-temannya tidak dapat mengetahui siapa Pinkie yang sebenarnya. Twilight menguji klon menonton cat kering, menghilangkan mereka yang kehilangan perhatian, dan memastikan bahwa Pinkie terakhir yang tersisa adalah yang asli.
564"One Bad Apple"James WoottonCindy Morrow24 November 2012 (2012-11-24)0.49[3]
Sepupu Apple Bloom, Babs Seed, datang mengunjungi Ponyville. Ketika Apple Bloom, Sweetie Belle, dan Scootaloo mencoba menyambutnya ke dalam Cutie Mark Crusaders, Babs malah bergabung dengan Diamond Tiara dan Silver Spoon dalam menggoda dan mengganggu mereka. Para Crusaders mencoba membalasnya dengan menjebak bantalan parade yang mereka tipu Babs agar mengemudi, tetapi belajar dari Applejack setelah perbuatan bahwa alasan Babs berkunjung adalah karena dia dirundung oleh orang lain di Manehattan. menyelamatkan Babs, dan bersama-sama meminta maaf atas tindakan mereka. Babs bergabung dengan para Crusaders dan membela teman barunya dari Diamond Tiara dan Silver Spoon di stasiun kereta sebelum kembali ke rumah.
575"Magic Duel"James WoottonM.A. Larson1 Desember 2012 (2012-12-01)0.37[2]
Sementara Twilight mempraktikkan sihirnya untuk kunjungan Putri Celestia dengan delegasi dari Saddle Arabia, Trixie kembali untuk membalas dendam padanya setelah kunjungan terakhirnya ke Ponyville dan memperoleh jimat Alicorn, sebuah artefak magis yang memberinya kekuatan besar. Dia mengalahkan Twilight dalam duel magis dan mengusirnya dari Ponyville. Twilight pergi menemui Zecora, yang menawarkan untuk membantunya mengalahkan Trixie. Sementara Trixie mengambil alih Ponyville, Teman Twilight menemukan bahwa jimat juga merusak penggunanya dan hanya pengguna yang dapat menghapusnya, dan mereka mengirim Fluttershy untuk memberi tahu Twilight. Menantang Trixie untuk pertandingan ulang, Twilight diam-diam mengatur dengan Zecora dan teman-temannya untuk melakukan ilusi sederhana yang disamarkan sebagai sihir yang lebih kuat dengan jimat palsu, membuat Trixie melepas jimat dengan sukarela untuk mencoba jimatnya, mematahkan mantranya padanya. Setelah jimat diamankan, Trixie meminta maaf atas perilakunya.
586"Sleepless in Ponyville"James WoottonCorey Powell8 Desember 2012 (2012-12-08)0.39[2]
Scootaloo bergabung dengan Apple Bloom dan Sweetie Belle dan saudara perempuan mereka dalam perjalanan berkemah, berharap untuk memamerkan keahliannya kepada idolanya, Rainbow Dash. Setelah malam menceritakan kisah-kisah menakutkan dengan api unggun, Scootaloo mengalami mimpi buruk, tetapi menolak untuk memberi tahu siapa pun, khawatir ini akan merusak citranya dengan Rainbow Dash. Selama mimpi buruk lainnya, dia bertemu dengan Putri Luna, yang mengatakan kepadanya bahwa ketakutannya bukan pada cerita menakutkan tetapi pada Rainbow Dash yang mengecewakan, dan dia harus menghadapi ketakutan itu. Setelah Rainbow Dash menyelamatkannya dari jatuh di atas air terjun, Scootaloo mengakui ketakutannya padanya. Yang mengejutkan, Rainbow Dash mengakui bahwa dia dulu takut dengan cerita yang sama sebagai anak kuda betina muda, dan setuju untuk menjadi sosok kakak perempuan Scootaloo.
597"Wonderbolts Academy"James WoottonMerriwether Williams15 Desember 2012 (2012-12-15)0.51[4]
Rainbow Dash diterima di Akademi Wonderbolt, dipimpin oleh Spitfire, dan dengan cepat berteman dengan Lightning Dust, pegasus lain yang secepat dan terampil seperti dia, tetapi lebih ceroboh. Rainbow Dash terkejut menemukan dia ditugaskan sebagai "wingpony" untuk Lightning Dust dan menjadi khawatir ketika pendekatan agresifnya membahayakan kadet lainnya. Ketika Lightning Dust memutuskan untuk membuat tornado selama latihan pembersihan awan, tornado mengancam untuk membahayakan teman-teman Rainbow Dash, yang datang untuk memberinya paket perawatan. Begitu dia menyelamatkan teman-temannya, Rainbow Dash memutuskan untuk keluar dari akademi, merasa jijik dengan persetujuan Wonderbolt atas kecerobohan Lightning Dust. Namun, Spitfire setuju dengan Rainbow Dash dan membujuknya untuk tetap tinggal dengan menghapus peringkatnya dari Lightning Dust dan mempromosikan Rainbow Dash menjadi pemimpin tim kadet.
