Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lomba Tingkat)
Langsung ke: navigasi, cari

Lomba Tingkat adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu. Lomba Tingkat biasa disingkat dengan LT. Lomba Tingkat diselenggarakan dalam bentuk perkemahan.

Macam Lomba Tingkat[sunting | sunting sumber]

Lomba Tingkat dibedakan berdasarkan tingkat penyelenggaraan dan pesertanya, yaitu:

  • LT I

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Gugusdepan (biasanya berupa sekolah SMP atau MTs) dengan peserta dari masing-masing regu anggota Gugus Depan tersebut.

  • LT II

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Ranting (Kecamatan) dengan peserta dari masing-masing Gugusdepan yang ada di Kwartir Ranting tersebut.

  • LT III

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Cabang (Kabupaten / Kota) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Ranting yang ada di Kwartir Cabang tersebut.

  • LT IV

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Daerah (Provinsi) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Cabnag yang ada di Kwartir daerah tersebut.

  • LT V

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Nasional (Nasional) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Daerah yang ada di Indonesia.

Lomba Tingkat bersifat berjenjang. Artinya, pemenang pada suatu tingkatan akan mewakili mengikuti Lomba Tingkat di tingkat atasnya.

  • Daftar pelaksanaan Lomba Tingkat Nasional (LT V):
No Tahun Tempat Tanggal Keterangan
01 1966 Cijantung, Jakarta 14 Agustus 1966 LT 5 ke-1
02 1982 Cibubur, Jakarta 714 Agustus 1982 LT 5 ke-2 Regu Berprestasi Tinggi Putra Regu Garuda
03 1987 Cibubur, Jakarta 914 Agustus 1987 LT 5 ke-3 Regu Berprestasi Tinggi Putri Regu Chrisian
04 1990 Cibubur, Jakarta 1220 Desember 1990 LT 5 ke-4
05 1994 Cibubur, Jakarta 1217 Desember 1994 LT 5 ke-5 Regu Berprestasi Tinggi Putra Regu Garuda dan Regu Berprestasi Tinggi Putri Regu Beringin
06 1998 Cibubur, Jakarta 59 Juli 1998 LT 5 ke-6
07 2002 Cibubur, Jakarta 511 Juli 2002 Regu Berprestasi Tinggi Putra = Regu Beruang Kwartir Daerah Kalimantan Timur
08 2007 Cibubur, Jakarta 2430 Juli 2007 Regu berprestasi tinggi putra : Regu Kelinci dari Kwartir Daerah Lampung , Putri :Regu padi Kwartir Daerah Jawa Barat
09 2012 Cibubur, Jakarta 713 Juli 2012 Regu Breprestasi Tinggi Putra dari Kwarda DI Yogyakarta , Regu Breprestasi Tinggi Putri dari Kwarda Jawa Barat

Materi dalam Lomba Tingkat[sunting | sunting sumber]

Materi dalam Lomba Tingkat biasanya dikelompokkan dalam emmpat kelompok kegiatan yang yaitu:

  1. Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak, yang meliputi; Ibadah, Siraman Rohani dan upacara.
  2. Ketangkasan, Olah raga dan Patriotisme, yang meliputi; olah raga, halang rintang, pionering, aneka olah raga permainan berkelompok dan lainnya.
  3. Kesehatan, Ketrampilan, seperti; penguasaan teknik ketrampilan (komputer, memasak, fotografi), seminar, kebersihan lingkungan, Pengetahuan Kepramukaan, Penjelajahan, sandi, semaphore, morse dan lainnya.
  4. Seni dan Budaya, seperti; hasta karya dan kerajinan tangan, Pentas Seni, Api Unggun, Gebyar Budaya, Peragaan busana dan lain sebagainya.

Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

Tiap-tiap jenis kegiatan diambil tiga regu putra dan tiga regu putri terbaik sebagai peraih tergiat I, tergiat II dan tergiat III. Dan regu dengan peraih emas terbanyak yang kemudian ditetapkan sebagai Regu Tergiat Umum. Regu inilah yang menjadi juara umum.