Maell Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maell Lee
Informasi pribadi
LahirFariz Syahputra
14 September 1994 (umur 29)[1]
Banda Aceh, Aceh, Indonesia[2]
NegaraIndonesia
Pekerjaan
  • Personalia YouTube
  • aktor
Pasangan
Intan Ratna Juwita
(m. 2020; c. 2021)
Anggita Oktaviani
(m. 2023)
Informasi YouTube
Nama samaranMaell Lee
Kanal
Tahun aktif2015–sekarang
Genre
Pelanggan8.000.000[3]
Total tayang722.000.000[3]
JargonBukan Kaleng-Kaleng
100.000 pelanggan
1.000.000 pelanggan

Diperbarui: 18 April 2024

Fariz Syahputra[4] (lahir 14 September 1994), yang lebih dikenal sebagai Maell Lee, adalah personalia YouTube dan aktor Indonesia. Maell dikenal karena mempopulerkan jargon "bukan kaleng-kaleng".[5]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Maell Lee memiliki nama asli Fariz Syahputra. Maell sebenarnya adalah nama panggilannya sejak kecil. Untuk nama Lee itu sendiri dia gunakan karena dirinya mengagumi aktor laga Bruce Lee. Maell Lee lahir di Aceh, dan dibesarkan di Medan, Sumatera Utara. Pada tahun 2015, setelah lulus SMA, tanpa melanjutkan kuliah, Maell Lee merantau ke Jakarta mengharap mendapatkan pekerjaan yang baik. Saat di Jakarta, Maell Lee pernah merasakan masa-masa sulit. Dia bahkan pernah sampai tidak makan karena tidak memiliki uang. Hingga akhirnya Maell Lee menjadi sopir pribadi seorang komedian, Dicky Candra.[6]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia memulai karier di dunia hiburan ketika bertemu dengan temannya yang sukses menjadi konten kreator, sehingga memutuskan berhenti bekerja sebagai sopir. Sejak saat itu, ia mulai belajar mengedit video dan rajin membagikan berbagai kontennya ke kanal YouTube.

Maell kemudian memilih untuk menekuni dunia digital. Hal itu bermula ketika dirinya sering menonton konten-konten video di Instagram. Ia pun mencoba membuat konten video jenaka. Tak disangka video-video yang dibuatnya menarik perhatian banyak orang. Maell dikenal dengan jargon Bukan Kaleng-Kaleng. Jargon tersebut adalah bahasa yang sering diucapkan oleh warga Aceh dan Medan. Maell menyebut dirinya sebagai preman terkuat di bumi dan juga berperan sebagai tukang ojek terkuat di bumi, karena dalam video-video yang dibuatnya. Maell sering melakukan adegan-adegan yang menegangkan dan berbahaya. Yang sering dilakukannya adalah adegan melompat dan terjatuh dari sepeda motor (yang bernama Kodrat) yang dikendarainya, serta terjun ke sungai. Semua adegan itu benar-benar dilakukan tanpa menggunakan pengaman dan pemeran pengganti.

Video-video yang dibuat Maell selalu menarik dan mengundang gelak tawa. Hal tersebut membuat beberapa selebriti seperti Anji, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, dan Young Lex, mengundangnya untuk berkolaborasi.[7]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2022 Ashiap Man Ben
2024 Anak Medan Ucok Pardede
Keterangan
  Belum dirilis

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2021 Preman Insyaf Dirinya sendiri Produser dan sinematografer

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Model video klip[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

  • "Keadaanku di Bumi" (2020)
  • "Obat Hatiku" (2023)

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya Hasil
2023 Indonesian Comedy Awards Komedian Digital Terfavorit Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ maell_lee (14 September 2021). "Ulang tahun yang paling mengejutkan. TERIMAKASIH : @eksploitasi.positif @rcraft.indo @maellleequid @raygiant @riskasiagian1986 @robertopieter @egimhsa_ @st_aisyah @omtenyom @setyadi_ilham @muhammadarba @awekxsitepu @rama_djarot @harrybaik_ @imingmiao @im_hideous @putjeck @hayati.nr". Instagram. Diakses tanggal 7 Desember 2021. 
  2. ^ Seto, Wahyu Ardianti Woro (3 Februari 2021). "Biodata Mael Lee Preman Terkuat di Bumi Gugat Cerai Istri". jateng.tribunnews.com. Diakses tanggal 28 Februari 2022. 
  3. ^ a b "About Maell Lee". YouTube. 
  4. ^ feri tamiang. "Maell Lee Pulkam ke Aceh Tamiang". Lentera24. 
  5. ^ "Mengenal Maell Lee, Preman terkuat di Bumi kelahiran Aceh". 
  6. ^ News (4 Desember 2018). "Tujuh Fakta Mael Lee yang Mengaku sebagai Preman Terkuat di Bumi". Diakses tanggal Kamis, 30 Juli, 2020. 
  7. ^ Pamugarwati, Azizah (Selasa, 31 Maret 2020). Pangerang, Andi Muttya Keteng, ed. "Profil Maell Lee, YouTuber Pemilik Jargon Bukan Kaleng-kaleng". Kompas.com. Diakses tanggal Kamis, 30 Juli, 2020.