608"Apple Family Reunion"James WoottonCindy Morrow22 Desember 2012 (2012-12-22)0.37[4]
Reuni keluarga Apple semakin dekat, dan Applejack menawarkan untuk mengambil alih organisasi acara dari Granny Smith setelah melalui foto-foto reuni sebelumnya. Meskipun kegiatan yang direncanakan Applejack adalah dalam semangat reuni, acaranya panjang dan ketat, membuat semua tamu kelelahan. Ketika tumpangan jerami liar menghancurkan lumbung, Applejack menyadari bahwa dia terlalu fokus pada perencanaan acara dan bukan pada tujuan sebenarnya dari reuni: untuk bersama teman dan keluarga. Dia mendapat ide dan meminta semua orang bergabung untuk membantu membangun kembali lumbung, yang semua orang dengan senang hati membantu berkontribusi, sehingga membuat rekonstruksi menjadi acara reuni yang tak terlupakan.
619"Spike at Your Service"James WoottonCerita oleh : Dave Polsky
Skenario oleh : Merriwether Williams
29 Desember 2012 (2012-12-29)0.43[5]
Ketika Applejack menyelamatkan Spike dari serangan serigala kayu di Hutan Everfree, dia bersikeras membantunya di sekitar pertanian untuk membayar hutang hidup yang biasa bagi naga. Usahanya hanya membuat masalah untuknya dan kuda poni lainnya, dan mereka mengatur serangan serigala kayu palsu untuk Spike sehingga dia bisa menyelamatkan Applejack, sehingga membuatnya merasa puas dengan hutangnya. Tipuan mereka menarik sekelompok serigala kayu asli, yang Applejack mudah hancurkan, tetapi potongan-potongan itu membentuk satu binatang raksasa dan dia terjebak dalam longsoran batu. Spike menyebabkan serigala kayu berantakan dengan melemparkan batu ke tenggorokannya, dan membebaskan Applejack. Setelah itu, Applejack meyakinkan Spike untuk melepas hutangnya.
6210"Keep Calm and Flutter On"James WoottonCerita oleh : Teddy Antonio
Skenario oleh : Dave Polsky
19 Januari 2013 (2013-01-19)0.42[4]
Putri Celestia memerintahkan Twilight dan teman-temannya untuk melepaskan dan mereformasi Discord, percaya bahwa Fluttershy akan tahu cara terbaik untuk melakukannya. Sementara teman-temannya yang lain meragukan pemikiran itu, Fluttershy tetap tenang dan mencoba berteman dengan Discord. Ketika yang lain menemukan bahwa Discord menciptakan kekacauan di belakang mereka, mereka menuntut Fluttershy untuk menggunakan Elemen Harmoni-nya untuk mengembalikannya ke batu, tetapi dia berdiri teguh dan berjanji untuk tidak menggunakan Elemennya untuk melawannya sebagai tanda persahabatan baru mereka. Ketika Discord menolak untuk mengalah, dia dengan marah berjalan pergi, masih menolak menggunakan Elemennya untuk melawannya, tetapi juga mengakhiri persahabatan mereka. Menyadari dia tidak pernah memiliki teman sebelumnya dalam hidupnya, Discord yang menyesal menyadari bahwa dia benar-benar menghargai persahabatan Fluttershy dan tidak ingin kehilangannya. Dengan pencerahan ini, Discord mengembalikan kekacauannya dan mendapatkan kembali kepercayaan Fluttershy, secara sukarela menawarkan untuk menggunakan kekuatannya secara permanen untuk kebaikan, banyak untuk yang lain dan kesenangan Celestia.
6311"Just for Sidekicks"James WoottonCorey Powell26 Januari 2013 (2013-01-26)0.32[6]
Ketika Spike kehabisan permata untuk digunakan untuk kue, dia datang dengan skema memelihara hewan peliharaan untuk Twilight dan teman-temannya saat mereka pergi ke Kerajaan Kristal dengan imbalan permata. Sayangnya, Spike menemukan tugas itu menakutkan daripada yang dia harapkan dan tidak punya waktu untuk mencampur permata ke dalam kuenya yang akhirnya menghabiskan permatanya sebagai upaya untuk menahan hewan peliharaan. Ketika dia, bersama dengan hewan peliharaan dan para Cutie Mark Crusaders asecara tidak sengaja naik kereta ke Kerajaan Kristal, Spike takut terungkap sebagai penipuan ketika dia mengakui kepada hewan peliharaan bahwa dia menempatkan dirinya di atas kebutuhan mereka. Hewan peliharaan kemudian bekerja sama dan tetap diam sampai kereta kembali ke Ponyville, di mana Spike dengan senang hati mengembalikan hewan peliharaan ke pemiliknya. Namun, dia tanpa sadar memakan permata terakhir sebelum menggunakannya untuk kuenya.
6412"Games Ponies Play"James WoottonDave Polsky9 Februari 2013 (2013-02-09)0.39[7]
Terjadi dalam alur cerita yang sama dengan "Just for Sidekicks", Putri Cadance meminta Twilight dan teman-temannya untuk membantu mempersiapkan Kerajaan Kristal untuk kedatangan inspektur permainan Ms. Harshwhinny, berharap kota tersebut menjadi tuan rumah Permainan Equestria berikutnya. Dengan inspektur yang akan tiba lebih awal dari yang diharapkan, Cadance harus menghabiskan waktu mempersiapkan dirinya menata hiasan kepala seremonialnya dengan bantuan Rarity, dan meminta yang lain untuk menyapa dan memberikan tur kepada inspektur. Mereka salah mengira turis sebagai inspektur dan memberinya tur besar, sementara Ms. Harshwhinny yang asli mendapati dirinya mengalami sejumlah kesalahan langkah yang tidak disengaja. Pada saat teman-teman menyadari kesalahan mereka, Ms. Harshwhinny telah bertemu dengan turis itu dan mengetahui betapa menyenangkannya dia saat itu. Terlepas dari kemalangannya sendiri, Ms. Harshwhinny mengumumkan Kerajaan Kristal sebagai kota tuan rumah berikutnya.
6513"Magical Mystery Cure"James WoottonM.A. Larson16 Februari 2013 (2013-02-16)0.49[8]
Putri Celestia memberi Twilight buku catatan Star Swirl the Bearded, yang berisi mantra yang belum selesai yang menurutnya bisa diselesaikan Twilight. Saat Twilight membacakan mantra, itu menyebabkan teman-temannya – melalui Elemen Harmoni – memiliki tanda cutie dan pandangan hidup masing-masing berubah, mengakibatkan bencana di sekitar Ponyville. Twilight menemukan cara untuk meyakinkan setiap temannya tentang tempat yang tepat dengan bantuan Elemen, memulihkan teman-temannya menjadi normal, dan mampu menyelesaikan mantra Star Swirl dengan memperhitungkan pertemanannya. Ketika dia melakukannya, Twilight diteleportasi oleh Elemen ke tempat yang sangat halus, di mana Celestia memberi selamat padanya untuk menyelesaikan perjalanannya, dan membantunya berubah menjadi alicorn dan menobatkannya sebagai putri baru. Kenaikan Twilight dirayakan oleh teman-temannya dan di seluruh Equestria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Hub TV Network New Series "Littlest Pet Shop" Makes Best-Ever Premiere for Any Original Series on Network, "My Little Pony Friendship is Magic" Marks its Best-Ever Series Premiere" (Siaran pers). Los Angeles, CA: Discovery, Inc. November 13, 2012. Diakses tanggal November 12, 2014 – via The Futon Critic. 
  2. ^ a b c Pucci, Douglas [@SonOfTheBronx] (January 9, 2014). "Winter 2012 Ratings Confirmation" (Tweet). Diakses tanggal May 1, 2020 – via Twitter. 
  3. ^ "Strong Holiday Week Programming Caps Best-Ever November for The Hub TV Network and Drives Network to 11th Consecutive Month of Audience Growth". Los Angeles, CA: Discovery, Inc. November 28, 2012. Diakses tanggal February 25, 2020 – via The Futon Critic. 
  4. ^ a b c Pucci, Douglas [@SonOfTheBronx] (January 9, 2014). "Winter 2012-2013 Ratings Confirmation" (Tweet). Diakses tanggal May 1, 2020 – via Twitter. 
  5. ^ "The Hub Wraps 2012 with Fifth Consecutive Quarter of Year-Over-Year Audience Growth Across Key Demos". Los Angeles, CA: Discovery, Inc. January 3, 2013. Diakses tanggal February 25, 2020 – via Hasbro Investors. 
  6. ^ "The Hub TV Network Delivers Best-Ever January Performance Driven By Strength of Original Series, Special Events, Movies". Discovery, Inc. January 29, 2013. Diakses tanggal November 28, 2021 – via The Futon Critic. 
  7. ^ Pucci, Douglas [@SonOfTheBronx] (December 26, 2013). "Games Ponies Play Ratings Confirmation" (Tweet). Diakses tanggal May 1, 2020 – via Twitter. 
  8. ^ Pucci, Douglas [@SonOfTheBronx] (December 26, 2013). "Magical Mystery Cure Ratings Confirmation" (Tweet). Diakses tanggal May 1, 2020 – via Twitter.